Informasi Media 

Pusat Informasi dan Berita KA 

Pencarian:

Stasiun Cianjur Kedatangan Rail Clinic

Tanggal Publikasi : 20.04.2017

Sebagai perwujudan BUMN Hadir Untuk Negeri, KAI adakan kegiatan Bakti Sosial dan Pemberian Bantuan kepada masyarakat Cianjur pada Kamis (20/4). KAI melakukan kegiatan pengobatan gratis kepada masyarakat menggunakan Rail Clinic. "Hari ini kami melayani 300 warga masyarakat yang tinggal di Stasiun Cianjur, untuk layanan medis sendiri kita ada poli umum, poli mata, pemeriksaan EKG atau Jantung, USG untuk pemeriksaan Kehamilan, Poli Gigi dan juga laboratorium," kata Manager Humas Daop 2 Bandung Joni Martinus.

VP Daop 2 Bandung Saridal mengatakan program CSR dan pengobatan gratis untuk masyarakat sekitar Stasiun Cianjur dapat membantu kegiatan pendidikan, peningkatan kesehatan. “Mohon dukungan pengamanan disepanjang jalur kereta sehingga gangguan operasional KA dapat dicegah dan perjalanan KA selalu aman lancar terkendali,” ujar Saridal. Asisten Daerah Dua Bidang Ekonomi Dan Pembangunan Kab. Cianjur Ir. Hartono yang mewakili Bupati Kabupaten Cianjur yang menyampaikan apresiasi luar biasa atas diadakannya kegiatan ini. menurutnya, hal ini sangat bermanfaat bagi masyarakat Cianjur dan sekitarnya. “Kami mendoakan agar PT KAI semakin maju senantiasa diberikan keselamatan dalam mengoperasikan Kereta Api,” tambahnya.


VP Daop 2 Bandung Saridal bersama Asda 2 Kab. Cianjur Ir. Hartono meninjau pengobatan gratis di Rail Cinic

Rail Clinic adalah kereta modifikasi yang terdiri dari dua gerbong yang bagian dalamnya dimodifikasi menjadi tempat orang berobat dan konsultasi dokter. Dalam dua gerbong Rail Clinic berisi 18 kru yang terdiri 4 dokter umum, 2 dokter gigi, 2 apoteker, 2 dokter mata dan 1 bidan. Sisanya perawat dan analis laboratorium.”Rail Clinic merupakan bagian dari bakti sosial yang dilakukan KAI kepada masyarakat di Cianjur. Bakti sosial ini bertujuan untuk meningkatkan kualitas kesehatan dan pendidikan,” ujar Joni. Menurut Joni, Rail Clinic itu didatangkan karena sebelumnya ada permintaan dari masyarakat di bantaran rel kereta di Cianjur. Sebelum di Cianjur, Rail Clinic itu sudah lebih dulu bertugas di Tasikmalaya dan Cirebon. Kereta ini akan terus mobile, dari satu daerah ke daerah lainnya.


Dokter di Rail Clinic melayani pasien

Iis Sumiyati (40), warga Kampung Pataruman RT01/11 Kelurahan Sayang Kecamatan Cianjur mengaku gembira bisa membawa anaknya Handarwan (2) berobat di Rail Clinic. "Kata dokter, pengobatannya harus diteruskan. Anak saya terkena penyakit paru-paru penuh lendir, tapi pengobatannya sempat terhenti karena saya tidak punya biaya," ujarnya.


Antusisme siswa yang mengikuti sosialisi kesehatan gigi pada kegiatan bakti sosial

Pada kegiatan ini pula dilakukan pemberian kacamata gratis oleh KAI kepada 29 siswa SD, penyerahan CSR kepada PAUD Plamboyan senilai 96,500,000, dan sosialisasi Kereta Perintis yaitu KA Siliwangi yang melayani rute Cianjur-Sukabumi. (PR KAI)

Jadwal dan Pesan Tiket