17 Hari Masa Angkutan Nataru 2017/2018, PT KAI Daop 1 Jakarta Berangkatkan 613.729 Penumpang
Posted: 08.01.2018 Categories: Siaran Pers

Masa angkutan Natal dan Tahun Baru (2017/2018) memasuki masa penghujung. Tuntas menjalani masa angkutan Nataru 2017/2018 selama 17 hari, yang terhitung sejak 22 Desember 2017 sampai 7 Januari 2018, PT. Kereta Api Indonesia (Persero) Daerah Operasi 1 Jakarta tercatat telah memberangkatkan 613.729 penumpang (data per-tanggal 7 Januari 2017 pukul 24.00 WIB), dari stasiun-stasiun yang berada di wilayah PT KAI Daop 1 Jakarta.

"Jumlah penumpang yang diangkut tahun ini mengalami peningkatan sebesar 4%, jika dibandingkan tahun lalu yang hanya sebesar 588.093 penumpang," ungkap Senior Manager Humas PT KAI Daop 1 Jakarta, Edy Kuswoyo.  Dari jumlah penumpang yang diangkut tersebut, sebanyak 347.606 penumpang (57%) diberangkatkan dari stasiun Pasarsenen, 241.595 penumpang (39%) dari stasiun Gambir, dan sisanya dari stasiun keberangkatan lain sebesar (7%).

Selama 17 hari masa Angkutan Nataru 2017/2018, tercatat data jumlah kedatangan dan keberangkatan penumpang dengan volume tertinggi adalah sebagai berikut:
Keberangkatan tertinggi :
-    Stasiun Gambir        : tanggal 29 Desember 2017 sebanyak 18.220 penumpang.
-    Stasiun Pasar Senen    : tanggal 22 Desember 2017 sebanyak 22.535 penumpang.

Kedatangan tertinggi :
-    Stasiun Gambir        : tanggal 1 Januari 2018 sebanyak 16.812 penumpang.
-    Stasiun Pasar Senen    : tanggal 1 Januari 2018 sebanyak 19.863 penumpang.

Secara umum, pelaksanaan angkutan Nataru tahun 2017/2018 berjalan dengan aman, lancar, dan terkendali. Komitmen memberi pelayanan dengan slogan Zero Accident pun masih diusung PT KAI, khususnya di Daop 1 Jakarta. Tidak ada gangguan ataupun kecelakaan dalam perjalanan KA pada masa angkutan Nataru tahun ini. Baik dari sisi sarana dan prasarana, bisa disimpulkan minim gangguan.    

Pada masa Angkutan Nataru 2017/2018 ini, PT KAI Daop 1 Jakarta total menyiapkan 72 kereta api (KA) terdiri dari 55 KA regular dan 17 KA tambahan. Dalam KA Tambahan terdiri dari 13 KA kelas Eksekutif dan Bisnis, serta 4 KA kelas ekonomi. Penambahan sarana KA ini dilakukan mengingat masa liburan Nataru 2017/2018 yang bersamaan dengan libur sekolah, sehingga dipastikan terjadi pelonjakan penumpang yang signifikan. Tentunya, KA yang telah disediakan Daop 1 Jakarta pun dapat menjawab kebutuhan untuk menampung jumlah penumpang yang melonjak pada masa Nataru ini.

Pada masa angkutan Nataru tahun ini, penumpang KA juga sudah bisa memanfaatkan pelayanan e-boarding pass, dimana melalui aplikasi KAI Access versi ter-update, calon penumpang tidak perlu lagi mencetakan tiket Chek in. Itu artinya penumpang KA semakin dimudahkan pada perjalanan masa angkutan Nataru tahun ini. Dengan aplikasi ini fasilitas check in secara online bisa dilakukan langsung dari aplikasinya. Setelah melakukan check in melalui aplikasi, pengguna jasa KA akan mendapatkan e-boarding pass. Proses check in dan unduh e-boarding pass ini dapat dilakukan mulai dari 2 jam sebelum jadwal keberangkatan KA.

PT KAI Daop 1 Jakarta mengucapkan terima kasih kepada pihak-pihak yang telah bekerjasama menyukseskan masa angkutan Nataru 2017/2018, sehingga penumpang KA dapat menikmati perjalanan yang aman dan nyaman, dan selamat sampai kota tujuan masing-masing.  Edy Kuswoyo menyampaikan, "Semua ini berkat dukungan seluruh Pekerja PT KAI, tenaga bantuan dari TNI, POM TNI, POLRI, Brimob POLRI, PMI, Railfans, serta seluruh unsur pendukung Angkutan Nataru 2017/2018, sehingga bisa Aman, Lancar serta Selamat". "Dan Kami tetap mengutamakan aspek keamanan serta keselamatan". (Humas KAI Daop 1 Jakarta)

 

Booking Button