Informasi Media 

Pusat Informasi dan Berita KA 

Pencarian:

Menteri Bumn Pantau Lintas Bandung-Rancaekek

Tanggal Publikasi : 17.06.2017

Pada H-8 Lebaran 2017, Sabtu (17/6/2017) Menteri BUMN Rini Soemarno memantau arus mudik di Stasiun Bandung didampingi Dirut PT Kereta Api Indonesia (Persero) Edi Sukmoro beserta jajaran KAI lainnya. Di Stasiun Bandung Rini mengecek kondisi Parkir, Pelayanan ruang tunggu penumpang Stasiun Bandung, dan posko keamanan lainnya serta membahas tentang reaktivasi Jalur Ciwidey, Garut, Pangandaran. Ia menilai pertumbuhan ekonomi di Jawa Barat (Jabar) mulai tumbuh dan berkembang. Untuk mendorong potensi tersebut, pihaknya bakal mereaktivasi alias mengaktifkan kembali sejumlah jalur kereta yang telah mati.

BUMN Berbagi Bingkisan Ramadhan

Tanggal Publikasi : 16.06.2017

Sebagai bentuk kepedulian untuk membantu mereka yang membutuhkan di saat Ramadhan tahun ini, KAI bersama 31 BUMN lainnya secara serentak membagikan 60.000 Bingkisan Ramadhan di Semarang dan Surabaya dengan total 40 titik pemberian. Pada Jumat (16/6) Pukul 08.00 WIB, KAI membagikan paket bingkisan Ramadhan sebanyak 1500 paket yang berupa beras, gula, minyak, kecap dan sirup di halaman parkir Daop 8 Surabaya. Selain itu, pembagian juga diberikan kepada masyarakat dan kaum duafa melalui Masjid Al Ittihaad di Jalan Gubeng Masjid, Pacarkeling, Tambak Sari Surabaya. Acara ini merupakan bentuk komitmen dari tema BUMN Hadir Untuk Negeri.

Apel Gelar Pasukan Angkutan Lebaran 2017

Tanggal Publikasi : 15.06.2017

Direktur Utama PT Kereta Api Indonesia (Persero) Edi Sukmoro mengikuti apel pengamanan mudik Lebaran 2017 di Stasiun Gambir, Jakarta Pusat , Kamis (15/6). Apel digelar untuk menyukseskan angkutan Lebaran. "Kami mengharap dukungan dari semua pihak untuk menyukseskan angkutan Lebaran 2017," ujar Edi. Pada mudik tahun ini, KAI menyediakan 6.152.586 kursi bagi para pemudik. Selain itu, KAI meningkatkan prasarana guna menunjang kelancaran arus mudik. "Di sisi prasarana, PT KAI menyiagakan pula alat material, seperti bantalan rel, batu balas, dan karung pasir, guna mengantisipasi hal yang tidak diinginkan" imbuhnya. "Kami juga bekerja sama dengan pihak TNI, Polri, dan anggota pencinta KA. Kami harap angkutan Lebaran tahun ini terselenggara dengan aman, lancar, dan terkendali," ujar Edi. Setelah apel, dilakukan juga pengecekan terhadap Polisi Khusus KA (Polsuska) dan masinis. Mereka menjalani uji pengecekan narkotika. Dirjen Kereta Api (KA), Kementerian Perhubungan, Prasetyo Boeditjahjono menjadi inspektur upacara apel pengamanan.

KAI Tandatangani Kontrak Angkutan Batubara dengan Bukit Asam Hingga 2021

Tanggal Publikasi : 09.06.2017

PT Bukit Asam (Persero) Tbk menjalin kerja sama dengan PT Kereta Api Indonesia (Persero) untuk pengangkutan 130,1 juta ton batu bara pada periode 2017-2021. Kontrak yang ditandatangani pada Jumat, 9 Juni 2017 oleh Direktur Utama Bukit Asam Arviyan Arifin dan Direktur Utama KAI Edi Sukmoro di Jakarta itu merupakan bagian dari sinergi antar BUMN.

KAI Semarakan Ramadhan dengan Anak yatim

Tanggal Publikasi : 07.06.2017

Rabu, 7 Juni 2017 Kantor Pusat PT Kereta Api Indonesia (Persero) dikunjungi oleh anak-anak yatim dari berbagai panti asuhan di kota Bandung. Menjelang petang anak-anak yang datang semakin ramai, sekitar 650 anak yatim berkumpul di Auditorium kantor pusat KAI untuk memenuhi undangan buka puasa Bersama. Acara yang rutin dilakukan setiap ramadhan ini dimeriahkan dengan penampilan Group Nasyid Bagga dan The Fikr serta tausiyah yang disampaikan oleh Ustad. KH. Drs. Muehtar Kholid. Anak-anak tampak antusias dan ceria serta tertib mengikuti rangkaian acara yang diselenggarakan atas kerjasama KAI dengan Dompet Peduli Umat Darul Tauhid (DPU-DT) ini.

Raja dan Ratu Swedia Menggunakan Kereta Wisata

Tanggal Publikasi : 24.05.2017

Pada hari Rabu, (24/5) , Raja Swedia Carl XVI Gustaf dan Ratu Silvia hari ini akan berkunjung ke Kota Bandung. Raja dan Ratu Swedia berangkat menuju Bandung menggunakan Kereta Api Argo Parahyangan. Senior Manager Humas KAI Daop 1 Jakarta, Suprapto, mengatakan bahwa Raja Swedia dan rombongan bertolak dari Stasiun Gambir menuju Stasiun Bandung dengan menggunakan KA 22 (KA Argo Parahayangan) relasi Gambir-Bandung yang berangkat dari Stasiun Gambir jam 08:45 wib, rombongan kerajaan didampingi Duta Besar Indonesia untuk Swedia Bagas Hapsoro . "Raja Swedia dan rombongan menempati dua gerbong kereta wisata khusus yang bernama kereta Bali dan kereta Priority," kata Suprapto.

KAI Bebaskan Lahan untuk Jalur Kereta Cepat

Tanggal Publikasi : 15.05.2017

PT Kereta Api Indonesia (Persero) mulai membebaskan lahan yang akan digunakan untuk jalur kereta cepat Jakarta-Bandung. Manajer Humas KAI Daerah Operasi 2 Bandung Joni Martinus, mengatakan hingga Senin, 15 Mei 2017 sudah tiga lokasi lahan di wilayah yang dibebaskan untuk jalur kereta cepat Jakarta-Bandung. Penertiban yang dimulai pukul 08:00 WIB ini menurunkan 400 personil yang terdiri dari pegawai Daop 2, TNI, Polri, Pol PP, dan petugas PLN. Joni Martinus, memastikan tiga titik di wilayahnya sudah steril dan siap digunakan. "Kami ada tujuh titik untuk trase yang akan dipakai kereta api cepat," Ujar Joni. Penertiban pekan lalu mencapai 69 bangunan, dan hari ini 55 bangunan di KM143+200 sampai KM143+800. "Seluruhnya sudah beres 124 bangunan atau setara 7.505,93 meter persegi," Ujar Joni. Selain lahan di seputaran rel di Desa Gadobangkong itu, Tim Penertiban Aset KAI Daop 2 Bandung sebelumnya sudah menertibkan lahannya dari bangunan warga di seputaran Ciganea, serta Rancaekek. "Totalnya sudah 162 bangunan," kata dia. Luasan lahan yang sudah bebas setara 8.800 meter persegi. Setelah mensterilkan tiga titik, bulan ini KAI akan melanjutkan pembongkaran bangunan di dua lokasi. Pada 18 Mei 2017, pembongkaran dijadwalkan dilakukan di Kertamulya dan pada 29 Mei 2017 di Cilame. Keduanya di Kabupaten Bandung Barat. "Untuk kawasan Kertasari dan Mekarsari belum kami jadwalkan," Ujar Joni.

25 Pegawai Dikirim Untuk Pelatihan ke Australia

Tanggal Publikasi : 06.05.2017

Guna meningkatkan pelayanan dan sistem perkeretaapian di Indonesia, PT Kereta Api Indonesia (Persero) gencar mengirimkan karyawannya ke luar negeri untuk belajar ilmu perkeretaapian dari negara-negara maju. Sabtu (6/5), Direktur Utama KAI Edi Sukmoro melepas 25 pegawai peserta Diklat Safety Training Batch 2nd-Accident Investigation ke Brisbane, Australia. Seremonial pelepasan dilakukan di Ruang Rapat Kantor Jakarta Railway Center (JRC).

Rail Clinic Sapa Masyarakat Stasiun Bangil

Tanggal Publikasi : 04.05.2017

Sebagai bukti nyata BUMN Hadir Untuk Negeri, PT Kereta Api Indonesia (Persero) mengadakan pengobatan gratis pada masyarakat yang tinggal di sekitar Stasiun Bangil menggunakan Rail Clinic, Kamis (4/5). EVP Daop 8 Surabaya Andika Tri Putranto, mengemukakan kegiatan ini merupakan salah satu bentuk CSR dari KAI yang ditujukan untuk masyarakat yang tinggal berdekatan dengan aset milik KAI. "Rail Clinic Rail Clinic merupakan kereta dua gerbong yang dimodifikasi layaknya klinik atau rumah sakit. Fasilitas ini dilengkapi dengan peralatan medis, kamar pemeriksaan dan apotek. Pelayanan kesehatan tingkat pertama, meliputi pemeriksaan umum, gigi, kehamilan, mata, serta pelayanan kefarmasian.

The 5th Annual Jakarta Marketing Week 2017

Tanggal Publikasi : 03.05.2017

Jakarta Marketing Week 2017 kembali digelar di Mal Kota Kasablanka dengan tema ‘Lifestyle and The City’. Penyelenggaraan ini telah memasuki tahun kelima yang diselenggarakan oleh MarkPlus Inc sejak 2013. Acara ini diselenggarakan di Grand Atrium Kota Kasablanka mulai tanggal 3-9 Mei 2017. Dan dibuka langsung oleh Founder and Chairman MarkPlus Inc Hermawan Kartajaya dan Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi. Budi Karya Sumadi mengatakan bahwa bisnis di Indonesia saat ini semakin sulit, sehingga perlu pemasaran lebih agar produk Indonesia bisa dikenal luas. "Kita memang liat bahwasanya bisnis itu makin susah oleh karenanya inisiatif MarkPlus untuk memperkenalkan Jakarta adalah menembus ranking 1 dan reputasi dengan cara yang elegan dan funky," kata Menteri Perhubungan di acara Jakarta Marketing Week 2017.

Kejaksaan Tinggi Jawa Barat Dukung Penyelamatan Aset KAI

Tanggal Publikasi : 03.05.2017

Rabu (3/5), dilakukan penandatanganan kesepakatan bersama tentang penanganan masalah hukum bidang perdata dan tata usaha negara antara PT Kereta Api Indonesia (Persero) dengan Kejaksaan Tinggi Jawa Barat. Bertempat di ruang Auditorium Kantor Pusat KAI, penandatanganan MoU ini dilakukan oleh Direktur Utama KAI Edi Sukmoro dan Kepala Kejaksaan Tinggi Jawa Barat Setia Untung Arimuladi disaksikan langsung oleh Plt Komisaris Utama KAI Muchtar Arifin, serta Jaksa Muda Perdata dan Tata Usaha Negara (Jamdatun) Bambang Setyowahyudi. Hadir pula dalam acara ini Jajaran Direksi KAI, Direksi Anak Perusahaan KAI, Jajaran Kejaksaan Agung, serta Jajaran Kejaksaan Tinggi Jawa Barat yang berjumlah sekitar 80 orang.

Memperingati 40 Tahun Beroperasinya Lokomotif CC 201

Tanggal Publikasi : 01.05.2017

Dalam rangka perayaan 40 tahun beroperasinya Lokomotif CC 201, PT Kereta Api Indonesia (Persero) melakukan cuci lokomotif yang dikerjakan oleh seluruh lapisan pegawai KAI dari tingkat direktur sampai pelaksana di Stasiun Sidotopo, Senin (1/5). Lokomotif CC 201 adalah lokomotif diesel elektrik (DE) milik PT Kereta Api Indonesia (Persero) yang diproduksi oleh General Electric (GE) dengan jenis model U18C. Lokomotif CC 201 telah menarik kereta mulai dari kereta eksekutif, bisnis, ekonomi, campuran, penumpang dan gerbong barang di Indonesia. Sampai saat ini Lokomotif ini masih Siap Operasi (SO) dan KAI mempunyai 137 Lokomotif CC 201. Dari total itu, sebanyak 131 lokomotif masih beroperasi, enam sisanya dalam perawatan.

Pojok UMKM Indonesia Diresmikan di Stasiun Gambir

Tanggal Publikasi : 29.04.2017

Sebagai salah satu langkah PT Kereta Api Indonesia dalam mendukung dan mengembangkan bisnis pengusaha-pengusaha kecil dan menengah di dalam negeri, KAI meresmikan Pojok UMKM Indonesia di Stasiun Gambir, Jakarta Pusat, Sabtu (29/4). EVP Daop 1 Jakarta John Robertho menjelaskan pojok UMKM ini diperuntukan bagi UMKM-UMKM yang berminat bekerjasama dengan KAI dan ingin memperkenalkan usaha kecilnya, dengan sewa yang jauh lebih rendah dari tenant lainnya. “Sebagai tahap awal dari kerjasama promosi, sebanyak 10 UMKM hadir dalam Pojok UMKM Indonesia di Stasiun Gambir. Direncanakan Pojok UMKM Indonesia ini akan dibuka di beberapa stasiun lainnya di wilayah PT KAI Daop 1 Jakarta,” ujarnya.

KAI Resmikan Anggrek Executive Lounge

Tanggal Publikasi : 22.04.2017

PT Kereta Api Indonesia (Persero) meluncurkan Anggrek Executive Lounge di Stasiun Yogyakarta, Sabtu (22/4). Fasilitas Executive Lounge baru pertama kali dibangun oleh KAI, yang akan dikembangkan di sejumlah stasiun lainnya. Anggrek Executive Lounge merupakan ruang tunggu eksklusif bagi penumpang kereta api dengan fasilitas yang diberikan yakni ruang tunggu yang eksklusif, termasuk makanan prasmanan, makanan tradisional, snack/coffee break, mushala, smocking room, serta free wi-fi.

Sinergi BUMN Hadir Untuk Negeri, Menuju Indonesia Digdaya

Tanggal Publikasi : 21.04.2017

Sejumlah 118 perusahaan Badan Usaha Milik Negara (BUMN) melakukan upacara memperingati Hari Ulang Tahun (HUT) dan Hari Kartini di lapangan Garuda Mandala Prambanan, Jumat (21/4). HUT bersama ini dirayakan oleh 28 perusahaan BUMN yang berulang tahun selama periode Februari-April 2017. Adapun HUT kali ini mengusung tema "Sinergi BUMN Hadir untuk Negeri, Menuju Indonesia Digdaya". Rangkaian acara yang diadakan selama dua hari ini dilanjutkan dengan workshop Sinergi BUMN Hadir untuk Negeri dan syukuran HUT BUMN Bersama sekaligus penyerahan CSR.

Stasiun Cianjur Kedatangan Rail Clinic

Tanggal Publikasi : 20.04.2017

Sebagai perwujudan BUMN Hadir Untuk Negeri, KAI adakan kegiatan Bakti Sosial dan Pemberian Bantuan kepada masyarakat Cianjur pada Kamis (20/4). KAI melakukan kegiatan pengobatan gratis kepada masyarakat menggunakan Rail Clinic. "Hari ini kami melayani 300 warga masyarakat yang tinggal di Stasiun Cianjur, untuk layanan medis sendiri kita ada poli umum, poli mata, pemeriksaan EKG atau Jantung, USG untuk pemeriksaan Kehamilan, Poli Gigi dan juga laboratorium," kata Manager Humas Daop 2 Bandung Joni Martinus.

KAI Terpilih sebagai Perusahaan Paling Kreatif

Tanggal Publikasi : 18.04.2017

PPM Manajemen dan Majalah SWA mengadakan event Outstanding Corporate Innovator (OCI) Award and Indonesia Most Creative Companies bagi perusahaan yang mampu melakukan inovasi secara terus menerus dan lahir dari kreativitas yang tanpa henti dengan menunjukan kinerja secara konsisten dan menyeluruh.

Presiden Jokowi Lakukan Groundbreaking Proyek Kereta Bandara Adisumarmo

Tanggal Publikasi : 12.04.2017

Sabtu (8/4), Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) secara resmi mencanangkan pembangunan perkeretaapian akses Bandar Udara Adi Soemarmo-Stasiun Solobalapan, di area Bandara Adi Soemarmo, Boyolali. Acara ini dihadiri oleh Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi, Menteri BUMN Rini Soemarno, Menteri Sekretaris Negara Pratikno, Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo, Dirut PT KAI Edi Sukmoro, Dirut Angkasa Pura I Danang S. Baskoro, Walikota Surakarta F.X. Hadi Rudyatmo, serta jajaran Muspida dan Muspika setempat.

Pameran Kain Unggulan Tradisional Adiwastra Nusantara 2017

Tanggal Publikasi : 05.04.2017

Pameran kain tradisional dari seluruh pelosok Tanah Air bertajuk Adiwastra Nusantara 2017 telah resmi dibuka Rabu (5/4), bertempat di Hall A dan B Jakarta Convention Center (JCC). Dalam penyelenggaraan tahun ini, Adiwastra Nusantara 2017 mengusung tema Wastra Adati Nusantara, Warisan Budaya Tak Lekang Zaman. Turut hadir pula dalam acara ini Istri Presiden ke-4 RI Sinta Nuriyah Wahid, Menteri Perindustrian Airlangga Hartanto, Menteri Pariwisata (Menpar) Arief Yahya, dan Deputi BP3N Kemenpar Esthy Reko Astuti.

Blusukan : 4 Menteri Pantau Infrastruktur Di Medan

Tanggal Publikasi : 05.04.2017

Dalam rangka melaksanakan kunjungan kerja di wilayah Sumatera Utara, Rabu (5/4)  Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi, Menteri BUMN Rini Sumarno, Menteri PUPR M. Basoeki Hadimoeljono, Menteri Agraria & Tata Ruang Sofyan A Jalil, Jaksa Agung M Prasetyo, Gubernur Sumatera Utara Tengku Erry Nuradi mengunjungi kota Medan. Rombongan melakukan penandatanganan MoU pengelolaan Aset di PT Perkebunan Nusantara 3 dan melakukan pengecekan ke berbagai proyek infrastruktur. Sejumlah proyek pembangunan infrastruktur BUMN yang menjadi prioritas antara lain, proyek jalan tol trans Sumatera, proyek pembangkit listrik tenaga uap milik PT Indonesia Asahan Aluminium, proyek kawasan pelabuhan dan industri Kuala Tanjung, Medan dan proyek kereta api Medan-Kuala Tanjung.

Menhub Puas Akan Skybridge Stasiun Solo Balapan

Tanggal Publikasi : 01.04.2017

Direktur Utama PT Kereta Api Indonesia (Persero) Edi Sukmoro menerima kunjungan kerja dari Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi di Stasiun Solobalapan, Sabtu (1/4). Budi Karya Sumadi meninjau sky bridge (jembatan layang) yang menghubungkan Terminal Tirtonadi - Stasiun Solo Balapan. Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi puas akan progres pembangunan proyek ini. Skybridge penghubung Stasiun Balapan dengan Terminal Tirtonadi Solo ditargetkan rampung April 2017 ini. Saat ini, pembangunan jembatan intermoda transportasi itu tinggal menunggu pemasangan lift dan eskalator.

KAI Perpanjang Relasi KA Kaligung

Tanggal Publikasi : 01.04.2017

Bertepatan dengan pemberlakuan Grafik Perjalanan Kereta Api (Gapeka) baru tanggal 1 April 2017, KAI melakukan inovasi dengan memperpanjang relasi KA Kaligung yang sebelumnya berangkat dari Stasiun Tegal diperpanjang relasinya dan diberangkatkan dari Stasiun Brebes menuju Stasiun Semarang Poncol, maupun arah sebaliknya, mulai Sabtu (1/4).

KAI dan KCJ Raih Penghargaan Public Relations

Tanggal Publikasi : 24.03.2017

Majalah PR Indonesia menggelar kompetisi PR tingkat nasional yang komprehensif dalam rangka ulang tahunnya ke 2 yaitu PR Indonesia Awards (PRIA) 2017. Acara yang mengangkat tema karya PR untuk Bangsa ini diadakan di Harris Hotel Sunset Road, Bali (24/3). Digelarnya kompetisi bergengsi ini berguna untuk mengapresiasi sekaligus memberikan penghargaan bagi setiap kreativitas humas/public relations (PR) yang mampu mewujudkan credibility & trust di suatu korporasi/lembaga/organisasi. "PR Indonesia Award 2017 ini bertujuan untuk mewujudkan credibility and trust kepada para pemenang oleh para Stakeholders," ujar Founder Majalah PR Indonesia Asmono Wikan.

KAI Rayakan Hari Dongeng Sedunia

Tanggal Publikasi : 20.03.2017

Dalam rangka memperingati Hari Dongeng Sedunia, hari Senin (20/3) PT Kereta Api Indonesia (Persero) menggelar acara edukasi secara serentak mengenai Kereta Api di beberapa DAOP. Tema yang diangkat oleh masing-masing Daop dan Divre berbeda namun menyangkut tentang perkeretaapian. Materi yang disampaikan mengenai keselamatan perkeretaapian dan kenyamanan penumpang saat di Stasiun maupun diatas KA. Ada juga pembahasan mengenai apa saja pekerjaan setiap petugas KAI.

Pembahasan LRT Palembang dengan Gubernur Sumsel

Tanggal Publikasi : 20.03.2017

Dalam rangka percepatan penyelesaian pekerjaan light rail transit (LRT) Palembang tentunya yang akan memenuhi kebutuhan pelayanan angkutan publik dan mengatasi kepadatan lalu lintas serta menyukseskan penyelenggaraan Asian Games 2018, Senin (20/3) Direktur Utama PT Kereta Api Indonesia (Persero) Edi Sukmoro melakukan Pertemuan dengan Gubernur Sumatera Selatan, Ir. H. Alex Noerdin di Griya Agung Palembang. Pertemuan ini pun dihadiri oleh jajaran KAI, Dinas Perhubungan Provinsi Sumatera Selatan dan Dinas Perhubungan Kota Palembang.

Sumbangsih KAI dalam melestarikan Budaya Sriwedari

Tanggal Publikasi : 16.03.2017

PT Kereta Api Indonesia (Persero) memberikan bantuan kepada Pemerintah Kota (Pemkot) Surakarta untuk pengembangan sarana dan prasarana Gedung Wayang Orang (GWO) Sriwedari, Kamis (16/3). Bantuan senilai Rp150.000.000 diberikan melalui dana Corporate Social Responsibility (CSR). Acara yang bertempat di Taman Hiburan Rakyat (THR) Sriwedari ini dibuka oleh Direktur Utama PT KAI Edi Sukmoro, lalu dilanjutkan sambutan Walikota Surakarta.

Kereta Barang Cibungur Mulai Beroperasi

Tanggal Publikasi : 16.03.2017

KAI melaksanakan uji coba operasi angkutan barang dari Terminal Peti Kemas (TPK) Cibungur menuju Stasiun Indro, Gresik, Surabaya, Kamis (16/3). Kegiatan ini dilakukan pada saat peresmian pengoperasian Terminal Peti Kemas Cibungur di Kecamatan Bungursari, Kabupaten Purwakarta. TPK Cibungur kembali melayani bongkar muat barang setelah kembali dikembangkan oleh KAI. TPK Cibungur di Purwakarta ini merupakan lokasi strategis untuk angkutan barang, karena berada di jalur perindustrian. VP Daop 2 Bandung Saridal menyatakan kesiapan Daop 2 untuk melaksanakan angkutan barang dari TPK Cibungur. TPK Cibungur sangat potensial dengan kemampuan Container Yard (CY) menampung 300 TeUS.

KAI Peduli Bencana Banjir Padang

Tanggal Publikasi : 16.03.2017

Hujan deras yang mengguyur sejak senin sore diduga penyebab terjadinya banjir dan tanah longsor di bebrapa daerah Sumatera Barat yang terjadi pada Jumat (3/3). Banjir dan longsor ini terajdi di 25 titik, dengan rincian 13 titik tanah longsor dan 12 titik banjir. Tanah longsor tersebar pada 9 titik di Kecamatan Pangkalan. Sedangkan banjir tersebar pada 7 kecamatan dengan titik banjir tertinggi mencapai 1,5 meter. Akibat bencana banjir dan tanah longsor, Minggu (5/3) Kabupaten Lima Puluh Kota, Sumatera Barat, korban tewas di daerah tersebut bertambah menjadi 6 orang tewas dan 2 lainnya luka berat.

2 Menteri Tinjau Progres Pembangunan KA Basoetta

Tanggal Publikasi : 12.03.2017

Menteri BUMN Rini M. Sumarno dan Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi meninjau progres pembangunan proyek kereta api Bandara Soekarno-Hatta, menggunakan Kereta Api Inspeksi Merbabu, Minggu (12/3). Keduanya didampingi pelaksana tugas (Plt) Gubernur DKI Sumarsono dan Direktur Utama PT Kereta Api Indonesia (Persero) Edi Sukmoro.

Stay Fresh with Rail Run

Tanggal Publikasi : 12.03.2017

Ribuan masyarakat sejak pukul 06.00 wib, Minggu (12/3) sudah memenuhi halaman parkir Stadion Mandala Krida, Yogyakarta. Berbeda dengan biasanya, masyarakat datang ke stadion untuk menonton pertandingan sepakbola namun kali ini datang untuk mengikuti kegiatan fun run yang diselenggarakan oleh PT Kereta Api Indonesia (Persero). Fun run ini bernama ”Rail Run” dengan mengangkat tema ”Stay Fresh on March”. Peserta Rail Run harus berlari dengan jarak tempuh 5 km dan bagi 100 finisher pertama akan mendapatkan medali. Lebih unik lagi, peserta Rail Run yang telah mencapai garis finish langsung menuju photobooth untuk berpose, hasil foto di photobooth dari para peserta ini dapat diunggah ke media sosial untuk mengikuti selfie contest.

Kemensetneg Lakukan Benchmarking Kehumasan ke KAI

Tanggal Publikasi : 10.03.2017

PT Kereta Api Indonesia (Persero) menerima kunjungan kerja dari Asisten Deputi Hubungan Masyarakat Kementerian Sekretariat Negara Republik Indonesia Drs. Masrokhan, MPA, Jumat (10/3) di Kantor Pusat KAI, Bandung. Turut hadir juga 3 orang dari unit yang dibawahinya, yaitu Kepala Bidang Diseminasi Sri Prastiwi Utami, S.IP. M. M. S . Kepala Bidang Monitoring dan Analisis Media Sari Ratna Nilam. S.Sos. dan Kepala Bidang Pengelolaan Informasi Publik Faisal Fahmi S.H. M.H. Asisten Deputi Humas Kemensetneg dan jajarannya diterima langsung oleh VP Public Relations KAI Agus Komarudin. Selain VP PR, turut hadir juga para Manager di unit Humas. “Sebuah kehormatan juga bagi kami, dikunjungi oleh lembaga pemerintahan dalam hal ini adalah Asisten Deputi Humas Kemensetneg. Kami juga memohon arahan terkait dengan pola komunikasi tentunya di bawah pemerintahan,” kata Agus.

Didi Kempot Duta Baru Kereta Api

Tanggal Publikasi : 09.03.2017

Dalam rangka memperingati Hari Musik Nasional, Kamis (9/3) Direktur Utama PT. Kereta Api Indonesia (Persero) Edi Sukmoro dengan resmi menunjuk Musisi Didi Prasetyo atau yang lebih dikenal dengan Didi Kempot menjadi Duta kereta Api. Dalam sambutannya Edi Sukmoro mengatakan penunjukan Didi Kempot sebagai Duta Kereta Api sejalan dengan tujuan KAI untuk berperan serta melestarikan Budaya Nusantara.

KAI Kaji Penerbitan Obligasi

Tanggal Publikasi : 08.03.2017

Rabu (8/3), bertempat di Hotel Alila, Pecenongan, Jakarta Pusat diadakan acara Kick Off Meeting Penerbitan Obligasi PT Kereta Api Indonesia (Persero) Tahun 2017. Acara dihadiri oleh Jajaran Direksi KAI, Presiden Direktur BNI Securities Adiyasa Suhadibroto, tim penerbitan obligasi KAI, serta lembaga dan profesi penunjang pasar modal pendukung obligasi.

Pengembangan TOD di Wilayah Stasiun

Tanggal Publikasi : 02.03.2017

Kamis (2/3) dengan menggunakan Kereta Inspeksi Wijaya Kusuma Menteri Badan Milik Negara (BUMN) Rini Soemarno yang didampingi Direktur Utama PT Kereta Api Indonesia (Persero) Edi Sukmoro untuk melakukan pembahasan mengenai Transit Oriented Development (TOD) wilayah Jakarta-Bogor. Komitmen ini merupakan bagian dari upaya Kementerian BUMN untuk mendukung program pemerintah dalam mengembangkan pembangunan tata kota yang terintegrasi dengan sistem transportasi sehingga menciptakan suatu kota yang efisien. Rapat di dalam KA Inspeksi ini dilakukan oleh KAI bersama Wijaya Karya, Hutama Karya, Waskita Karya, Adhi Karya, Perum Perumnas, Jasa Marga, dan PP.

Usaha Kereta Barang Menjadi Primadona

Tanggal Publikasi : 28.02.2017

PT Kereta Api Indonesia (Persero) bekerja sama dengan Masyarakat Perkeretaapian Indonesia (MASKA), mengadakan Focus Group Discussion (FGD) dengan tema "Peningkatan Peran Kereta Api Dalam Angkutan Barang" di Stasiun Tanjung Priok, Jakarta Utara pada Selasa (28/2). Kegiatan ini berupa diskusi panel yang dipandu oleh Ir. Drs. Djoko Setijowarno, MT selaku moderator, dengan menghadirkan beberapa narasumber yakni  Direktur Komersial dan TI KAI M. Kuncoro Wibowo, Pakar Transportasi Achmad Kemal,  Ketua Umum DPP Asosiasi Logistik dan Forwarder Yuuki Nugrahawan H, Ketua Kompartemen Angkutan Darat Kyatmaja Lookman, Chairman Supply Chain Indonesia Setijadi, dan Kepala Seksi Peraturan PPN Rusdi Yanis. Selain itu, hadir pula Prof. Dr. Bahrullah Akbar, MBA, CMPM (Anggota VI BPK-RI) sebagai Keynote Speech yang mengawali dibukanya FGD ini.

Rail Clinic Layani Masyarakat Tasikmalaya

Tanggal Publikasi : 27.02.2017

Puluhan orang mengantre di depan Stasiun Indihiang, Kota Tasikmalaya, Senin (27/2). Mereka mengantre bukan hendak berpergian, akan tetapi ingin mendapatkan pelayanan kesehatan. Layanan kesehatan ini diberikan di Rail Clinic. Fasilitas ini disediakan PT Kereta Api Indonesia (Persero) yang memodifikasi dua gerbong kereta diesel menjadi klinik berjalan. Rail Clinic merupakan bentuk kepedulian KAI kepada masyarakat sebagai bentuk program BUMN Hadir Untuk Negeri.

KAI dan Pos Indonesia Peringati Hari Peduli Sampah Nasional

Tanggal Publikasi : 26.02.2017

Kebersihan lingkungan sangatlah penting termasuk kepedulian terhadap kebersihan lingkungan kerja. Dalam rangka hari peduli sampah serta untuk mendukung program pemerintah menuju Indonesia lebih baik, melalui BUMN Hadir untuk Negeri, PT Kereta Api Indonesia (Persero) dan PT Pos Indonesia (Persero) mengadakan kerja bakti di wilayah kerja KAI.

Reaktivasi Jalur KA ke Bukittinggi untuk Peningkatan Potensi Pariwisata

Tanggal Publikasi : 25.02.2017

Untuk mendukung industri pariwisata di Provinsi Sumatera Barat, Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Republik Indonesia, Rini M Soemarno mengagendakan kunjungan ke provinsi tersebut pada Sabtu (25/2). Ia membawa misi untuk mensinergikan BUMN yang ada di wilayah ini. Dari Bandara  Internasional Minangkabau (BIM) Menteri BUMN langsung menuju Bukittinggi,  kunjungan kerja ini diawali dengan meninjau lahan aset PT Kereta Api Indonesia, ex Stasiun Bukittinggi dan perkembangan realisasi program BUMN Hadir untuk Negeri di objek wisata Taman Panorama dan Lobang Jepang.

KAI Luncurkan Rail Clinic Kedua di Divre 4 Tanjungkarang

Tanggal Publikasi : 17.02.2017

Sebagai bentuk Bakti Sosial dan wujud kepedulian terhadap kesehatan masyarakat, KAI Divre 4 Tanjungkarang meluncurkan Kereta Sehat (Rail Clinic) generasi kedua di Stasiun Bekri Rabu (15/2) dan Stasiun Sukamenanti Kamis (16/2), Tanjungkarang, Lampung. Deputy EVP Divre 4 Asdo Atriviyanto, menyampaikan bahwa kehadiran Rail clinic ini sebagai tanggungjawab sosial KAI kepada masyarakat serta untuk membantu masyarakat yang kurang mampu di daerah yang jauh dari jangkauan pusat pelayanan kesehatan“Program rail clinic ini diutamakan bagi masyarakat kurang mampu di sekitaran rel. Dimana kita menyediakan pengobatan gratis,” ujar Asdo.

Mendikbud Belanda Kunjungi Lawang Sewu

Tanggal Publikasi : 16.02.2017

Deputy EVP Daop 4 Semarang Tamsil Nurhamedy dan Walikota Semarang Hendrar Prihadi menerima kunjungan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Belanda, Mrs. Jet Bussemaker pada hari ini Kamis (16/2), di Gedung Cagar Budaya Lawang Sewu Semarang. Kedatangannya itu dimaksudkan untuk meninjau perkembangan Kota Lama serta berniat menyerahkan sejumlah data terkait sejarah yang ada di Kota Semarang.

Menteri BUMN dan Menteri ESDM Nikmati Kereta Baru KAI

Tanggal Publikasi : 16.02.2017

Menteri BUMN Rini M Soemarno dan Menteri ESDM Ignasius Jonan disambut oleh Direktur Utama PT Kereta Api Indonesia (Persero) Edi Sukmoro di Stasiun Gambir, Kamis (16/2). Kedua Menteri tersebut akan melakukan perjalanan menaiki kereta api eksekutif Argo Muria dari Stasiun Gambir, Jakarta, menuju ke Stasiun Jatibarang, Cirebon.

Ajarkan Cinta Kereta Api Sejak Dini

Tanggal Publikasi : 16.02.2017

PT Kereta Api Indonesia (Persero) Daop 8 Surabaya menerima kunjungan edukasi dari sejumlah sekolah tingkat TK dan SD. Kunjungan tersebut bertujuan untuk memberikan pengetahuan tentang proses naik kereta api sejak dini terhadap anak-anak. Kegiatan yang melibatkan tim Humas dan Pemasaran Angkutan Daop 8 Surabaya yang memberikan  edukasi di area stasiun maupun didalam KA yang dimulai sejak Januari lalu.

KAI Goes To School Sebagai Bentuk Edukasi

Tanggal Publikasi : 07.02.2017

PT Kereta Api Indonesia (persero) Daop 7 Madiun melakukan kegiatan kunjungan ke beberapa sekolah tingkat SLTA dan SLTP  dengan tema KAI Goes to School. Kegiatan ini dilakukan dalam rangka memperkenalkan moda kereta api sekaligus promosi kepada siswa dan guru. Program KAI Goes to School ini melibatkan unit Pemasaran Angkutan penumpang, Pengamanan, Humas dan Kesehatan. Sekolah yang telah dikunjungi antara lain SMKN 3 Madiun Kamis (2/2), SMPN 3 Madiun Jumat (3/2), dan SMPN 14 Selasa (7/2).

Berantas Narkoba, KAI Lakukan MoU dengan BNN

Tanggal Publikasi : 02.02.2017

PT Kereta Api Indonesia (Persero) dan Badan Narkotika Nasional melakukan penandatanganan Memorandum of Understanding (MoU), Kamis (2/2) di ruang Dolok Martimbang kantor Divre 1 Sumatera Utara. Penandatanganan dilakukan oleh VP Divre 1 Sumatera Utara Mateta Rijalulhaq dan Kepala BNN Provinsi Sumatera Utara Brigjend Pol. Drs. Andi Loedianto.

KAI Terima Kunjungan PT Astra dan Inspektorat Jendral Kemenhub

Tanggal Publikasi : 02.02.2017

PT Kereta Api Indonesia (Persero) menerima kunjungan benchmarking dari PT Astra International, TBK Rabu (1/2) dan Inspektorat Jendral Kemenhub Kamis (2/2) di Kantor Pusat KAI, Bandung. Pada kunjungan PT Astra, rombongan yang hadir terdiri dari 6 orang dari tim Costumer Satisfaction Development Departement Auto2000 dan 6 orang perwakilan dari Itjen Kementerian Perhubungan yang dipimpin Inspektur II Itjen Kemenhub (bidang perkeretaapian dan angkutan darat) Ahmad. Kedua rombongan disambut oleh tim Internal Audit KAI.

KAI Perpanjang Kontrak Asuransi Jasa Raharja

Tanggal Publikasi : 23.01.2017

Senin, (23/1) bertempat di Gedung Jakarta Railway Center, Jakarta Pusat, Direktur Keuangan PT Kereta Api Indonesia (Persero) Didiek Hartantyo melakukan penandatanganan perjanjian kerjasama dengan Direktur Utama PT Jasa Raharja, Budi Setyarso dan Direktur Utama PT Jasa Raharja Putera, Suntoro. Didiek Hartantyo mengatakan, KAI telah menandatangani MOU tersebut karena Jasa Raharja memiliki kewajiban untuk menjamin asuransi bagi penumpang kereta. "Jasa Raharja ini kan diwajibkan dalam UU 33 Tahun 64. Artinya, setiap penumpang KAI di-cover asuransi wajib ini," ujarnya di Jakarta, kemarin. Apalagi, lanjut Didiek, kinerja Jasa Raharja selama ini dinilai tanggap dalam menangani kasus kecelakaan yang diasuransikan pihaknya.

Penandatanganan Kontrak KA Perintis TA 2017

Tanggal Publikasi : 20.01.2017

Direktorat Jenderal Perkeretaapian (Ditjenka) Kementerian Perhubungan dan PT Kereta Api Indonesia (Persero) menandatangani Kontrak Penyelenggaraan Angkutan KA Perintis Tahun Anggaran 2017 di Gedung Kementerian Perhubungan pada Senin (16/1). Penandatanganan kontrak Penyelenggaraan Angkutan KA Perintis dilakukan oleh Direktur Keuangan KAI Didiek Hartantyo dan Pejabat Pembuat Komitmen (PPK) KA Perintis Ditjenka Kemenhub, Aditya serta disaksikan Direktur Utama KAI Edi Sukmoro dan Direktur Jenderal Perkeretaapian, Prasetyo Boeditjahjono.

KAI menjadi Pembicara di Rakernas WOM Finance

Tanggal Publikasi : 20.01.2017

PT Kereta Api Indonesia (Persero) kembali mendapat kepercayaan dari perusahaan pembiayaan sepeda motor terkemuka di Indonesia PT Wahana Ottomitra Multiartha, Tbk (WOM Finance) untuk menjadi pembicara dalam Rapat Kerja Nasional PT WOM Finance yang diikuti oleh kurang lebih 300 peserta level Manajer keatas dari seluruh Unit, Cabang, maupun Kantor Pusat di Indonesia pada Senin (19/1). Hal tersebut menjadi kebanggaan tersendiri untuk KAI karena perusahaan selalu mendapatkan kepercayaan untuk dapat turut berbagi ilmu sebagai narasumber pada berbagai workshop yang diadakan oleh berbagai perusahaan ternama terkait transformasi dan inovasi yang telah dilakukan.

3 Menteri Tinjau Kesiapan Angkutan Barang KAI

Tanggal Publikasi : 17.01.2017

Direktur Utama PT Kereta Api Indonesia (Persero) Edi Sukmoro menghadiri kegiatan Sosialisasi Kereta Api  (KA) Angkutan Peti Kemas Jalur Tanjung Priok-Gedebage di kawasan JICT Tanjung Priok. Jumat (30/1) Dalam kesempatan ini, Edi Sukmoro bersama tiga Menteyaitu Menteri Perdagangan (Mendag) Enggartiasto Lukita, Menteri Perindustrian (Menperin) Airlangga Hartarto, dan Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi memaparkan tentang kesiapan dan dukungan  terhadap program angkutan barang khususnya peti kemas Gedebage-Tanjung Priok. Angkutan kereta peti kemas jalur Gedebage-JICT Tanjung Priok sebenarnya telah beroperasi sejak Juni 2016. Namun, jalur tersebut sebelumnya jalur peti kemas Gedebage hanya sampai di Stasiun Prasoso, Tanjung Priok

Marching Band Locomotive KAI Berhasil Menjadi Marching Band Terbaik di Indonesia

Tanggal Publikasi : 30.12.2016

Dipenghujung tahun 2016, Marching Band Locomotive PT Kereta Api Indonesia (Persero) memberikan kado istimewa setelah berhasil menjadi yang terbaik pada gelaran Grand Prix Marching Band (GPMB) XXXII 2016 yang diselenggarakan pada tgl 29-30 Desember 2016 di Stadion Wibawa Mukti Jababeka Cikarang Kab Bekasi.

Data ke : 1 s/d 50 dari 457 baris data 1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 Next »
Jadwal dan Pesan Tiket