Logo CSR KAI

 

Komitmen Perusahaan untuk berperan serta dalam pembangunan ekonomi berkelanjutan guna meningkatkan kualitas kehidupan dan lingkungan yang bermanfaat, baik bagi Perusahaan, komunitas setempat, maupun masyarakat pada umumnya melalui Program Kemitraan, Program Bina Lingkungan, dan Community Relations.

 

DASAR HUKUM

Secara Umum :

  1. UU No. 40 tahun 2007 tentang Perseroan Terbatas (PT) pasal 74.
  2. UU No. 25 tahun 2007 tentang Penanaman Modal pasal 15,17 & 34.

Peraturan Menteri BUMN :

  1. Peraturan Menteri BUMN Nomor: PER-09/MBU/07/2015 tanggal 3 Juli 2015 tentang Program Kemitraan & Bina Lingkungan BUMN.
  2. Peraturan Menteri BUMN Nomor: PER-03/MBU/12/2016 tanggal 16 Desember 2016, tentang Perubahan atas Peraturan Menteri Badan Usaha Milik Negara Nomor PER-09/MBU/07/2015 tentang Program Kemitraan dan Program Bina Lingkungan Badan Usaha Milik Negara.
  3. Peraturan Menteri BUMN Nomor: PER-02/MBU/7/2017 tanggal 05 Juli 2017, tentang Perubahan Kedua atas Peraturan Menteri Badan Usaha Milik Negara Nomor PER-09/MBU/07/2015 tentang Program Kemitraan dan Program Bina Lingkungan Badan Usaha Milik Negara.

Peraturan PT Kereta Api Indonesia (Persero) :

Surat Keputusan Direksi Nomor: Kep.U/KP.502/IV/1/KA-2015 tanggal 28 April 2015 tentang Petunjuk Pelaksanaan Penerapan CSR di lingkungan PT KAI (Persero).

 

VISI, MISI dan TUJUAN

Visi :

Menjadi perusahaan yang memberikan manfaat tinggi bagi masyarakat, lingkungan, dan pemangku kepentingan melalui peningkatan aktivitas Program Kemitraan Bina Lingkungan (PKBL) dan Community Relations (CR)

Misi :

  • Berperan aktif dalam mewujudkan peningkatan kualitas hidup dan kemandirian masyarakat serta kelestarian lingkungan
  • Membangun citra positif dan sinergi perusahaan dengan pemangku kepentingan guna terciptanya situasi kondusif bagi operasional perusahaan yang berkelanjutan

Tujuan :

Berkontribusi nyata dalam pembangunan dan peningkatan kualitas hidup masyarakat serta lingkungan, sehingga masyarakat dapat menjadi mitra sejati dalam menciptakan situasi kondusif bagi kelangsungan usaha perusahaan

 

Arah Kebijakan/Lingkup Tugas

  1. Melaksanakan mandat yang diberikan oleh Pemerintah dalam rangka mengatasi masalah sosial kemasyarakatan dan lingkungan melalui penyaluran dana Bina Lingkungan dan Community Relations;
  2. Keberpihakan pada masyarakat ekonomi lemah untuk dijadikan masyarakat yang berdaya, tumbuh dan mandiri secara sosial dan ekonomi melalui penyaluran dana Program Kemitraan;
  3. Membina hubungan baik dengan komunitas internal dan eksternal untuk kelangsungan usaha Perusahaan;
  4. Melaksanakan kegiatan dalam rangka Corporate Image dan peningkatan manfaat bagi Stakeholder;
  5. Mendukung terciptanya keselamatan dan keamanan perjalanan Kereta Api.

 

Pilar Penerapan CSR :

  1. Upaya perusahaan untuk menggalang dukungan Sumber Daya Manusia, baik internal maupun eksternal (building human capital);
  2. Memberdayakan ekonomi komunitas (strengthening economies);
  3. Menjaga harmonisasi dengan masyarakat sekitar (assesing social cohession);
  4. Mengimplementasikan tata kelola yang baik (encouraging good corporate governance);
  5. Memperhatikan kelestarian lingkungan (protecting the environment).

 

Bersih-bersih Kampoeng Bersama BUMN

MC Menanam pohonSembako murah

Dalam rangkaian kegiatan HUT Kementerian BUMN ke-21, PT KAI bersama Perum Perhutani sebagai BUMN yang mempunyai peran menjadi Agen Pembangunan menggelar kegiatan “Bersih-Bersih Kampoeng Sehat Bersama BUMN” di Desa Sungaibuntu, Kecamatan Pedes, Kabupaten Karawang, Sabtu 6 April 2019.

Hadir dalam kegiatan ini, Corporate Deputy Director of Personnel Care, Control & Development Wawan Ariyanto, Executive Vice President Daop 1 Jakarta R. Dadan Rudiansyah beserta jajarannya, Vice President Personnel Administration Johanes Simajuntak dan Vice President Corporate Social Responsibility Agus Supriyono beserta jajarannya. Sedangkan dari pihak eksternal hadir Henry Purnomo selaku Kepala Departemen Perlindungan Sumber Daya Hutan Perum Perhutani Jawa Barat dan Banten, Camat Pedes Asep Supriadi, Kapolsek Pedes AKP Mochamad Suyitna, Danramil Pedes Kapten Yasin, dan Asep Saefulah Rahman Lurah Sungaibuntu.

"Kegiatan ini bertepatan dengan HUT BUMN ke-21. Di Indonesia sebenarnya ada 141 BUMN, dan pada hari jadinya ke 21 BUMN disebar di pelosok negeri dari Sabang sampai Merauke untuk berbakti kepada masyarakat, menyatu, dan mendekatkan diri dengan masyarakat. Kebetulan yang di desa Sungaibuntu ini ditugaskan PT KAI dan Perum Perhutani. Mudah-mudahan kami bisa berkontribusi kepada masyarakat dan kepada negeri ini, dan semoga sumbangsih kami ini bisa bermanfaat," jelas Wawan Ariyanto dalam sambutannya.

Bersih-bersih Kampoeng Sehat Bersama BUMN merupakan program Corporate Social Responsibility (CSR) yang dilaksanakan dengan berbagai acara antara lain; bersih-bersih lingkungan yang melibatkan 500 masyarakat dan 100 kaum milenial BUMN, penanaman 325 pohon, pemberian bantuan pembuatan bak sampah senilai Rp 25.000.000,- pemberian bantuan pembuatan saluran pembuangan air limbah senilai Rp 100.000.000,- dan penjualan 1.000 Paket Pangan Murah, berbentuk paket sembako senilai Rp 10.000,-/ paket. Untuk mendapatkan paket sembako ini masyarakat diharuskan menukarkan kupon dan menunjukkan aplikasi LinkAja di smartphone.

 

Pekan Olahraga Kereta Api (PORKA)

Porka 1Porka 2

 

Pekan Olahraga Kereta Api (PORKA) merupakan salah satu program unit CSR (Internal Community Relations) yang bertujuan menumbuhkan dan memperkuat tali persaudaraan antar pegawai di lingkungan PT Kereta Api Indonesia (Persero) di bidang olahraga, selain itu juga sebagai momentum menggerakan budaya sehat kepada seluruh pegawai. PORKA merupakan agenda kegiatan yang dilaksanakan setiap 2 (dua) tahun sekali secara rutin.

Kegiatan ini diikuti oleh seluruh Daop, Divre, Kantor Pusat serta Anak Perusahaan dengan mengirimkan perwakilan kontingen 7 (tujuh) cabang olahraga yang dipertandingkan yaitu Sepak Bola, Futsal, Bulutangkis, Bola Voli, Tenis Meja, Tenis Lapangan dan Catur. Juara Umum PORKA akan mendapatkan piala bergilir.

 

Melayani Masyarakat dengan Rail Clinic dan Rail Library

RC 1RC 2

 

Rail Clinic berupa bakti sosial pelayanan kesehatan kepada masyarakat yang jauh dr jangkauan pelayanan kesehatan pemerintah dengan menggunakan kereta yg di dalamnya mempunyai fasilitas layaknya klinik yaitu ruang Monitoring, ruang Laboratorium, Pelayanan Farmasi, Pemeriksaan Umum, Pemeriksaan Gigi, Pemeriksaan Mata, Pemeriksaan Ibu Hamil, Ruang Edukasi, Pantry, dan Toilet Ramah Lingkungan.

Rail Library merupakan kereta perpustakaan karena terdapat fasilitas rak-rak buku bacaan dan ruang baca dengan kursi sofa dan karpet yang digelar di lantai. Selain itu yang lebih modern, RailLibrary juga dilengkapi 6 unit komputer untuk layanan e-library dengan ragam koleksi file bacaan maupun tayangan audio visual edukatif serta koneksi internet. Tak hanya itu, fasilitas RailLibrary juga terdapat satu ruang yang luas terdiri kursi dan meja untuk meeting dan kursi kereta berjajar ke arah TV untuk ruang audio visual yang bisa digunakan untuk menonton dan ruang edukasi. Selain itu dilengkapi juga dengan ruang untuk beribadah, pantry dan toilet

 

KAI Peduli Bencana Alam

Bencana 1Bencana 2

Kepedulian PT KAI terhadap bencana alam melalui program Bina Lingkungan CSR ikut turut andil dalam membantu meringankan korban yang terdampak melalui bantuan berupa pembangunan prasarana umum, sembako maupun pakaian.

 

BUMN Hadir Untuk Negeri

Siswa Mengenan NusantaraJalan Sehat

Tahun 2018 PT KAI selaku PIC bersama Co PIC  PT TWC dan PT KIW melakukan program BUMN Hadir Untuk Negeri (BHUN) di Provinsi Jawa Tengah, BHUN ini merupakan program rutin penugasan dari Kementrian BUMN.

 

 

 

A. Program Kemitraan (PK)

Adalah Program untuk meningkatkan kemampuan usaha kecil agar menjadi tangguh dan mandiri dengan memberikan bantuan tambahan modal dengan Jumlah pinjaman untuk setiap MB minimal Rp 5.000.000,- (lima juta rupiah) maksimal Rp 200.000.000,- (dua ratus juta rupiah), dengan mempertimbangkan kemampuan bayar MB. Jangka waktu pinjaman minimal 1 (satu) tahun dan maksimal 3 (tiga) tahun dan akan dikenakan jasa administrasi 3% pertahun.

7 (tujuh) sektor usaha yang dapat menjadi Mitra Binaan, antara lain :

  1. Industri
  2. Perdagangan
  3. Pertanian
  4. Perkebunan
  5. Peternakan
  6. Perikanan dan
  7. Jasa

Persyaratan Menjadi Mitra Binaan PT KAI (Persero) :

  1. Memiliki kekayaan bersih paling banyak Rp 500.000.000,00 (lima ratus juta rupiah), tidak termasuk tanah dan bangunan tempat usaha atau memiliki hasil penjualan tahunan maksimal Rp 2.500.000.000,00 (dua milyar lima ratus juta rupiah);
  2. Warga negara Indonesia;
  3. Berdiri sendiri bukan merupakan anak perusahaan atau cabang perusahaan yang dimiliki, dikuasai atau berafiliasi baik langsung maupun tidak langsung dengan usaha menengah atau besar;
  4. Berbentuk usaha orang perseorangan, badan usaha yang tidak berbadan hukum atau badan usaha yang berbadan hukum termasuk usaha mikro dan  koperasi;
  5. Mempunyai potensi dan prospek usaha untuk dikembangkan;
  6. Telah melakukan kegiatan usaha minimal 6 (enam) bulan;
  7. Belum memenuhi persyaratan perbankan atau lembaga keuangan non-bank

Tata Cara Pengajuan Menjadi Mitra Binaan PT KAI (Persero) :

  1. Calon Mitra Binaan tidak sedang menjadi Mitra Binaan dari BUMN lain
  2. Calon mitra mengajukan permohonan/proposal kepada Tim Pelaksana CSR PT KAI berdasarkan wilayah usahanya
  3. Tim Pelaksana CSR PT KAI melakukan seleksi administrasi, survei dan evaluasi atas permohonan/proposal dari para Calon MB mengenai prospek dan perkembangan usaha serta rencana penggunaan dana
  4. Hasil dari proses sesuai poin 2 selanjutnya dilakukan rapat komite dan menetapkan calon MB yang akan mendapatkan pinjaman
  5. Jika hasil rapat komite tidak memenuhi persyaratan, Calon Mitra Binaan gugur untuk menjadi Mitra Binaan
  6. Jika hasil rapat komite memenuhi persyaratan kemudian dilakukan penandatangan Perjanjian dan penyaluran dana usaha

 

B. Program Bina Lingkungan (BL)

Adalah program pemberdayaan kondisi sosial kemasyarakatan oleh BUMN dengan memberikan bantuan Hibah kepada masyarakat ke seluruh wilayah Republik Indonesia dengan diutamakan di wilayah sekitar BUMN (PT KAI).

7 (tujuh) jenis sektor bantuannya adalah :

  1. Bantuan korban bencana alam
  2. Bantuan pendidikan
  3. Bantuan peningkatan kesehatan
  4. Bantuan pengembangan prasarana dan/atau sarana umum
  5. Bantuan sarana ibadah
  6. Bantuan pelestarian alam
  7. Bantuan sosial kemasyarakatan

Tata Cara Pengajuan Bantuan Bina Lingkungan PT KAI (Persero) :

  1. Masyarakat mengajukan proposal kepada Tim Pelaksana CSR PT KAI;
  2. Tim Pelaksana CSR PT KAI melakukan survei atas objek yang akan diberikan bantuan;
  3. Dari hasil survei kemudian dilakukan evaluasi oleh Tim Pelaksana CSR Daerah apakah berhak mendapat bantuan atau tidak;
  4. Penyaluran Bantuan

 

C. Community Relations (CR)

Adalah upaya membina hubungan harmonis antara perusahaan dengan masyarakat untuk mengatasi masalah sosial dan lingkungan yang timbul akibat aktivitas perusahaan, dan meningkatkan keharmonisan hubungan di kalangan internal, dengan tujuan untuk meningkatkan citra perusahaan

 

DAFTAR WILAYAH TIM PEAKSANA CSR

No Wilayah Alamat E-mail Telepon
1 Daop 1 Jakarta Jalan Pegangsaan Timur No.6, (Stasiun Cikini) Jakarta Pusat csrdaop1jak@kai.id (022) 423003
2 Daop 2 Bandung Jalan Stasiun Selatan No. 25, Bandung 40181 csrdaop2bd@kai.id (022) 4230150
3 Daop 3 Cirebon Jalan Siliwangi No. 82, Cirebon csrdaop3cn@kai.id (0231) 203944
4 Daop 4 Semarang Jalan MH. Thamrin No. 3, Semarang 50132 csrdaop4sm@kai.id (024) 3250134
5 Daop 5 Purwokerto Jalan Jendral Sudirman No. 209, Purwokerto 53116 csrdaop5pwt@kai.id (0281) 636031
6 Daop 6 Yogyakarta Jalan Lempuyangan No. 1, Yogyakarta csrdaop6yk@kai.id (0274) 512701
7 Daop 7 Madiun Jalan Kompol Sunaryo No. 14, Madiun 63122 csrdaop7mn@kai.id (0274) 512056
8 Daop 8 Surabaya Jalan Gubeng Masjid, Surabaya 60131 csrdaop8sb@kai.id (031) 5036575
9 Daop 9 Jember Jalan Dahlia No. 2, Jember csrdaop9jr@kai.id (0331) 487067
10 Divre I Sumatera Utara Jalan Prof.H.M. Yamin, SH No. 14, Medan csrdivre1su@kai.id (061) 4533012
11 Divre II Sumatera Barat Jalan Stasiun No. 1,Padang 25127 csrdivre2sb@kai.id (0751) 27650
12 Divre III Palembang Jalan Jend. Achmad Yani I 3 Ulu No. 541, Palembang 30263 csrdivre3ss@kai.id (0711) 512427
13 Divre IV Tanjungkarang Jalan Teuku Umar No. 23, Bandar Lampung 35113 sekretaris.divre4@kai.id (0721) 263142

 

 

Booking Button