Daop 4 Semarang Resmi Mengoperasikan KA Tawang Jaya Premium
Posted: 06.04.2018 Categories: Berita

Jumat (6/4) Daop 4 Semarang secara resmi mengoperasikan KA Tawang Jaya Premium (Semarang Tawang-Pasar Senen). EVP Daop 4 Semarang Wiwik Widayanti berharap agar kehadiran KA Tawang Jaya Premium ini, bisa menjadi alternatif perjalanan lain bagi masyarakat Semarang menuju Jakarta. "Dengan banyaknya alternatif tersebut diharapkan akan bisa mempermudah masyarakat Semarang dalam mobilitasnya," ujarnya. Wiwik mengatakan, dengan jadwal kereta yang ada saat ini, masih banyak penumpang yang belum terangkut, sehingga KAI melakukan penambahan jadwal. “Selain itu, KA Tawang Jaya Premium ini hadir untuk memenuhi kebutuhan masyarakat yang ingin berangkat malam hari dari Semarang menuju Jakarta,” tutup Wiwik.


Prosesi pecah kendi oleh Kadishub Prov Jateng Satriyo Hidayat

Rangkaian kereta api tersebut menggunakan kereta premium, tiap satu kereta berkapasitas 80 tempat duduk. Formasi per rangkaian kereta api membawa sembilan kereta premium, satu kereta makan dan satu kereta pembangkit listrik. "Fasilitas kenyamanan yang tersedia di KA Tawang Jaya Premium ini adalah tempat duduk bangku yang lebih nyaman dan luas dibandingkan dengan kelas ekonomi biasa, reclining seat, AC, interior kereta yang ekslusif, charger HP, toilet ramah lingkungan, TV dan CCTV," ungkap Manager Humas KAI Daop 4 Semarang Suprapto.


Kadishub Provinsi Jateng Satriyo Hidayat memberikan souvenir kepada salah satu penumpang KA Tawang Jaya Premium didamping EVP Daop 4 Semarang Wiwik Widayanti

“Relasi Semarang- Jakarta mengalami pertumbuhan sebesar tujuh persen pada tahun lalu. Kami berharap hadirnya KA Tawang Jaya Premium Reguler ini bisa memperlancar mobilitas penumpang dari Semarang maupun Jakarta yang ingin menggunakan jasa transportasi kereta api,” ungkap Suprapto. Menurutnya, jumlah penumpang kereta api di wilayah KAI Daop IV Semarang sendiri dari tahun ke tahun terus mengalami peningkatan. Bahkan tahun 2017 lalu jumlah penumpang kereta api di wilayah Daop IV Semarang menginjak angka 5.808.033 orang atau naik 15% dari tahun 2016 yang hanya 5.395.516 orang.


Interior KA Tawang Jaya Premium

Dioperasikannya KA Tawang Jaya secara reguler ini bukan hanya untuk mempermudah mobilitas warga Kota Semarang dan Jakarta yang ingin bepergian saja, tetapi juga diharapkan dapat meningkatkan angka kunjungan wisatawan domestik maupun mancanegara yang hendak berkunjung ke wilayah Jawa Tengah, khususnya ke daerah Pantura (Pantai Utara). Dengan diberangkatkan oleh PLT Gubernur Jawa Tengah yang dalam hal ini diwakili oleh Kadishub Provinsi Jawa Tengah Satriyo Hidayat, KA Tawang Jaya Premium berangkat tepat pukul 20.20 Wib dari Stasiun Semarang Tawang. (Public Relations KAI)

 

Booking Button