Informasi Media 

Pusat Informasi dan Berita KA 

Pencarian:

Dialog Nasional di Museum KA Ambarwa Bersama Menhub, Menteri PUPR, dan Gubernur Jateng

Tanggal Publikasi : 15.10.2017

Bertempat di Museum KA Ambarawa pada Minggu (15/10), Menteri Perhubungan RI Budi Karya Sumadi bersama Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat RI M. Basuki Hadimuljono dan Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo menjadi narasumber dalam Dialog Nasional yang bertema Sukses Indonesiaku. Kedatangan Menhub bersama Menteri PUPR dan Gubernur Jateng di Museum KA Ambarawa disambut langsung oleh Direktur SDM dan Umum PT Kereta Api Indonesia (Persero) Apriyono Wedi Chresnanto yang didampingi EVP Daop 4 Semarang Wiwik Widayanti dan jajaran KAI lainnya. Dialog tersebut juga dihadiri oleh Camat, Lurah, RW, dan RT se-Kabupaten Semarang.

Festival Peringatan Hari Museum Indonesia di Museum Kereta Api Ambarawa

Tanggal Publikasi : 14.10.2017

Sabtu (14/10), PT Kereta Api Indonesia (Persero) mengadakan Festival Hari Museum dengan tema Save Our Heritage Railway dalam rangka memperingati Hari Museum Indonesia yang jatuh pada tanggal 12 Oktober 2017. Acara yang berlangsung selama dua hari 14-15 Oktober 2017 tersebut dibuka oleh Direktur SDM Dan Umum KAI Apriyono Wedi Chresnanto didampingi EVP Daop 4 Semarang Wiwik Widayanti, dan jajaran KAI lainnya. Dalam acara pembukaan tersebut turut hadir pula Kepala Dinas Pemuda Olah Raga Kebudayaan dan Pariwisata Kabupaten Semarang Partono, Camat Ambarawa beserta jajaran, Pengamat Transportasi Perkeretaapian Indonesia, Pakar Sejarah Perkeretaapian dan Komunitas Pecinta Kereta Api dari berbagai daerah di Pulau Jawa.

Ngamen Anti Korupsi Sampaikan Pesan Moral Anti Korupsi

Tanggal Publikasi : 14.10.2017

Di bawah hujan yang mengguyur cukup lebat, Wakil Ketua Komisi Pemberantasan Korupsi Saut Situmorang dan Direktur Utama PT Kereta Api Indonesia (Persero) Edi Sukmoro berulang-ulang meneriakkan yel-yel ''Wong Banyumas Ora Bakal Korupsi (Orang Banyumas Tidak Akan Korupsi)”, ajakan itu disampaikan dalam acara Ngamen Anti Korupsi di pelataran parkir Stasiun Purwokerto, Sabtu (14/10). KPK bekerja sama dengan KAI mengadakan Konser Ngamen Anti Korupsi di halaman parkir Stasiun Purwokerto, Sabtu (14/10). Acara ini bertujuan untuk menyampaikan pesan anti korupsi melalui musik kepada masyarakat. Khususnya penumpang kereta api dan masyarakat sekitar stasiun Acara ini juga dihadiri oleh Bupati Banyumas Achmad Husein, Direktur Prasarana KAI Bambang Eko Martono, dan VP Daop 5 Purwokerto Dwi Emi Ratnawati.

Kunjungan Menteri Transportasi Nigeria di Stasiun Solo Balapan

Tanggal Publikasi : 13.10.2017

Jumat (13/10), Stasiun Solo Balapan mendapat kunjungan tamu Minister of Transportation Nigeria Chibuike Rotimi, Dir of Planning, Research, and Statistic Adamu Wakil, Managing Director of Nigeria Railway Corp Freeborn E. Okniria, serta Deputy Dir of Railway Planning and Dev Molji N Dimka beserta rombongan. Rombongan melakukan kunjungan di Stasiun Solo Balapan setelah sebelumnya mengunakan kereta wisata dari Jakarta, Gambir. Kunjungan kenegaraan ini didampingi oleh Duta Besar Indonesia untuk Nigeria Hari Purwanto, Direktur Lalu lintas dan Angkutan KA Zulmapendi serta Tim dari Kementerian Luar Negeri. Dipandu KSB Solo Balapan Nuruddin rombongan melihat kondisi stasiun serta menyempatkan diri sholat jumat di stasiun. Chibuike Rotimi terkesan dengan fasilitas dan layanan dari KAI.

Direktur Utama KAI: Angkutan Barang Solusi Distribusi Logistik

Tanggal Publikasi : 11.10.2017

Direktur Utama PT Kereta Api Indonesia (Persero) Edi Sukmoro menjadi salah satu panelis dalam forum diskusi di Indonesia Transport, Logistics & Maritime Week 2017 yang diadakan oleh Kamar Dagang dan Industri (Kadin) Indonesia bertempat di JIExpo Kemayoran, Jakarta pada Rabu (11/10). Pada kesempatan ini Edi Sukmoro memberikan paparan terkait Perkeretaapian di Indonesia dan Angkutan Barang yang dilayani oleh KAI.

Kepedulian KAI kepada Korban Bencana Alam di Pangandaran

Tanggal Publikasi : 11.10.2017

Hujan deras terjadi sejak Jumat malam (6/10) di Kabupaten Pangandaran yang mengakibatkan beberapa sungai dan anak sungai meluap hingga merendam ratusan rumah rumah. Guyuran hujan terus menerus tanpa henti. Puncaknya pada Sabtu dini hari (7/10/2017) banjir semakin meninggi hingga dua meter dan mengakibatkan terjadinya bencana longsor di Kecamatan Sidamulih, Kabupaten Pangandaran, Jawa Barat. Menurut Koordinator Humas dan Protokoler Basarnas Jawa Barat Joshua Banjarnahor, bencara longsor terjadi karena intensitas hujan yang sering mengguyur di lokasi tersebut.

TOD Berikan Peningkatan 5% pada Volume Penumpang

Tanggal Publikasi : 10.10.2017

PT Kereta Api Indonesia (Persero) bekerjasama dengan PT Wijaya Karya (Persero) Tbk, dan PT Pembangunan Perumahan (Persero) Tbk dalam mengembangkan kawasan berkonsep Transit Oriented Development (TOD). Sinergi BUMN ini ditandai dengan groundbreaking TOD Pasar Senen, Juanda, dan Tanah Abang yang dilakukan di 3 tempat yang berbeda pada Selasa (10/10).

KAI Gathering 2017 Berlangsung Meriah

Tanggal Publikasi : 08.10.2017

Event tahunan Sahabat KAI Gathering kembali digelar tahun ini selama tiga hari, 6-8 Oktober 2017. Tahun 2017, kota Semarang terpilih untuk menggelar acara yang telah ada sejak tahun 2011 ini. Konsep Amazing race menjadi tema utama pada acara gathering di tahun 2017. Acara diikuti oleh peserta dari berbagai kalangan yang diundang langsung oleh KAI seperti pelanggan top reservation via CC121/KAI Access, pelanggan yang sering memberi masukan dan saran, pemenang kompetisi photo/video Sahabat KAI Gathering, Masyarakat Transportasi Indonesia (MTI), sampai dengan komunitas pecinta kereta (railfans).

Kini layanan KRL Commuterline Mencapai Cikarang

Tanggal Publikasi : 07.10.2017

Menteri Perhubungan RI Budi Karya Sumadi siang ini (7/10) meresmikan Stasiun Bekasi Timur dan Stasiun Cibitung serta pengoperasian KRL lintas Bekasi-Cikarang. Peresmian dilakukan di Stasiun Bekasi Timur yang dihadiri oleh Plt Dirjen Perkeretaapian Umiyatun Hayati, Walikota Bekasi Rahmat Effendi, perwakilan Duta Besar Jepang Konzo Honsei, , Direktur Logistik dan Pengembangan KAI Budi Noviantoro, EVP 1 Jakarta Hendy Helmi, dan Direktur Utama PT Kereta Commuter Indonesia MN Fadhila.

Loko Cafe Hadir di Stasiun Lempuyangan

Tanggal Publikasi : 02.10.2017

PT Reska Multi Usaha yang merupakan anak perusahaan PT Kereta Api Indonesia (Persero) meluncurkan Loko Cafe di Stasiun Lempuyangan, Yogyakarta pada Senin (2/10). Saat ini arus penumpang naik dan turun di Stasiun Lempuyangan Yogyakarta memang terbilang sangat tinggi, permintaan penumpang akan ruang tunggu yang nyaman dan fasilitas yang memadai juga bertambah. Hal inilah yang coba ditangkap oleh Reska untuk kemudian membuka gerai Loko Cafe di salah satu stasiun ikonik ini. Peluncuran Loko Cafe Lempuyangan ini dihadiri oleh Plt Direktur Utama PT Reska Multi Usaha Muhammad Sahli dan EVP Daop 6 Yogyakarta Yusren.

Sinergi BUMN Hadirkan TOD di Stasiun Pondok Cina, Depok

Tanggal Publikasi : 02.10.2017

PT Kereta Api Indonesia (Persero) bekerjasama dengan Perum Perumnas meresmikan dimulainya pengerjaan proyek rumah susun dengan konsep Transit Oriented Development (TOD)  Depok di Stasiun Pondok Cina pada Senin (2/10). Peresmian proyek hunian TOD merupakan peresmian TOD kedua setelah sebelumnya TOD Perumnas-KAI dibangun di Stasiun Tanjung Barat. Konsep TOD ini akan memudahkan mobilisasi masyarakat dalam beraktivitas. Acara yang dibuka dengan laporan dari Dirut Perum Perumnas, Bambang Triwibowo ini dihadiri oleh Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono, Menteri BUMN Rini Soemarno, Dirjen Perkeretaapian yang mewakili Kementerian Perhubungan, perwakilan Kementerian Agraria dan Tata Ruang/Badan Pertanahan Nasional (BPN), serta perwakilan Pemerintah Kota Depok.

Rail Run 2017 Lebih Keren, Lebih Banyak Hadiah, dan Lebih Menarik

Tanggal Publikasi : 01.10.2017

Sebanyak 1.600 peserta tampak antusias mengikuti gelaran Rail Run yang digelar PT Kereta Api Indonesia (Persero) dalam rangka meningkatkan brand awareness KAI kepada masyarakat serta memeriahkan HUT Ke-72 Kereta Api Indonesia, di Gudang Persedian KAI Cikudapateuh, jalan Sukabumi, Kota Bandung, Minggu (1/10). Dengan kostum dan topi berwarna putih, para peserta menjalani start di Gudang Persediaan KAI Cikudapateuh di Jalan Sukabumi dan finis di titik yang sama.

Presiden RI Joko Widodo Menggunakan KRL

Tanggal Publikasi : 28.09.2017

Pada Kamis (28/9) Presiden Joko Widodo menggunakan KRL dari Stasiun Juanda ke Stasiun Cikini. Jokowi menggunakan kereta setelah menghadiri Pembukaan Idbyte Connected 2017, di Hotel Pacific Place, SCBD, Senayan, Jakarta Selatan. Jokowi langsung beranjak ke Stasiun Juanda dan disambut oleh Kepala Stasiun Juanda Rochman. Jokowi melakukan tapping sendiri melalui e-gate untuk naik ke peron 2. Tidak lama menunggu, Jokowi langsung menaiki KRL rute Jakarta Kota - Bekasi dari jalur tersebut.

HUT ke-72 KAI, Tingkatkan Pelayanan

Tanggal Publikasi : 28.09.2017

Perayaan HUT PT Kereta Api Indonesia (Persero) ke-72 pada Kamis (28/9) diiringi dengan meluncurkan kereta berbasis pelayanan kesehatan yaitu Rail Clinic. Kereta yang pertama kali diresmikan pada 12 Desember 2015, dan sekaligus mendapatkan piagam rekor MURI sebagai kereta kesehatan pertama di Indonesia, kini sudah mencapai generasi yang ke-4.

KAI Menangkan Best e-Mark Award 2017

Tanggal Publikasi : 28.09.2017

Insan PT Kereta Api Indonesia kembali mengharumkan nama baik perusahaan. KAI terpilih sebagai First Winner Best ICT Implementation in Sales & Marketing kategori Transportasi dan Logistik pada ajang Indonesia Best eMark Award 2017. Kemenangan tersebut berdasarkan hasil penilaian atas materi yang telah disubmit peserta. Total peserta yang diseleksi berjumlah 33 dari 260 yang diundang, dengan total pemenang sejumlah 19 institusi.

Launching ka Wijayakusuma

Tanggal Publikasi : 26.09.2017

Berkembangnya perekonomian di kota Cilacap dan sekitarnya perlu didukung dengan kemudahan transportasi publik untuk mobilitas masyarakat. PT Kereta Api Indonesia (Persero) telah meluncurkan KA Wijayakusuma relasi Cilacap-Yogyakarta-Solo pada 26 September 2017. Peluncuran KA Wijayakusuma juga dalam rangka menyambut HUT ke-72 KAI.

KAI Raih Penghargaan pada Acara Anugerah BUMN 2017

Tanggal Publikasi : 15.09.2017

PT Kereta Api Indonesia (Persero) berhasil meraih dua penghargaan, yakni Juara Dua Kategori Tata Kelola Terbaik (GCG) dan Juara Satu Kategori Pengembangan Sumber Daya Manusia (SDM) Terbaik pada acara Anugerah BUMN 2017 yang digelar oleh Majalah BUMN Track, Jumat (15/9). Pada acara ini, Direktur SDM dan Umum KAI Apriyono Wedi Chresnanto mewakili perusahaan untuk menerima penghargaan tersebut.

Lagi, KAI Kembangkan Kawasan Transit Terpadu di Stasiun KRL

Tanggal Publikasi : 11.09.2017

PT Kereta Api Indonesia (Persero), bekerja sama dengan PT Waskita Karya Realty dan Pemerintah Kota Bogor, mengembangkan kawasan transit terpadu atau transit oriented development (TOD). Proyek yang akan dibangun di area Stasiun Bogor itu ditargetkan rampung dan bisa diresmikan sebelum Oktober 2019.  Ini merupakan TOD kedua setelah beberapa waktu lalu memulai pembangunan di Stasiun Tanjung Barat. Direktur Utama KAI Edi Sukmoro, bersama Direktur Utama PT Waskita Karya (Persero) M Choliq, Direktur Utama Waskita Realty, Tukijo, dan Walikota Bogor Bima Arya melakukan penandatanganan Nota Kesepahaman (MoU) Sinergi Transit Oriented Development (TOD) kawasan Setasiun Bogor dan Rencana Pembangunan Halte dan Stabling Kelurahan Sukaresmi Kota Bogor. Penandatanganan disaksikan langsung oleh Menteri BUMN Rini Soemarno dan Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi bertempat di ruang pertemuan Garuda gedung Kementerian BUMN, Jakarta Senin (11/9).

Membangun Budaya Inovasi dan Perbaikan di Lingkungan KAI

Tanggal Publikasi : 07.09.2017

Untuk mewujudkan PT Kereta Api Indonesia (Persero) sebagai perusahaan transportasi yang berkualitas serta memenangkan persaingan dibidangnya, maka mutlak perusahaan harus menerapkan sistem manajemen mutu yang berorientasi pada hasil kinerja melalui inovasi dan perbaikan yg terus berkelanjutan. Dengan adanya hal tersebut diharapkan juga bisnis perusahaan tumbuh menjadi lebih baik dan lebih berkembang. KAI melalui unit Quality Assurance & Good Corporate Governance kembali mengadakan event tahunan yaitu Innovation and Improvement Award (IIA) pada tahun 2017 ini. Adapun tema dari IIA 2017 adalah "Membangun Budaya Inovasi untuk Tingkatkan Keselamatan". Event tersebut merupakan suatu wadah untuk memberikan apresiasi atas inovasi dan perbaikan yang telah dilakukan oleh karyawan KAI terutama dalam rangka meningkatkan produktifitas kinerja dan keselamatan kerja.

Kembangkan Fasilitas Operasi, KAI Gandeng LEN Industri

Tanggal Publikasi : 04.09.2017

Semakin diminati masyarakat sebagai moda transportasi darat yang mampu diandalkan, PT Kereta Api Indonesia (Persero) pun terus berinovasi dan mengembangkan fasilitas operasi perkeretaapian. Salah satu langkah yang ditempuh demi terus mengembangkan fasilitas operasi adalah dengan Penandatanganan Perjanjian Induk Kerjasama Peremajaan dan Pengembangan Fasilitas Operasi Perkeretaapian di Indonesia antara KAI dengan PT LEN Industri (Persero), yang dilaksanakan di Aula Lantai Dasar, Gedung JRC, Senin (4/9). Penandatangan kerjasama ini dilakukan oleh Direktur Utama KAI Edi Sukmoro dengan Direktur Utama LEN Industri Zakky Gamal Yasin.

Presiden Jokowi Menggunakan KLB RI 1 menuju ke Sukabumi

Tanggal Publikasi : 02.09.2017

Kamis (31/8), Presiden Republik Indonesia Joko Widodo (Jokowi) melakukan kunjungan kerja ke Sukabumi, Jawa Barat selama 2 hari, Kamis sampai Jumat, 31 Agustus - 1 September 2017. Dalam kunjungannya Presiden Jokowi yang didampingi oleh Ibu Negara Iriana Jokowi berangkat menggunakan Kereta Api Luar Biasa (KLB RI 1) dari Stasiun Gambir menuju Stasiun Sukabumi. Kedatangan Presiden dan Ibu Negara di Stasiun Gambir disambut oleh Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi dan Direktur Utama KAI Edi Sukmoro serta jajaran Direksi KAI. Presiden beserta rombongan berangkat dari Stasiun Gambir pukul 10.07 WIB.

KAI Terima Penghargaan Wajib Pajak Panutan

Tanggal Publikasi : 29.08.2017

PT Kereta Api Indonesia (Persero) Daerah Operasi 6 Yogyakarta menerima penghargaan sebagai Wajib Pajak Bumi dan Bangunan yang Tertib dan Memberikan Kontribusi Terbesar Pada Saat Pekan Panutan PBB. Penghargaan diserahkan oleh Wakil Walikota Yogyakarta Heroe Purwadi kepada Deputy EVP Daop 6 Yogyakarta Ida Hidayati, Selasa (29/8) di Ruang Utama Balaikota Yogyakarta.

Marching Band Locomotive KAI Tampil di Istana Negara

Tanggal Publikasi : 17.08.2017

Marching Band (MB) Locomotive KAI merupakan suatu unit kegiatan yang dinaungi oleh Unit Corporate Social Responsibilty KAI. Tampil sebagai performer penutup pada sesi penampilan kesenian sebelum upacara penurunan bendera pusaka di Istana Negara. Dalam penampilannya pada acara peringatan HUT ke-72 Kemerdekaan RI, MB Locomotive KAI tampil dengan tema “Alunan Tanah Sunda”, Marching Band di undang ke Istana Negara, Pada Kamis 17 Agustus 2017 . para menteri, duta besar negara-negara sahabat, serta tamu undangan.

KAI Raih Penghargaan Kearsipan saat HUT ke-72 RI

Tanggal Publikasi : 17.08.2017

Kamis, (17/8), insan perkeretaapian menyumbangkan gelar bagi KAI dan semakin mengharumkan nama perusahaan. Pada kesempatan kali ini bertepatan dengan Hari Ulang Tahun (HUT) ke-72 Republik Indonesia, di Hotel Mercure Convention Center Ancol, Jakarta. Unit Corporate Document Management KAI kembali meraih penghargaan dari Arsip Nasional Republik Indonesia (ANRI) atas dedikasinya dalam penyelenggaraan dokumen perusahaan. Hal ini juga sekaligus sebagai bukti kerja nyata Unit Corporate Document Management dalam membangun KAI menjadi perusahaan yang kuat, maju serta berdaya saing.

Peresmian TOD di Wilayah Stasiun Tanjung Barat

Tanggal Publikasi : 15.08.2017

PT Kereta Api Indonesia (Persero) bekerjasama dengan Perum Perumnas meresmikan dimulainya pengerjaan proyek rumah susun dengan konsep Transit Oriented Development (TOD) di Stasiun Tanjung Barat pada hari Selasa (15/8). Proyek yang merupakan sinergi antar BUMN ini dilakukan dalam rangka percepatan pembangunan program satu juta rumah serta menjadi bentuk komitmen nyata pemerintah dalam menyediakan hunian layak dengan harga terjangkau,. Acara ini dihadiri oleh Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono, Menteri BUMN Rini Soemarno, Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi, serta Gubernur DKI Jakarta Djarot Saiful Hidayat, Direktur Utama KAI Edi Sukmoro, Direktur Utama Perum Perumnas, Bambang Triwibowo serta anggota Komisi VI DPR/RI.

KAI Sukses Dapatkan 16 Penghargaan dibidang Pelayanan

Tanggal Publikasi : 11.08.2017

Pelayanan KAI kembali mendapatkan apresiasi, Jumat (11/8) melalui ajang Indonesia Contact Center Assosiations (ICCA) Award 2017, KAI membawa pulang sebanyak 16 penghargaan dalam kategori perusahaan maupun individu. Acara ini berlangsung selama 2 hari di Hotel Bidakara, Jakarta dan mengusung tema “The Best Contact Center Indonesia 2017”.

KAI Tandatangani Perjanjian Kerja Bersama dengan Serikat Pekerja

Tanggal Publikasi : 10.08.2017

PT Kereta Api Indonesia (Persero) melakukan penandatanganan Perjanjian Kerja Bersama (PKB) dengan Serikat Pekerja Kereta Api (SPKA) periode 2017-2019 pada Kamis, (10/8) di Stasiun Gambir. Penandatanganan PKB dilakukan oleh Direktur Utama PT KAI Edi Sukmoro dan Ketua Umum SPKA Syafriadi yang disaksikan langsung oleh Kepala Seksi PKB Kementerian Tenaga Kerja Rinaldy Zuhriansyah. Acara ini dihadiri oleh Direktur SDM dan Umum KAI Apriyono Wedi Chresnanto, jajaran Manajemen KAI, Sekretaris Jendral SPKA Heity Ariaty, Ketua DPD SPKA Jawa-Sumatera serta Ketua Umum Federasi Serikat Pekerja Sinergi BUMN Ahmad Irfan Nasution. PKB ini merupakan perjanjian penandatangan ke-6 yang dilaksanakan KAI.

3 BUMN Tandatangani Nota Kesepahaman

Tanggal Publikasi : 10.08.2017

Dalam mewujudkan tata kelola perusahanaan yang baik, PT Kereta Api Indonesia (Persero), PT Biofarma (Persero) dan PT Pos Indonesia (Persero) melakukan kerjasama dengan Badan Pengawas Keuangan dan Pembangunan (BPKP). Kerjasama tersebut dimulai dengan adanya penandatanganan Nota Kesepahaman (MoU) tentang Pengembangan, Penerapan dan Penguatan Tata Kelola Perusahaan yang Baik, antara ketiga perusahaan BUMN tersebut dengan BPKP yang diselenggarakan di  Gedung Serba Guna PT Bio Farma, Jl. Pasteur No. 28 Bandung, pada Kamis 10 Agustus 2017. Direktur Utama KAI Edi Sukmoro, Direktur Utama PT Bio Farma Juliman, dan Direktur Utama PT Pos Indonesia Gilarsi W. Setijono hadir dalam penandatanganan tersebut. Sedangkan dari BPKP dilakukan oleh Deputi Bidang Akuntan Negara Bonny Anang Dwijanto dan Kepala Perwakilan BPKP Provinsi Jawa Barat Iman Achmad Nugraha.

Rail Clinic Generasi ke-3 Diresmikan di Stasiun Gedung Ratu

Tanggal Publikasi : 02.08.2017

Sebagai wujud kepedulian sosial PT Kereta Api Indonesia (Persero) khususnya Divre IV Tanjungkarang terhadap kesehatan masyarakat disepanjang jalur rel kereta api, Rabu (2/8) diselenggarakan Bhakti Sosial pengobatan gratis serta peresmian perdana Rail Clinic generasi ke-3 di Stasiun Gedung Ratu.

Kerjasama KAI dengan JR East untuk Pengembangan SDM

Tanggal Publikasi : 01.08.2017

EJRCF (East Japan Railway Culture Foundation) adalah sebuah yayasan milik JR EAST yang telah lama berkerja sama dengan PT Kereta Api Indonesia (Persero) terkait program Fellowship untuk pelatihan SDM Perkeretaapian. EJRCF melakukan kunjungan ke Kantor Pusat PT Kereta Api Indonesia, pada Selasa (1/8). Delegasi yang terdiri dari empat orang ini diterima oleh VP Assesment and Human Recourse Development KAI Ira Nevasa, serta VP Corporate Culture KAI Joni Handeka.

Meriahnya Antusias Pengunjung KAI Travel Fair 2017

Tanggal Publikasi : 30.07.2017

Event KAI Travel Fair (KATF) resmi dimulai pada Sabtu (29/7) di Balai Sidang Hall B Jakarta Convention Center (JCC). Acara dibuka langsung oleh Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi dan Menteri BUMN Rini Soemarno dengan menggunting pita didampingi Direktur Utama PT Kereta Api Indonesia (Persero) Edi Sukmoro. Acara travel fair ini dilaksanakan selama dua hari, yakni tanggal 29-30 Juli 2017. Masyarakat terlihat sangat antusias dengan adanya acara ini. Hal tersebut terlihat dengan panjangnya antrean yang sudah dimulai sejak pukul 6 pagi. Beragam kegiatan menarik hadir di acara Travel Fair ini mulai dari lelang travel equipment, photo booth competition serta hiburan lainnya. Acara ini memberi kesempatan masyarakat untuk membeli tiket kereta api dengan harga diskon, serta pengalaman memperoleh tiket melalui cara yang berbeda. Dalam kesempatan ini KAI juga turut menghadirkan anak usahanya yang turut berpartisipasi  memeriahkan acara sehingga masyarakat mengetahui lebih dekat lingkup usaha yang dikelola dari setiap anak usaha KAI ini mulai dari PT KCJ, PT Railink, PT RMU, PT Kawista, KALOG, sampai dengan KAPM.

KAI dan Komnas HAM Tandatangani Nota Kesepahaman

Tanggal Publikasi : 25.07.2017

Direktur Utama PT Kereta Api Indonesia (Persero), Edi Sukmoro dan Ketua Komisi Nasional Hak Asasi Manusia Republik Indonesia (Komnas HAM RI) Nur Kholis, menandatangani Nota Kesepahaman tentang kerjasama penerapan Hak Asasi Manusia di Gedung Jakarta Railway Centre (JRC), Jakarta pada Selasa (25/7). Penandatanganan ini sebagai landasan kerjasama terkait penerapan HAM dalam penanganan penertiban aset berupa tanah dan bangunan KAI. Tujuan dari kerjasama kedua lembaga ini adalah mengarusutamakan prinsip, norma, dan standar HAM dalam tugas pokok dan fungsi KAI yang melayani kepentingan publik di bidang perkeretaapian

Peringati Hari Anak Nasional dengan Kegiatan Edukasi di Stasiun

Tanggal Publikasi : 24.07.2017

Senin (24/7) Dalam rangka memperingati Hari Anak Nasional yang jatuh pada tanggal 23 Juli 2017 Daop 4 Semarang menyemarakkannya dengan mengadakan berbagai rangkaian kegiatan. Bertempat di Stasiun Semarang Tawang Setidaknya ada 25 anak yatim piatu dari Yayasan Al-Kahfi dan 50 siswa dari TK Yayasan Wanita Kereta Api (YWKA) yang ikut berpartisipasi.

Mengenal Indonesia Lebih Dekat melalui Siswa Mengenal Nusantara

Tanggal Publikasi : 22.07.2017

Dalam rangka upaya perusahaan untuk mendekatkan diri dengan masyarakat dan menjadikan masyarakat bagian dari keluarga besar PT Kereta Api Indonesia (Persero) khususnya wilayah Divre III Palembang, PT KAI (Persero) selaku PIC Provinsi Sumatera Selatan dan CO-PIC PT Semen Baturaja (Persero), Selasa (16/05) melaksanakan Pembukaan Acara Seleksi Siswa Mengenal Nusantara (SMN) Tahun 2017 Provinsi Sumatera Selatan.

KAI Ikut Meriahkan Jakarta Fair 2017

Tanggal Publikasi : 16.07.2017

Dalam menyambut ulang tahun Kota Jakarta ke 490 yang jatuh pada tanggal 22 Juni 2017, kembali diselenggarakan event tahunan Jakarta Fair 2017 yang bertempat di JI Expo Kemayoran. Sebagai salah satu moda transportasi menjadi favorit masyarakat untuk bepergian, PT Kereta Api Indonesia (Persero) turut ikut serta memeriahkan event besar yang dimulai tanggal 8 Juni s.d. 16 Juli 2017 tersebut. Event tahunan ini dimanfaatkan oleh KAI untuk meningkatkan minat serta antusiasme warga masyarakat untuk menggunakan moda transportasi KA. Dalam event ini, antusiasme pengunjung yang datang menghampiri stand pameran PT KAI sangat tinggi. Selain dapat melakukan pembelian dan pemesanan tiket, akan dipamerkan pula produk unggulan dari PT KAI Daop 1 Jakarta.

Sukses Laksanakan Angkutan Lebaran, KAI Dapatkan Penghargaan

Tanggal Publikasi : 11.07.2017

Jakarta, Selasa (11/7) - Menteri Perhubungan, Budi Karya Sumadi memberikan Penghargaan dan Apresiasi terhadap Penyelenggaraan Angkutan Lebaran Terpadu Tahun 2017 kepada PT Kereta Api Indonesia (Persero) yang diadakan di Gedung Dhanapala, Kementerian Keuangan RI. Acara ini di ikuti Kementerian dan lembaga, Perusahaan BUMN, Perusahaan Swasta, serta Mitra Kerja.

Peresmian Perjalanan KA New Blora Jaya

Tanggal Publikasi : 07.07.2017

Rabu (5/7) Daop 4 Semarang meresmikan perjalanan KA New Blora Jaya (Semarang Poncol-Cepu pp) dengan menggunakan rangkaian kereta Ekonomi New Image sebagai bentuk apresiasi kepada pelanggan yang telah menggunakan jasa angkutan kereta api untuk bepergian. Kereta kelas Ekonomi New Image ini menggantikan rangkaian lama yang menggunakan jenis Kereta Rel Diesel (KRD).

KAI Kembali Resmikan Pojok UMKM

Tanggal Publikasi : 05.07.2017

Sebagai bentuk dukungan terhadap perekonomian masyarakat dan untuk meningkatkan pelayanan kepada masyarakat khususnya pengguna jasa transportasi kereta api, PT Kereta Api Indonesia (Persero) meresmikan stand UMKM di Stasiun Surabaya Gubeng pada Rabu (5/7). Peresmian stand UMKM ini dilakukan oleh EVP Daop 8 Surabaya Dadan Rudiansyah yang dihadiri oleh para jajaran Daop 8 Surabaya beserta masyarakat. Pojok UMKM ini merupakan lokasi yang kedua setelah sebelumnya diresmikan di Stasiun Gambir, Jakarta.

Berbagai Pihak Apresiasi Angkutan Lebaran dengan Kereta Api

Tanggal Publikasi : 03.07.2017

Sebagai salah satu hajat besar mesyarakat Indonesia, tradisi Mudik Lebaran perlu dipersiapkan dan dilaksanakan sebaik mungkin agar para pemudik dapat dengan nyaman mudik ke kampung halaman dan kembali ke kota asalnya. PT Kereta Api Indonesia (Persero) berusaha semaksimal mungkin agar Angkutan Lebaran 2017 menggunakan kereta api dapat berjalan dengan lancar. Berbagai persiapan telah dilakukan, mulai dari penambahan armada, penambahan petugas, dan pemberlakuan posko untuk seluruh pegawai dilakukan untuk memastikan Angkutan Lebaran 2017 ini dapat berlangsung dengan aman, lancar, dan terkendali. Berbagai apresiasipun berdatangan dari berbagai pihak terkait mudik menggunakan kereta api ini.

Menteri Bumn Pantau Lintas Bandung-Rancaekek

Tanggal Publikasi : 17.06.2017

Pada H-8 Lebaran 2017, Sabtu (17/6/2017) Menteri BUMN Rini Soemarno memantau arus mudik di Stasiun Bandung didampingi Dirut PT Kereta Api Indonesia (Persero) Edi Sukmoro beserta jajaran KAI lainnya. Di Stasiun Bandung Rini mengecek kondisi Parkir, Pelayanan ruang tunggu penumpang Stasiun Bandung, dan posko keamanan lainnya serta membahas tentang reaktivasi Jalur Ciwidey, Garut, Pangandaran. Ia menilai pertumbuhan ekonomi di Jawa Barat (Jabar) mulai tumbuh dan berkembang. Untuk mendorong potensi tersebut, pihaknya bakal mereaktivasi alias mengaktifkan kembali sejumlah jalur kereta yang telah mati.

BUMN Berbagi Bingkisan Ramadhan

Tanggal Publikasi : 16.06.2017

Sebagai bentuk kepedulian untuk membantu mereka yang membutuhkan di saat Ramadhan tahun ini, KAI bersama 31 BUMN lainnya secara serentak membagikan 60.000 Bingkisan Ramadhan di Semarang dan Surabaya dengan total 40 titik pemberian. Pada Jumat (16/6) Pukul 08.00 WIB, KAI membagikan paket bingkisan Ramadhan sebanyak 1500 paket yang berupa beras, gula, minyak, kecap dan sirup di halaman parkir Daop 8 Surabaya. Selain itu, pembagian juga diberikan kepada masyarakat dan kaum duafa melalui Masjid Al Ittihaad di Jalan Gubeng Masjid, Pacarkeling, Tambak Sari Surabaya. Acara ini merupakan bentuk komitmen dari tema BUMN Hadir Untuk Negeri.

Apel Gelar Pasukan Angkutan Lebaran 2017

Tanggal Publikasi : 15.06.2017

Direktur Utama PT Kereta Api Indonesia (Persero) Edi Sukmoro mengikuti apel pengamanan mudik Lebaran 2017 di Stasiun Gambir, Jakarta Pusat , Kamis (15/6). Apel digelar untuk menyukseskan angkutan Lebaran. "Kami mengharap dukungan dari semua pihak untuk menyukseskan angkutan Lebaran 2017," ujar Edi. Pada mudik tahun ini, KAI menyediakan 6.152.586 kursi bagi para pemudik. Selain itu, KAI meningkatkan prasarana guna menunjang kelancaran arus mudik. "Di sisi prasarana, PT KAI menyiagakan pula alat material, seperti bantalan rel, batu balas, dan karung pasir, guna mengantisipasi hal yang tidak diinginkan" imbuhnya. "Kami juga bekerja sama dengan pihak TNI, Polri, dan anggota pencinta KA. Kami harap angkutan Lebaran tahun ini terselenggara dengan aman, lancar, dan terkendali," ujar Edi. Setelah apel, dilakukan juga pengecekan terhadap Polisi Khusus KA (Polsuska) dan masinis. Mereka menjalani uji pengecekan narkotika. Dirjen Kereta Api (KA), Kementerian Perhubungan, Prasetyo Boeditjahjono menjadi inspektur upacara apel pengamanan.

KAI Tandatangani Kontrak Angkutan Batubara dengan Bukit Asam Hingga 2021

Tanggal Publikasi : 09.06.2017

PT Bukit Asam (Persero) Tbk menjalin kerja sama dengan PT Kereta Api Indonesia (Persero) untuk pengangkutan 130,1 juta ton batu bara pada periode 2017-2021. Kontrak yang ditandatangani pada Jumat, 9 Juni 2017 oleh Direktur Utama Bukit Asam Arviyan Arifin dan Direktur Utama KAI Edi Sukmoro di Jakarta itu merupakan bagian dari sinergi antar BUMN.

KAI Semarakan Ramadhan dengan Anak yatim

Tanggal Publikasi : 07.06.2017

Rabu, 7 Juni 2017 Kantor Pusat PT Kereta Api Indonesia (Persero) dikunjungi oleh anak-anak yatim dari berbagai panti asuhan di kota Bandung. Menjelang petang anak-anak yang datang semakin ramai, sekitar 650 anak yatim berkumpul di Auditorium kantor pusat KAI untuk memenuhi undangan buka puasa Bersama. Acara yang rutin dilakukan setiap ramadhan ini dimeriahkan dengan penampilan Group Nasyid Bagga dan The Fikr serta tausiyah yang disampaikan oleh Ustad. KH. Drs. Muehtar Kholid. Anak-anak tampak antusias dan ceria serta tertib mengikuti rangkaian acara yang diselenggarakan atas kerjasama KAI dengan Dompet Peduli Umat Darul Tauhid (DPU-DT) ini.

Raja dan Ratu Swedia Menggunakan Kereta Wisata

Tanggal Publikasi : 24.05.2017

Pada hari Rabu, (24/5) , Raja Swedia Carl XVI Gustaf dan Ratu Silvia hari ini akan berkunjung ke Kota Bandung. Raja dan Ratu Swedia berangkat menuju Bandung menggunakan Kereta Api Argo Parahyangan. Senior Manager Humas KAI Daop 1 Jakarta, Suprapto, mengatakan bahwa Raja Swedia dan rombongan bertolak dari Stasiun Gambir menuju Stasiun Bandung dengan menggunakan KA 22 (KA Argo Parahayangan) relasi Gambir-Bandung yang berangkat dari Stasiun Gambir jam 08:45 wib, rombongan kerajaan didampingi Duta Besar Indonesia untuk Swedia Bagas Hapsoro . "Raja Swedia dan rombongan menempati dua gerbong kereta wisata khusus yang bernama kereta Bali dan kereta Priority," kata Suprapto.

KAI Bebaskan Lahan untuk Jalur Kereta Cepat

Tanggal Publikasi : 15.05.2017

PT Kereta Api Indonesia (Persero) mulai membebaskan lahan yang akan digunakan untuk jalur kereta cepat Jakarta-Bandung. Manajer Humas KAI Daerah Operasi 2 Bandung Joni Martinus, mengatakan hingga Senin, 15 Mei 2017 sudah tiga lokasi lahan di wilayah yang dibebaskan untuk jalur kereta cepat Jakarta-Bandung. Penertiban yang dimulai pukul 08:00 WIB ini menurunkan 400 personil yang terdiri dari pegawai Daop 2, TNI, Polri, Pol PP, dan petugas PLN. Joni Martinus, memastikan tiga titik di wilayahnya sudah steril dan siap digunakan. "Kami ada tujuh titik untuk trase yang akan dipakai kereta api cepat," Ujar Joni. Penertiban pekan lalu mencapai 69 bangunan, dan hari ini 55 bangunan di KM143+200 sampai KM143+800. "Seluruhnya sudah beres 124 bangunan atau setara 7.505,93 meter persegi," Ujar Joni. Selain lahan di seputaran rel di Desa Gadobangkong itu, Tim Penertiban Aset KAI Daop 2 Bandung sebelumnya sudah menertibkan lahannya dari bangunan warga di seputaran Ciganea, serta Rancaekek. "Totalnya sudah 162 bangunan," kata dia. Luasan lahan yang sudah bebas setara 8.800 meter persegi. Setelah mensterilkan tiga titik, bulan ini KAI akan melanjutkan pembongkaran bangunan di dua lokasi. Pada 18 Mei 2017, pembongkaran dijadwalkan dilakukan di Kertamulya dan pada 29 Mei 2017 di Cilame. Keduanya di Kabupaten Bandung Barat. "Untuk kawasan Kertasari dan Mekarsari belum kami jadwalkan," Ujar Joni.

25 Pegawai Dikirim Untuk Pelatihan ke Australia

Tanggal Publikasi : 06.05.2017

Guna meningkatkan pelayanan dan sistem perkeretaapian di Indonesia, PT Kereta Api Indonesia (Persero) gencar mengirimkan karyawannya ke luar negeri untuk belajar ilmu perkeretaapian dari negara-negara maju. Sabtu (6/5), Direktur Utama KAI Edi Sukmoro melepas 25 pegawai peserta Diklat Safety Training Batch 2nd-Accident Investigation ke Brisbane, Australia. Seremonial pelepasan dilakukan di Ruang Rapat Kantor Jakarta Railway Center (JRC).

Rail Clinic Sapa Masyarakat Stasiun Bangil

Tanggal Publikasi : 04.05.2017

Sebagai bukti nyata BUMN Hadir Untuk Negeri, PT Kereta Api Indonesia (Persero) mengadakan pengobatan gratis pada masyarakat yang tinggal di sekitar Stasiun Bangil menggunakan Rail Clinic, Kamis (4/5). EVP Daop 8 Surabaya Andika Tri Putranto, mengemukakan kegiatan ini merupakan salah satu bentuk CSR dari KAI yang ditujukan untuk masyarakat yang tinggal berdekatan dengan aset milik KAI. "Rail Clinic Rail Clinic merupakan kereta dua gerbong yang dimodifikasi layaknya klinik atau rumah sakit. Fasilitas ini dilengkapi dengan peralatan medis, kamar pemeriksaan dan apotek. Pelayanan kesehatan tingkat pertama, meliputi pemeriksaan umum, gigi, kehamilan, mata, serta pelayanan kefarmasian.

The 5th Annual Jakarta Marketing Week 2017

Tanggal Publikasi : 03.05.2017

Jakarta Marketing Week 2017 kembali digelar di Mal Kota Kasablanka dengan tema ‘Lifestyle and The City’. Penyelenggaraan ini telah memasuki tahun kelima yang diselenggarakan oleh MarkPlus Inc sejak 2013. Acara ini diselenggarakan di Grand Atrium Kota Kasablanka mulai tanggal 3-9 Mei 2017. Dan dibuka langsung oleh Founder and Chairman MarkPlus Inc Hermawan Kartajaya dan Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi. Budi Karya Sumadi mengatakan bahwa bisnis di Indonesia saat ini semakin sulit, sehingga perlu pemasaran lebih agar produk Indonesia bisa dikenal luas. "Kita memang liat bahwasanya bisnis itu makin susah oleh karenanya inisiatif MarkPlus untuk memperkenalkan Jakarta adalah menembus ranking 1 dan reputasi dengan cara yang elegan dan funky," kata Menteri Perhubungan di acara Jakarta Marketing Week 2017.

Kejaksaan Tinggi Jawa Barat Dukung Penyelamatan Aset KAI

Tanggal Publikasi : 03.05.2017

Rabu (3/5), dilakukan penandatanganan kesepakatan bersama tentang penanganan masalah hukum bidang perdata dan tata usaha negara antara PT Kereta Api Indonesia (Persero) dengan Kejaksaan Tinggi Jawa Barat. Bertempat di ruang Auditorium Kantor Pusat KAI, penandatanganan MoU ini dilakukan oleh Direktur Utama KAI Edi Sukmoro dan Kepala Kejaksaan Tinggi Jawa Barat Setia Untung Arimuladi disaksikan langsung oleh Plt Komisaris Utama KAI Muchtar Arifin, serta Jaksa Muda Perdata dan Tata Usaha Negara (Jamdatun) Bambang Setyowahyudi. Hadir pula dalam acara ini Jajaran Direksi KAI, Direksi Anak Perusahaan KAI, Jajaran Kejaksaan Agung, serta Jajaran Kejaksaan Tinggi Jawa Barat yang berjumlah sekitar 80 orang.

Data ke : 1 s/d 50 dari 496 baris data 1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 Next »
Jadwal dan Pesan Tiket