Informasi Media 

Pusat Informasi dan Berita KA 

Pencarian:

Presiden Jokowi Lakukan Groundbreaking Proyek Kereta Bandara Adisumarmo

Tanggal Publikasi : 12.04.2017

Sabtu (8/4), Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) secara resmi mencanangkan pembangunan perkeretaapian akses Bandar Udara Adi Soemarmo-Stasiun Solobalapan, di area Bandara Adi Soemarmo, Boyolali. Acara ini dihadiri oleh Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi, Menteri BUMN Rini Soemarno, Menteri Sekretaris Negara Pratikno, Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo, Dirut PT KAI Edi Sukmoro, Dirut Angkasa Pura I Danang S. Baskoro, Walikota Surakarta F.X. Hadi Rudyatmo, serta jajaran Muspida dan Muspika setempat.


Presiden RI Joko Widodo memberikan sambutan

Proyek ini merupakan konektivitas antarmoda yang akan menghubungkan Bandara Adi Soemarmo dengan Stasiun Solobalapan sepanjang 13,5 kilometer. Proyek ini merupakan sinergi BUMN antara PT Kereta Api Indonesia (Persero), PT Angkasa Pura I, dan PT Pembangunan Perumahan. Jokowi mengungkapkan bahwa ini merupakan upaya pemerintah Indonesia untuk mengejar ketertinggalan Indonesia di bidang transportasi antarmoda. Oleh karena itu, Presiden Jokowi menargetkan proyek ini selesai tahun 2018. "Target 2018, jadi tidak sampai dua tahun harus rampung. Kalau tidak segera dimulai ya enggak rampung. Terminal juga harus segera dimulai, runway juga sekaligus INKA juga harus kerjakan keretanya di pabriknya di Madiun," kata Jokowi. Presiden juga menyampaikan, konsep pengelolaan antar-moda transportasi tersebut akan membuat waktu perjalanan makin efisen. "Di negara maju, setelah turun dari pesawat menuju terminal airport, turun ke lift sudah ada kereta yang hendak ke mana saja. Efisiensi kepada masyarakat, tidak macet dan murah," katanya.


Menhub dan Menteri BUMN menjelaskan mengenai rencana pembangunan KA Bandara Adi Soemarmo kepada Presiden RI

Direktur Utama KAI Edi Sukmoro menjelaskan akan ada empat rangkaian kereta yang terdiri dari empat gerbong. Satu gerbong bisa mengangkut 50 penumpang. Sarana KA Bandara ini akan menggunakan kereta dengan tipe DEMU (Diesel Electric Multiple Unit) dengan kecepatan maksimal 70 km/jam sehingga waktu yang ditempuh dari Stasiun Solobalapan menuju Bandara Adi Soemarmo adalah 15 menit. "Kereta diproduksi PT INKA dan ada tiga rangkaian kereta dan satu untuk cadangan,"kata Edi Sukmoro.


Presiden RI bersama Menhub, Menteri BUMN, Gubernur Jateng, Dirut KAI dan Dirut AP 1 menekan tombol sirine

Sementara itu, Budi Karya Sumadi mengatakan pembangunan jalur tersebut terbagi menjadi dua segmen, segmen 1 merupakan rel eksisting atau rel yang sudah ada sepanjang 3,5 km, sedangkan segmen 2 adalah rel baru yang akan dibangun sepanjang 10 km. KA Bandara ini nantinya akan menghubungkan Stasiun Yogyakarta-Maguwo-Solobalapan-Bandara Adi Soemarmo sepanjang 72,7 km. (PR KAI)

Jadwal dan Pesan Tiket