Informasi Media 

Pusat Informasi dan Berita KA 

Pencarian:

Pameran Kain Unggulan Tradisional Adiwastra Nusantara 2017

Tanggal Publikasi : 05.04.2017

Pameran kain tradisional dari seluruh pelosok Tanah Air bertajuk Adiwastra Nusantara 2017 telah resmi dibuka Rabu (5/4), bertempat di Hall A dan B Jakarta Convention Center (JCC). Dalam penyelenggaraan tahun ini, Adiwastra Nusantara 2017 mengusung tema Wastra Adati Nusantara, Warisan Budaya Tak Lekang Zaman. Turut hadir pula dalam acara ini Istri Presiden ke-4 RI Sinta Nuriyah Wahid, Menteri Perindustrian Airlangga Hartanto, Menteri Pariwisata (Menpar) Arief Yahya, dan Deputi BP3N Kemenpar Esthy Reko Astuti.


Ibu Sinta Nuriyah Wahid Berkeliling Melihat Stand Pameran

Adiwastra Nusantara telah berlangsung sejak 2008 dan kemudian menjadi pameran yang fokus mempromosikan kain adat Nusantara. Ajang ini merupakan pameran yang senantiasa dianantikan kehadirannya terutama kalangan UKM perajin kain adati dan Asosiasi Sutera Indonesia (ASSIA), hingga penikmat dan pecinta kain adati Nusantara. Acara yang digelar untuk ke-10 kalinya ini berlangsung mulai 5 hingga 9 april 2017 yang diikuti sekitar 400 peserta dari seluruh Indonesia. Pameran ini menghadirkan beraneka produk kain berupa sutera, batik dan aplikasinya, tenun, sulaman, bordir, fashion, dan produk tekstil lainnya.


Salah Satu Pengunjung Mengunjungi Stand KAI

Peresmian pameran tersebut dilakukan secara langsung oleh Menteri Perindustrian, Airlangga Hartanto. Airlangga mengatakan bahwa Kementerian Perindustrian sangat mendukung diselenggarakannya pameran ini dan berharap agar pameran "Adiwastra Nusantara 2017" dapat semakin mempromosikan kain-kain khas nusantara. "Harapannya agar pameran Adiwastra ini dapat berjalan sukses dalam mempromosikan produk kain sebagai tradisional Indonesia berbasis budaya dan kekayaan intelektual sehingga pada akhirnya mewujudkan peningkatan industri fashion nasional," ujar Airlangga. Menteri Pariwisata Arief Yahya, mengajak masyarakat penggemar kain dan busana menurut beliau "Pameran ini bisa menjadi referensi perkembangan terkini dari trend batik, tenun, songket, dari berbagai daerah yang punya karakter masing-masing," ujar Arief. Dan beliau selalu mengingatkan fortopolio bisnis pariwisata kita yang bertumpu pada potensi budaya (culture) mempunyai porsi paling besar 60%, alam (nature) 35% dan manmade 5%.


Stand KAI di Pameran Adiwastra Nusantara

Dalam acara ini PT Kereta Api Indonesia (Persero) turut menjadi peserta dalam pameran ini dengan menampilkan mitra binaan untuk membantu mengenalkan produk unggulannya kepada masyarakat di luar daerahnya. "Dengan berpartisipasi di pameran ini, diharapkan mitra binaan bisa membangun jaringan pemasaran yang lebih luas dan menambah omzet penjualan," ujar VP Corporate Social Responsibility KAI Nathan Marihottua Siahaan. Mitra Binaan yang ditampilkan yaitu Rumah Batik Rolla binaan Daop 9 Jember dan Tanifa Collection binaan Daop 6 Yogyakarta. Adapun produk yang ditawarkan oleh Rumah Batik Rolla yaitu batik tulis khas Jember dengan bermotif tembakau. Sedangkan produk yang ditawarkan oleh Tanifa Collection yaitu tas, dompet, dan sepatu rajutan. (PR KAI)

Jadwal dan Pesan Tiket