Perayaan 1 Abad Kantor KAI Divre 1 Sumatera Utara
Posted: 28.01.2018 Categories: Berita

Sebagai salah satu bangunan bersejarah di Kota Medan, kantor PT Kereta Api Indonesia (Persero) Divre 1 Sumatera Utara perlu dilestarikan dan dikenalkan kepada masyarakat Medan. KAI perlu menyosialisasikan kilas balik sejarah perkeretaapian Medan pada masa lalu dengan kejayaannya sebagai salah satu bagian sejarah bangsa. Pada tahun 2018, gedung dengan nama asli Hof Dkantor Van Delu Sporweg Maatchappi yang didirikan oleh Kolonial Belanda ini sudah mencapai usia yang ke-100 tahun. Maka pada Minggu (28/1) bertempat di halaman Kantor Divre 1 Sumatera Utara dilaksanakan peringatan Seabad Kantor Divre 1 Sumatera Utara.


Kantor KAI Divre 1 Sumatera Utara

VP Divre 1 Sumatera Utara Aslikan, mengatakan acara ini merupakan suatu edukasi dan promosi kepada masyarakat Kota Medan. Terhadap peninggalan sejarah khususnya bangunan tua, yang selama ini masih banyak tidak mengetahui. "Momen ini menjadi langkah awal untuk mengajak seluruh masyarakat, agar tetap menjaga warisan peninggalan sejarah yang masih ada," kata Aslikan. Aslikan mengatakan, gedung kereta api sudah mencapai 100 tahun dan sampai saat ini masih berdiri kokoh dan megah. Heritage seperti ini, harus terus dirawat agar tetap menjadi salah satu cagar budaya kebanggaan masyarakat Medan. “Kita tidak akan merubah gedung ini karena menjadi salah satu sejarah tetap terus dirawat agar rapi dan bersih,” katanya.


Sambutan VP Divre 1 Sumatera Utara Aslikan

Dalam rangka 1 abad kantor Divre 1 Sumatera Utara juga, KAI memberikan diskon tiket perjalanan sebesar 20%. "Diskon tarif KA tersebut berlaku untuk perjalanan rangkaian KA Sribilah relasi Medan-Rantauprapat pp baik kelas eksekutif, bisnis, maupun kelas ekonomi non subsidi," kata Manager Humas Divre 1 Medan, Sapto Hartoyo.  Diskon akan diberikan kepada pengunjung yang memesan atau membeli tiket kereta di booth PT KAI selama pelaksanaan kegiatan tersebut. Ini merupakan bentukl apresiasi PT KAI kepada pelanggan atau pengguna jasa kereta api.


Seorang model berp[ose pada Lokomotif Uap dalam kegiatan lomba foto

Untuk memeriahkan perayaan ini pula, diadakan juga pelepasan balon seabad Kantor Divre 1 Sumatera Utara, cuci Monumen Lokomotif Uap di Stasiun Medan, Study tour Kantor Divre 1 Sumatera Utara oleh perwakilan siswa-siswi SLTA yang ada di Kota Medan, perlombaan karikatur, dan lomba foto bersama model. (Public Relations KAI)

 

Booking Button