Direktur KAI Tinjau Jalur KA yang Terkena Bencana Alam
Posted: 29.11.2017 Categories: Berita

Banjir di kawasan Porong, Sidoarjo, Jawa Timur sejak Minggu (26/11) merendam rel kereta api yang menyebabkan beberapa perjalanan kereta api tidak dapat melewati petak jalan tersebut. Direktur Utama PT Kereta Api Indonesia (Persero) Edi Sukmoro langsung menggelar rapat koordinasi pada Selasa (28/11) untuk mencari solusi penanganan banjir yang terjadi dan normalisasi jalur KA.


Direktur Utama KAI Edi Sukmoro dan Direktur Pengelolaan Prasarana KAI Bambang Eko Martono melihat lokasi rel yang terendam banjir

Rapat koordinasi ini diikuti oleh Jajaran Direksi KAI, Kepala Balai Teknik Perkeretaapian Wilayah Jawa Timur, Sekretaris Dinas Perhubungan Provinsi Jatim, Perwakilan PPLS, Perwakilan Polres Tanggulangin dan Satlantas Polres Pasuruan. Dalam rapat koordinasi tersebut seluruh pihak bekerja sama mengupayakan untuk menangani permasalahan banjir sesuai dengan kapasitasnya masing-masing mulai dari menyurutkan air, membuat desain trase alternatif jalur KA, dan upaya rekayasa lalu lintas sehingga banjir di lokasi tersebut segera teratasi dan lalu lintas transportasi di jalur tersebut kembali normal.


Suasana rapat kordinasi di lokasi banjir

Selain itu, untuk mengantisipasi tingginya curah hujan di wilayah DIY dan Jawa Tengah yang menyebabkan banjir di sebagian wilayah, Rabu (29/11) Edi Sukmoro beserta rombongan melakukan inspeksi lintas Surabaya-Bandung. Pada saat inspeksi di wilayah Daop 6 Yogyakarta, Edi Sukmoro meninjau langsung penanganan gogosan di km 156+7/8 petak jalan Maguwo-Brambanan.


Direktur Utama KAI Edi Sukmoro memberikan arahan terkait penanganan gogosan

Di Lokasi, Edi memberikan arahan dan support kepada pegawai di lintas yang menangani gogosan. “Dengan kondisi cuaca yang ekstrim seperti sekarang ini, saya mengimbau kepada seluruh jajaran di lintas untuk waspada dan mengutamakan keselamatan perka (perjalanan KA),” ujar Edi.


Direktur Utama KAI Edi Sukmoro didampingi Direktur Operasional KAI Slamet Suseno Priyanto sedang memantau lokasi longsoran

Sebelumnya, pada Kamis (23/11) Edi Sukmoro bersama jajaran KAI lainnya juga melihat langsung lokasi longsoran yang menimbun rel KA di Kabupaten Garut, Jawa Barat. Beliau menginstruksikan agar lokasi-lokasi tersebut terus dipantau dan diawasi sehingga potensi longsoran akan terdeteksi lebih dini. “KAI menyampaikan permohonan maaf atas ketidaknyamanan ini dan akan melakukan langkah-langkah untuk segera melancarkan perjalanan KA, namun tetap mengutamakan keselamatan,” ujar Edi. (PR KAI)

 

Booking Button