Informasi Media 

Pusat Informasi dan Berita KA 

Pencarian:

HUT Ke-72 RI, Marching Band Locomotive PT KAI Diundang Tampil di Istana Negara

Tanggal Publikasi : 17.08.2017

Setelah pada bulan Desember 2016 lalu menjuarai Grand Prix Marching Band (GPMB) XXXII 2016, kejuaraan marching band bergengsi tingkat nasional yang digelar di Stadion Wibawa Mukti Jababeka Cikarang Kab Bekasi, prestasi membanggakan kini kembali ditorehkan oleh Marching Band Locomotive binaan Unit Corporate Social Responsibility PT Kereta Api Indonesia (Persero).

17 Agustus 2017, PT KAI Gratiskan Tiket Kereta Api Lokal dan Komuter

Tanggal Publikasi : 15.08.2017

Untuk memperingati HUT Kemerdekaan Republik Indonesia yang ke 72 dan meningkatkan kecintaan masyarakat akan moda transportasi massal kereta api yang bebas macet dan rendah polusi, PT KAI akan menggratiskan tiket perjalanan KA lokal di Jawa dan Sumatera dan KRL semua rute khusus untuk penjualan dan keberangkatan hari Kamis, 17 Agustus 2017. Total terdapat 33 nama KA lokal (199 perjalanan) dan 918 perjalanan KRL yang tiket perjalanannya akan digratiskan bertepatan dengan hari peringatan kemerdekaan RI ini dengan kapasitas penumpang yang diangkut mencapai 1.216.349 orang yang terdiri dari 150.827 penumpang untuk KA lokal dan 1.065.522 penumpang untuk KRL. Bagi masyarakat yang ingin menggunakan moda transportasi KA lokal tersebut, bisa mendapatkan tiket gratis secara go show di loket penjualan langsung di stasiun keberangkatan pada Kamis, 17 Agustus 2017 di stasiun dengan tarif Rp 0,-.

PT KAI Daop 1 Jakarta Optimalkan Perjalanan Kereta ApiTujuan Bandung

Tanggal Publikasi : 09.08.2017

Kota Bandung menjadi salah satu destinasi kota yang paling sering dikunjungi warga Jakarta. Pasalnya, Ibukota dari Propinsi Jawa Barat ini mampu menjawab kebutuhan liburan, pendidikan, maupun sebagai sarana bisnis warga Jakarta. Memiliki jarak tempuh hanya 150 KM dari Jakarta, membuat Kota Bandung sangat mudah dan cepat dikunjungi, terutama pada saat akhir pekan dan musim liburan.

Beli Tiket Kereta Api di JFC, Dapat Discount Hingga 20%

Tanggal Publikasi : 09.08.2017

Untuk menyemarakkan pelaksanaan eventJember Fashion Carnival (JFC) yang berlangsung pada tanggal 10 sampai 13 Agustus 2017 dan juga sebagai bentuk apresiasi PT Kereta Api Indonesia kepada pelanggan atau pengguna jasa kereta api yang telah menggunakan kereta api menjadi transportasi favoritnya. PT KAI memberikan discount sampai dengan 20% kepada pengunjung event JFC yang memesan atau membeli tiket KA di Booth PT KAI selama pelaksanaan JFC berlangsung.

Kereta ke Jakarta Semakin Banyak

Tanggal Publikasi : 06.08.2017

Semakin baiknya pelayanan kereta api dan demi efisiensi waktu, banyak masyarakat yang kembali menggunakan kereta api dari Bandung menuju Jakarta atau sebaliknya. Hal ini menyebabkan tingginya tingkat keterisian kereta Argo Parahyangan rute Bandung - Jakarta PP. Menurut Manager Humas PT Kereta Api Indonesia (Persero) Daerah Operasi (Daop) 2 Bandung, Joni Martinus, tingkat keterisian (okupansi) KA Argo Parahyangan rata-rata perharinya di atas 70% - 80% bahkan akan habis di akhir pekan. Untuk itu, pihaknya akan menambah 3 perjalanan dari Bandung dan 2 perjalanan dari Jakarta.

Penertiban Bangunan Di Sekitar Stasiun Rangkasbitung

Tanggal Publikasi : 03.08.2017

Hari ini, Kamis, 3 Agustus 2017, pihak PT KAI Daop 1 Jak dibantu oleh unsur kewilayahan dengan jumlah total petugas yang dilibatkan sebanyak 200 personil, melaksanakan penertiban terhadap 105 bangunan dengan luas lahan mencapai 9.449 m2 di sekitar Stasiun RangkasBitung.

Bakti Sosial Railclinic Pada Masyarakat Kecamatan Talun, Blitar

Tanggal Publikasi : 27.07.2017

Sebagai bentuk tanggungjawab sosial kepada masyarakat di lingkungan sekitar jalur KA, PT. Kereta Api Indonesia (Persero) Daerah Operasi 7 Madiun kembali melaksanakan program Corporate Social Responsibility (CSR) dalam bentuk kegiatan Bakti Sosial pelayanan kesehatan gratis dengan kereta kesehatan Rail Clinic untuk masyarakat di sekitar Stasiun Talun.

Penertiban Bangunan Guna Pengembangan Stasiun Manggarai

Tanggal Publikasi : 27.07.2017

Stasiun Manggarai, oleh Kementerian Perhubungan, diproyeksikan sebagai stasiun utama di wilayah Jakarta pada tahun 2019. Guna mendukung hal tersebut, pembangunan di stasiun Manggarai terus dilakukan. Salah satunya yakni penambahan jalur/rel kereta api (KA) di stasiun tersebut. Oleh karena itulah, PT KAI Daop 1 Jakarta pada Kamis (27/7) melakukan penertiban bangunan liar berupa bengkel/tempat penitipan mobil yang berada di atas tanah yang nantinya akan digunakan untuk penambahan jalur KA tersebut.

Inovasi Baru Program Promo Penjualan Tiket di PT KAI (Persero) Harga Kaget Liburan dengan Berkereta Api

Tanggal Publikasi : 26.07.2017

Travelling atau liburan saat ini telah menjadi agenda rutin oleh banyak keluarga di Indonesia. Sejalan dengan hal tersebut, serta sebagai bagian dari upaya untuk memberikan alternatif program yang dapat dinikmati lebih banyak dari masyarakat di Indonesia yang senang maupun yang ingin mencoba melakukan perjalanan dengan kereta api, maka PT Kereta Api Indonesia (Persero) melakukan inovasi dalam program angkutan komersial penumpangnya dengan melakukan program penjualan tiket harga khusus beragam waktu dan kereta relasi tertentu.

Waspada PenipuanBerkedok Rekrutmen PT KAI

Tanggal Publikasi : 21.07.2017

Untuk memenuhi kebutuhan SDM, tahun ini PT KAI (Persero) akan kembali membuka pendaftaran pegawai untuk lulusan SMA/sederajat. Rekrutmen pegawai ini akan secara resmi dibuka pada 24 Juli 2017 mendatang, namun masyarakat yang tertarik untuk mendaftar menjadi pegawai dapat melakukan registrasi terlabih dahulu pada website rekrutmen PT KAI yang baru yakni recruitment.kai.id mulai 20 Juli 2017. Pada website rekrutmen terbaru ini, para pelamar kerja dapat melakukan registrasi kapan saja tanpa perlu menunggu pembukaan rekrutmen. Para pelamar kerja yang sudah melakukan registrasi harus melengkapi data pribadi dan pendidikannya agar dapat langsung mendaftar sesuai posisi yang diinginkan jika sewaktu-waktu dibuka rekrutmen pegawai.

Kesepakatan Bersama antara PT KAI Daop 9 Jember dengan Kejari Jember

Tanggal Publikasi : 20.07.2017

Sebagai BUMN, PT KAI Daop 9 Jember dalam melaksanakan kegiatan usahanya tentunya mengalami berbagai masalah hukum di bidang Perdata dan Tata Usaha Negara yang memerlukan penanganan baik di luar Pengadilan (Non Litigasi) maupun di dalam Pengadilan (Litigasi). Terkait dengan hal tersebut, PT KAI Daop 9 Jember mengadakan kerja sama dalam bentuk Kesepakatan Bersama dengan Kejaksaan Negeri (Kajari) Jember tentang Penanganan Masalah Hukum Bidang Perdata dan Tata Usaha Negara.

Pengumuman Rekrut Eksternal PT KAI Tingkat SLTA/Sederajat Tahun 2017

Tanggal Publikasi : 20.07.2017

PT Kereta Api Indonesia sebagai perusahaan yang bergerak dibidang jasa transportasi di Indonesia, yang mengutamakan profesionalisme dan kinerja, kembali memberikan kesempatan kepada putra terbaik Indonesia untuk berkarir di perusahaan ini.

5,8 Juta Orang Naik Kereta Api Selama Masa Angkutan Lebaran 2017

Tanggal Publikasi : 14.07.2017

Masa angkutan Lebaran 2017 telah resmi usai pada 6 Juli 2017 kemarin. Tahun ini, pelaksanaan angkutan Lebaran untuk moda transportasi kereta api sukses mengalami peningkatan dari tahun sebelumnya. Tahun ini pelaksanaan angkutan Lebaran dengan kereta api kembali sukses digelar dengan zero accident.

Daop 5 Apresiasi Para Pecinta KA Saat Angkutan Lebaran

Tanggal Publikasi : 11.07.2017

Senin (10/7) merupakan hari terakhir masa posko angkutan lebaran 1438 H di daop 5 purwokerto. Tercatat 700 ribu lebih penumpang naik berhasil diangkut dari Daop 5 pada pelayanan angkutan lebaran tahun ini. Kegiatan posko yang telah dilaksanakan hampir sebulan penuh tersebut, berhasil memperoleh catatan manis berupa nihil kecelakaan atau Zero Accident dengan volume penumpang naik sebesar 15 persen dari tahun lalu.

PT KAI, PT LEN, dan Siemens Tandatangani Perjanjian Kerjasama Kembangkan Fasilitas Operasi Kereta Api

Tanggal Publikasi : 10.07.2017

Sabtu, 8 Juli 2017, Direktur Utama PT KAI, Edi Sukmoro, Direktur PT LEN Industri, Zakky Gamal Yasin, Board Member SIEMENS AG, Cedrik Neike, dan CEO Divisi Mobility Dr. Jochen Eickholt telah melaksanakan penandatanganan kerangka kerjasama (Framework Cooperation Agreement) dalam bidang pengembangan fasilitas pengoperasian perkeretaapian di Indonesia. Penandatanganan tersebut dilakukan di di Hotel Steinberger Hamburg, Jerman dan disaksikan oleh Kepala Badan Koordinasi Penanaman Modal, Thomas T Lembong, Duta Besar RI untuk Federasi Jerman, Fauzi Bowo, dan beberapa pejabat terkait lainnya

Selama angkutan lebaran 2017 penumpang di Daop 5 naik 15% dibanding tahun 2016

Tanggal Publikasi : 10.07.2017

Banyumas (10/07), Ixfan Hendriwintoko Manager Humas PT. KAI (Persero) Daop 5 Purwokerto menyampaikan bahwa selama masa angkutan lebaran (H1-10 sd H2+10) atau selama 22 hari berlangsung, telah mengangkut sebanyak 318.380 penumpang yang berangkat dari stasiun wilayah Daop 5 Menuju ke Daop lain, sedangkan untuk kedatangan dari Daop lain menuju Daop 5 Purwokerto sebanyak 384.198 penumpang, atau total berjumlah 702.578 penumpang, jika dibandingkan dengan data tahun 2016 pada masa angkutan lebaran yang sama hanya berjumlah 609.400 penumpang, artinya ada kenaikan sekitar 15%.

6 Perlintasan Tidak Resmi Wilayah Daop 5 Ditutup

Tanggal Publikasi : 09.07.2017

Demi menjamin keamanan dan keselamatan perjalanan KA dari temperan pengguna jalan raya diperlintasan sebidang tanpa petugas penjaga perlintasan (PjL), hari ini minggu (9/7) tim regu jalan rel dan jembatan wilayah quality control 5B PT. Kereta api Daop 5 Purwokerto yg meliputi wilayah Kroya sampai dengan Langen, melakukan eksekusi penutupan JPL (Jalan Perlintasan) tanpa palang pintu atau liar di KM 415+3/4 antara stasiun sumpiuh - stasiun tambak, kegiatan penutupan tersebut merupakan yang ke enam kalinya setelah sebelumnya yang telah dilakukan penutupan yaitu:

Selama Angkutan Lebaran Daop 5 Mengangkut 5.945 Motor Gratis

Tanggal Publikasi : 07.07.2017

Purwokerto, (7/7) program angkutan Motor Gratis (MOTIS) yang sedianya diadakan rutin tiap tahun menjelang masa lebaran maupun setelah lebaran saat ini telah selesai dilksanakan yang berakhir pada tanggal 06 Juli 2017, seperti informasi kami sebelumnya terkait pelayanan MOTIS yang diprakarsai oleh pemerintah dalam hal ini Kementrian Perhubungan bekerja sama dengan PT.Kereta Api Indonesia (Persero), yang telah disepakati dan ditentukan pelaksanaanya selama 13 hari dan terbagi dalam dua tahap yaitu pertama pada arus mudik mulai tanggal 18 Juni 2017 sd 23 Juni 2017, yang kedua pada arus balik mulai tanggal 29 Juni 2017 sd 05 Juli 2017, tidak seperti tahun kemarin 2016, kali ini frekuensi pelayanan angkutan MOTIS ada tiga perjalanan, jika dibandingkan dengan tahun 2016 yang Cuma dua perjalanan, yaitu ada MOTIS rute lintas selatan satu dengan relasi Jakarta Gudang-Kutoarjo, MOTIS rute lintas selatan dua dengan relasi Jakarta Gudang-Blitar, dan rute MOTIS lintas utara dengan relasi Jakarta Gudang- Suarabaya Pasarturi.

KENAIKAN TARIF KA EKONOMI BERSUBSIDI DIBATALKAN

Tanggal Publikasi : 05.07.2017

Untuk meningkatkan pelayanan dan memenuhi kebutuhan masyarakat akan moda transportasi massal yang ekonomis, PT KAI membatalkan kebijakan penyesuaian tarif KA ekonomi bersubsidi yang sedianya diberlakukan mulai keberangkatan 7 Juli 2017. Dengan demikian, maka per tanggal 6 Juli 2017, tarif KA-KA bersubsidi kembali ke tarif lama sesuai PM 35 Tahun 2016 tentang Tarif Angkutan Orang dengan Kereta Api Pelayanan Kelas Ekonomi untuk Melaksanakan Kewajiban Pelayanan Publik (PSO).

Tingkatkan Pelayanan, KA Ambarawa Ekspres Alami Perubahan Jadwal

Tanggal Publikasi : 05.07.2017

Melihat tingginya permintaan dari penumpang yang akan pergi ke Surabaya dari kota Semarang dengan menggunakan kereta api, PT Kereta Api Indonesia (Persero) Daop 4 Semarang kembali meningkatkan pelayanan untuk memenuhi permintaan masyarakat tersebut dengan merubah jadwal keberangkatan KA Ambarawa Ekspres relasi Semarang Poncol - Surabaya Pasarturi PP. Perubahan jadwal ini secara resmi akan mulai diberlakukan pada KA Ambarawa Ekspres dari Semarang Poncol menuju Surabaya Pasarturi pada keberangkatan dari Semarang Poncol hari Kamis (6/7).

Berikan Pelayanan Lebih Bagus, KA Blora Jaya Gunakan Rangkaian Ekonomi New Image

Tanggal Publikasi : 05.07.2017

Untuk lebih meningkatkan minat masyarakat dalam menggunakan moda transportasi kereta api dan sebagai bentuk apresiasi kepada pelanggan yang telah menggunakan jasa angkutan kereta api untuk bepergian, PT Kereta Api Indonesia (Persero) Daop 4 Semarang kembali meningkatkan pelayanan dengan mengganti rangkaian kereta lama dengan rangkaian kereta "Ekonomi New Image".

Per 17 Juli 2017, KA Krakatau (Merak-Blitar PP) Berganti Menjadi KA Singasari (Pasarsenen-Blitar PP)

Tanggal Publikasi : 01.07.2017

Mulai 17 Juli 2017, PT Kereta Api Indonesia (Persero) menetapkan kebijakan perubahan nama dan rute KA Krakatau relasi Merak-Blitar pulang pergi (PP) menjadi KA Singasari relasi Pasarsenen-Blitar PP. Kebijakan ini dilakukan untuk mengefisienkan rute dan okupansi penumpang KA di jalur tersebut.

7 Juli 2017, KA Ekonomi Bersubsidi Mengalami Penyesuaian Tarif

Tanggal Publikasi : 21.06.2017

Bagi masyarakat pengguna jasa KA ekonomi jarak jauh dan sedang bersubsidi, mulai keberangkatan tanggal 7 Juli 2017, tarif beberapa KA ekonomi jarak jauh dan sedang bersubsidi mengalami penyesuaian. Hal ini sesuai dengan Peraturan Menteri Perhubungan RI No. PM 42 tahun 2017 tentang Perubahan Kedua atas Peraturan Menteri Perhubungan PM 35 Tahun 2016 tentang Tarif Angkutan Orang dengan Kereta Api Pelayanan Kelas Ekonomi untuk Melaksanakan Kewajiban Pelayanan Publik (PSO). Penyesuaian tarif ini diberlakukan untuk meningkatkan pelayanan kepada masyarakat pengguna jasa KA ekonomi bersubsidi. Total terdapat 20 rute perjalanan KA yang mengalami penyesuaian tarif. Dua KA diantaranya mengalami perpanjangan rute yakni KA Brantas dan Kahuripan dengan rute sebelumnya Kediri-Pasarsenen dan Kediri-Kiaracondong menjadi Blitar-Pasarsenen dan Blitar-Kiaracondong.

Safari Ramadhan PT KAI di Kalibaru Banyuwangi

Tanggal Publikasi : 20.06.2017

PT. Kereta ApiIndonesia (PT KAI) (Persero) dalam rangka mengisi Bulan Suci Ramadhan 1438 H menyelenggarakan program “SAFARI RAMADHANPT KAI”secara berkesinambungan sejak tahun 2015 dan diberbagai tempat. Sebagai wujud nyata kepedulian PT KAI dan berbagi dengan masyarakat kurang mampu agar dapatmemperoleh bahan kebutuhan pokok dengan harga terjangkau khususnya menjelang Hari Raya Idul Fitri Tahun 2017.

Arena Ramah Anak di Stasiun Pasar Senen

Tanggal Publikasi : 17.06.2017

Hari ini, Sabtu, 17 Juni 2017, merupakan hari H-7 dalam masa angkutan lebaran 2017, dimana pada saat ini sudah memasuki kondisi kepadatan penumpang, mengingat liburan bagi para pelajar sudah tiba.

Operasi Angkutan Lebaran PT KAI Daop 6 Yogyakarta

Tanggal Publikasi : 15.06.2017

Kereta api saat ini menjadi moda transportasi pilihan utama masyarakat yang akan bepergian jauh. Dalam menghadapi musim mudik Lebaran 1438 Hijriah yang jatuh pada 25-26 Juni 2017, PT Kereta Api Indonesia (Persero) Daerah Operasi (Daop) 6 Yogyakarta telah melakukan berbagai persiapan untuk melayani pemudik yang akan menggunakan kereta api. Upacara Gelar Pasukan PT KAI serentak dilakukan di seluruh Daop dan Divre pada Kamis, 15 Juni 2017 bertepatan dengan hari pertama dimulai Posko Angkutan Lebaran PT KAI. Di Daop 6 Yk upacara dipimpin langsung oleh EVP Daop 6 Yk, Hendy Helmy. Pada upacara ini dilakukan pengecekan setiap pegawai maupun petugas eksternal yang bertugas selama masa Angkutan Lebaran.

KAI Siagakan Personel Ekstra Untuk Angkutan Lebaran 2017

Tanggal Publikasi : 15.06.2017

Menghadapi angkutan Lebaran 2017, PT KAI (Persero) bersiap siaga demi kelancaran hajatan besar tahunan tersebut. PT KAI menetapkan angkutan Lebaran tahun 2017 selama 27 hari, yakni dari 15 Juni (H-10) sampai 11 Juli (H+15) dengan total 6.152.586 seat yang tersedia. Dalam periode tersebut, PT KAI memberikan perhatian yang ekstra di segala aspek operasional KA.

14 Juni 2017, PT KAI Akan Jual Tiket KA Tambahan Ekstra dengan Rangkaian Kereta Premium

Tanggal Publikasi : 13.06.2017

Guna meningkatkan pelayanan dalam masa angkutan Lebaran 2017, PT Kereta Api Indonesia (Persero) merilis beberapa kereta api tambahan ekstra dengan rangkaian kereta premium untuk berbagai relasi. Rangkaian KA-KA yang akan dioperasikan sebagai KA tambahan ekstra ini merupakan hasil produksi PT Inka yang baru saja diselesaikan dan diserahterimakan ke PT KAI.

PT KAI Berikan Rewards Kepada Penemu Tas Ratusan Juta

Tanggal Publikasi : 08.06.2017

Pimpinan PT KAI (persero) memuji tindakan Supriyanto (Porter), Andre Arifin (security) dan Imam Turino (security) di Stasiun Kroya yang mengembalikan tas berisi uang ratusan juta milik salah satu penumpang KA 5 (Argowilis) tujuan Bandung pada Kamis (18/05). Sebagai bentuk apresiasi, diwakili oleh Deputy Vice Presiden Daop 5, Wisnu Pramudyo memberikan uang penghargaan dan piagam kepada Supriyanto dan 2 orang security stasiun Kroya tersebut.

PT KAI Daop 1 Jakarta Ikuti Event Jakarta Fair 2017

Tanggal Publikasi : 07.06.2017

Momen libur Lebaran banyak dimanfaatkan oleh masyarakat untuk berkumpul bersama keluarga dan sanak saudara. Kereta api, sebagai salah satu moda transportasi menjadi favorit masyarakat untuk bepergian. Apalagi dengan kemudahan pembelian tiket, sehingga masyarakat tidak perlu repot repot lagi ke stasiun untuk membeli atau memesan tiket.

Sistem Persinyalan Cakung s/d Cikarang Akan Mengalami Perubahan

Tanggal Publikasi : 04.06.2017

Dalam rangka menyambut masa angkutan Lebaran 2017, pihak PT KAI Daop 1 Jakarta terus berbenah dalam mempersiapkan moment nasional tersebut, salah satunya adalah dengan melakukan perubahaan sistem persinyalan sebagai sistem yang berfungsi mengatur lalu lintas perjalanan kereta api.

Pengecekan Personil Jelang Angkutan Lebaran

Tanggal Publikasi : 31.05.2017

Menjelang masa angkutan lebaran 2017, untuk menjamin keselamatan perjalanan kereta api, PT KAI (Persero) Daop 7 Madiun gencar melakukan pengecekan personil yang berdinas operasional di Stasiun maupun di perlintasan KA. Pemeriksaan persoil dilakukan internal dari Daop 7 Madiun, oleh Tim Kesehatan dan SDM. Pemeriksaan ini dilakukan secara mendadak dan acak, kegiatan cek / tes alkohol dimulai dari Stasiun Madiun sampai Stasiun Wilangan. Atau di 5 Stasiun dan 8 penjaga perlintasan KA serta polsuska.

Mudik dan Balik Naik KA Gratis Tahun 2017

Tanggal Publikasi : 28.05.2017

Guna membantu masyarakat dalam merayakan Idhul Fitri tahun 2017 (1438 H), Pemerintah Provinsi Jawa Timur (PemProv Jatim) bekerja sama dengan PT Kereta Api Indonesia (PT KAI) mengadakan mudik dan balik gratis dengan kereta api (KA), Khusus di wilayah Daop 9 Jember, Angkutan KA gratis tersebut berlangsung pada tanggal 27 -29 Juni untuk arus balik. Angkutan KA gratis tersebut terdiri dari KA Probowangi relasi Banyuwangi - Surabaya Gubeng untuk perjalanan antara tanggal tanggal 27 - 29 Juni dan KA Tawangalun relasi Banyuwangi - Malang untuk perjalanan antara tanggl 27 - 29 Juni 2017.

Rencana operasi angkutan lebaran 2017 PT KAI Daop 9 Jember

Tanggal Publikasi : 26.05.2017

Tahun 2017 ini hari raya Idul Fitri 1438 H jatuh pada hari Selasa - Rabu, 25 - 26 Juni 2017. Seperti tahun-tahun sebelumnya, untuk menyambut momen mudik dalam rangka Lebaran 2017 ini PT KAI mengerahkan seluruh sarana untuk memenuhi permintaan masyarakat akan moda transportasi angkutan Lebaran, menyiapkan prasarana untuk mendukung operasional perjalanan kereta api, dan menyiagakan seluruh SDM PT KAI untuk melayani masyarakat yang akan melakukan perjalanan mudik/balik dengan kereta api dengan menitikberatkan pada faktor keselamatan, keamanan dan kelancaran Perjalanan KA (PERKA).

Peningkatan Layanan Tiketing Online PT KAI

Tanggal Publikasi : 12.05.2017

PT. Kereta Api Indonesia (KAI), sebagai perusahaan yang bergerak dalam bidang jasa transportasi senantiasa melakukan inovasi mengikuti perkembangan teknologi demi kepuasan pelanggannya. Salah satu inovasi yang dikembangkan yakni pemesanan tiket melalui channel resmi PT KAI selain di loket stasiun. Ada dua channel resmi dari PT KAI berbasis internet yang dapat digunakan oleh penumpang/pelanggan untuk melakukan pemesanan tiket KA; yakni melalui website (tiket.kai.id) dan mobile application (KAI Access). Adanya dua channel tersebut sejalan dengan penerapan sistem ticketing online di tubuh PT KAI, di mana pemesanan tiket dapat dilakukan 90 hari sebelum keberangkatan (H-90) sehingga memudahkan penumpang merencanakan kepergiannya.

Rail Clinic untuk Warga Bangil

Tanggal Publikasi : 04.05.2017

Sebagai bukti nyata BUMN Hadir Untuk Negeri, PT KAI mengadakan Bakti Sosial yang mengena langsung pada masyarakat berupa pengobatan gratis pada masyarakat yang tinggal di sekitar Stasiun Bangil, Kamis (4/5). Uniknya, pengobatan gratis ini dilakukan di atas kereta api yang sudah dimodikasi menjadi kereta yang memiliki berbagai fasilitas pemeriksaan kesehatan. Kereta api ini lebih dikenal dengan nama Rail Clinic.

PT KAI Daop 4 Semarang Berikan Diskon Semua Kelas KA

Tanggal Publikasi : 02.05.2017

Sebagai bentuk apresiasi PT Kereta Api Indonesia (Persero) Daop 4 Semarang kepada pelanggan atau pengguna jasa kereta api yang telah menggunakan kereta api menjadi transportasi favoritnya, PT KAI (Persero) Daop 4 Semarang kembali memberikan diskon kepada pelanggan yang menggunakan kereta api. Diskon yang diberikan PT KAI (Persero) Daop 4 Semarang merupakan bagian dari event “HItz Market Semarang” yang berlangsung dari tanggal 2 Mei 2017 s.d. 7 Mei 2017.

Antisipasi Aksi Mayday, PT KAI Rekayasa Pola Operasi Pemberangkatan 20 KA

Tanggal Publikasi : 01.05.2017

Mengantisipasi kemungkinan terhambatnya perjalanan penumpang KA akibat kemacetan di sekitar stasiun Gambir dikarenakan adanya aksi memperingati Hari Buruh Internasional (Mayday) yang difokuskan di sekitar kawasan Monas, maka PT KAI Daop 1 Jakarta pada hari Senin (1/5) akan melakukan rekayasa pola operasi KA.

40 Tahun Mengabdi Lokomotif CC201

Tanggal Publikasi : 01.05.2017

Di tahun 2017, Lokomotif CC 201 genap berusia 40 tahun beroperasi menarik kereta penumpang dan gerbong barang di Indonesia. Lokomotif CC 201 adalah lokomotif diesel elektrik (DE) milik PT Kereta Api Indonesia (Persero) yang diproduksi oleh General Electric (GE) dengan jenis model U18C. Lokomotif CC 201 mempunyai konstruksi yang ramping dengan berat 84 ton dan daya mesin 1950 hp. Lokomotif ini bergandar Co'Co'. Artinya lokomotif memiliki 2 bogie masing-masing 3 gandar dengan total 6 motor traksi, sehingga lokomotif ini dapat dioperasikan pada lintas datar maupun pegunungan. Lokomotif ini mampu berlari sampai kecepatan 120 km/jam.

Peresmian Pojok UKM Di Stasiun Gambir

Tanggal Publikasi : 29.04.2017

Sesuai dengan komitmen PT Kereta Api Indonesia (Persero) untuk memajukan pengusahapengusaha kecil dan menengah, pada hari ini, Sabtu 29 April 2018, dilakukan pembukaan Gerai Pojok UKM (Usaha Kecil dan Menengah) di Stasiun Gambir oleh EVP Daop 1 Jakarta, John Robertho.

Grand Opening ‘Anggrek’ Executive Lounge Stasiun Yogyakarta

Tanggal Publikasi : 22.04.2017

Sebagai perusahaan transportasi dengan daya saing yang cukup tinggi, PT Kereta Api Indonesia (Persero) terus melakukan inovasi, terutama dalam memberikan kenyamanan bagi para pelanggannya. Kenyamanan yang dibutuhkan oleh para pengguna setia jasa kereta api tidak hanya ketika dalam perjalanan di atas kereta api, penumpang juga membutuhkan kenyamanan ketika berada di stasiun maupun setelah turun dari kereta. Dan seiring dengan perkembangan zaman, perusahaan terus melakukan inovasi tiada henti untuk membuat pelanggan semakin nyaman berada di stasiun. Berangkat dari hal tersebut, PT Kereta Api Indonesia (Persero) menambah fasilitas layanan bagi pengguna jasa kereta api berupa ‘Anggrek’ Executive Lounge yang saat ini diresmikan. Peresmian dilakukan oleh Direktur Utama PT Kereta Api Indonesia (Persero) Edi Sukmoro, Sabtu, 22 April 2017. “Pelayanan itu tidak ada batasnya, seiring dengan tuntutan masyarakat yang semakin tinggi tentunya menginginkan pelayanan yang semakin baik, sehingga kami berusaha semaksimal mungkin memberikan yang terbaik dan kami tak akan lelah terus berbenah demi peningkatan pelayanan,” ucap Edi Sukmoro, Direktur Utama PT Kereta Api Indonesia (Persero).

Libur Isra Mir’aj, PT KAI Daop 1 Jakarta Operasikan 14 KA Tambahan

Tanggal Publikasi : 20.04.2017

Mengantisipasi meningkatnya jumlah penumpang yang menggunakan moda transportasi KA jelang libur panjang (long weekend) yang berbarengan dengan libur Isra Mir’aj yang jatuh pada Senin (24/4), PT KAI Daop 1 Jakarta akan mengoperasikan 14 KA tambahan. KA-KA tambahan tersebut terdiri dari 10 KA kelas eksekutif yang berangkat dari stasiun Gambir, dan 4 KA kelas ekonomi yang berangkat dari Stasiun Pasarsenen. KA-KA tersebut akan dioperasikan mulai 20 - 24 April 2017. Keempatbelas KA tersebut dioperasikan dengan kota tujuan antara lain; Semarang 1 KA, Surabaya 1 KA, Cirebon 3 KA, Bandung 4 KA, dan Solo 5 KA.

253.792 lembar tiket KA Tambahan lebaran dijual serentak dalam 1 Hari.

Tanggal Publikasi : 12.04.2017

Masyarakat yang hendak mudik ke kampung halaman pada Lebaran 2017 pasti sudah merencanakan moda Transportasi apa yang akan digunakan mulai dari sekarang. Bagi masyarakat yang akan menggunakan moda transportasi Kereta Api, namun belum mendapatkan tiket pada penjualan KA reguler beberapa minggu lalu, kini dapat kembali bersiap-siap untuk melakukan pemesanan tiket KA tambahan Lebaran.

Tiket Kereta Api Tambahan Lebaran Mulai Dijual 16 April 2017

Tanggal Publikasi : 12.04.2017

Masyarakat yang hendak mudik ke kampung halaman pada Lebaran 2017 pasti sudah merencanakan moda transportasi apa yang akan digunakan mulai dari sekarang. Bagi mereka yang akan menggunakan moda transportasi kereta api, namun belum mendapatkan tiket pada penjualan KA reguler beberapa minggu lalu, kini dapat kembali bersiap-siap untuk melakukan pemesanan tiket KA tambahan Lebaran. Penjualan KA tambahan Lebaran ini akan dimulai pada Minggu, 16 April 2017 mulai pukul 00.01 WIB.

Daop 5 Berniat Tambah Rangkaian Menjelang Libur Panjang

Tanggal Publikasi : 11.04.2017

Menghadapi libur panjang yang jatuh pada tanggal 14-16 april 2017, PT KAI Daop 5 Purwokerto telah melakukan berbagai persiapan untuk memanjakan penumpangnya. Salah satunya adalah memaksimalkan penjualan tiket kereta pemberangkatan dari Daop 5 Purwokerto dengan melakukan penambahan rangkaian. "Untuk mengatasi lonjakan penumpang akibat , PT KAI Daop 5 rencanakan penambahan rangkaian KA. KA kutojaya ekonomi relasi kutoarjo-pasar senen dan purwojaya relasi cilacap-gambir pada tanggal 16 & 17 april mendapat tambahan 1 rangkaian," kata Manajer Humas Daop 5 Purwokerto, Ixfan Hendriwintoko.

PT KAI Berikan Diskon Selama Event Semarang Great Sale 2017

Tanggal Publikasi : 10.04.2017

Untuk mensukseskan pelaksanaan event “Semarang Great Sale 2017” yang berlangsung tanggal 7 April 2017 s.d. 7 Mei 2017 dan sebagai bentuk apresiasi PT Kereta Api Indonesia (Persero) kepada pelanggan atau pengguna jasa kereta api yang telah menggunakan kereta api menjadi transportasi favoritnya, PT KAI (Persero) memberikan diskon kepada pelanggan yang menggunakan kereta api dengan tujuan Stasiun Semarang Tawang dan Semarang Poncol. Pengguna jasa kereta api bisa mendapatkan diskon sebesar 10% untuk setiap pembelian tiket kereta api komersial jarak jauh dan menengah yakni KA Argo Muria jurusan Gambir - Semarang Tawang, KA Argo Sindoro jurusan Gambir - Semarang Tawang, KA Harina jurusan Bandung - Semarang Tawang - Surabaya Pasar Turi, KA Kamandaka jurusan Purwokerto - Semarang Tawang, KA Ambarawa Ekspres jurusan Surabaya Pasar Turi - Semarang Poncol, dan KA Ciremai jurusan Bandung - Semarang Tawang.

Presiden Joko Widodo Lakukan Groundbreaking Proyek Pembangunan KA Bandara Adi Soemarmo Solo

Tanggal Publikasi : 08.04.2017

Perhatian pemerintah terhadap moda perkeretaapian semakin tinggi. Hal ini dibuktikan dengan beragam proyek konektivitas antarmoda yang berbasis kereta api (KA), tak terkecuali di area bandara. Sabtu (8/4), Presiden Joko Widodo secara langsung meletakkan batu pertama (groundbreaking) proyek pengembangan kereta Bandara Adi Soemarmo, Kabupaten Boyolali. Proyek Kereta Bandara Adi Soemarmo merupakan proyek kereta api bandara ketiga di Indonesia setelah KA Bandara Kualanamu - Sumatera Utara dan KA Bandara Soekarno-Hatta - Tangerang, Banten.

Check-In Tiket Kereta Api Kini Bisa 7 Hari Sebelum Keberangkatan

Tanggal Publikasi : 05.04.2017

Mulai 3 April 2017, PT KAI memberlakukan aturan baru dimana penumpang yang sudah mempunyai kode booking pemesanan tiket KA dapat melakukan proses check in di stasiun keberangkatan mulai 7 hari (7 x 24 jam) sebelum waktu keberangkatan KA dari sebelumnya dimulai dari 12 jam sebelum keberangkatan KA.

Check-In tiket KA diperpanjang menjadi 7 hari atau 7 x 24 jam sebelum keberangkatan KA.

Tanggal Publikasi : 04.04.2017

Demi meningkatkan pelayanan khususnya antrian pada saat hari keberangkatan, bagi pelanggan KA yang akan bepergian, serta mengacu pada aturan chek-in yang selama ini diterapkan yaitu dengan masa 12 jam sebelum keberangkatan, nampak situasi kepadatan di hall stasiun rata-rata cukup tinggi, sehingga antrian mengular begitu panjang menurut kami itu mengurangi kenyamanan bagi penumpang lainya, untuk menghindari kondisi antrian tersebut PT.KAI (Perero) Daop 5 Purwokerto menetapkan waktu Chek-in diperpanjang mulai 7 hari atau 7 x 24 jam sebelum keberangkatan kereta api, ujar Ixfan Hendriwintoko Manager Humas Daop 5 Purwokerto.

Perubahan Waktu Check-In Bagi Penumpang Kereta Api

Tanggal Publikasi : 03.04.2017

PT KAI Daop 1 Jakarta mulai memberlakukan sistem check in dan boarding untuk penumpang KA yang berangkat dari stasiun wilayah Daop 1 Jakarta sejak Juni 2016. Penerapan sistem serupa penumpang pesawat ini dilakukan PT KAI untuk meningkatkan pelayanan kepada pengguna jasa KA. Awalnya dengan sistem baru ini, penumpang yang telah membeli tiket di channel eksternal dan internal dapat melakukan check in pada check in counter di stasiun, mulai dua belas jam sebelum keberangkatan KA.

Data ke : 1 s/d 50 dari 262 baris data 1 2 3 4 5 6 Next »
Jadwal dan Pesan Tiket