Wapres RI Jusuf Kalla Puas dengan Kesiapan Stasiun Gambir
Posted: 07.06.2018 Categories: Berita

Wakil Presiden RI Jusuf Kalla (JK) tiba di Stasiun Gambir, Jakarta Pusat, Kamis (7/6) untuk meninjau persiapan mudik Lebaran didampingi Direktur Utama KAI, Edi Sukmoro. JK melakukan pemantauan di beberapa tempat, dimulai dari pos kesehatan, fasilitas umum, dan peron di Stasiun Gambir. Meskipun belum mencapai H-7 Lebaran, PT Kereta Api Indonesia (Persero) sudah menyiapkan rangkaian kereta tambahan untuk persiapan mudik Lebaran 2018, termasuk Argo Dwipangga Fakultatif. JK pun menyempatkan diri berdialog dengan penumpang didalam kereta. “Semua ke Jogja yaaa?” tanya JK ketika menyapa para penumpang. “Iyaaa, Pak”, seru penumpang yang antusias melihat kehadiran JK.


Wapres RI Jusuf Kalla berbincang dengan Direktur Utama KAI Edi Sukmoro

Wapres kemudian menanyakan soal fasilitas kereta api pada musim mudik tahun ini yang semakin baik. “Enak yaaa sekarang keretanya?” tanya JK. “Alhamdullilah sekarang lebih nyaman Pak”, jawab salah satu penumpang. JK berpesan, kepada masyarakat yang akan mudik Lebaran agar mengatur waktu keberangkatan. Mereka diharapkan berangkat tidak mendekati hari Idul Fitri. “Tentu diharapkan mengatur waktu, jangan terlalu lambat perginya. Berangkat lebih cepat untuk mencegah penumpukan kendaraan pemudik” ujar JK.

Soal kesiapan pemerintah, JK mengatakan bahwa semua fasilitas telah disiapkan untuk menyambut masyarakat yang akan mudik, seperti yang selalu dipantau oleh Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi ke sejumlah lokasi untuk melihat langsung fasilitas yang ia siapkan. Demikian juga kepolisian dan pemerintah daerah. “Saya kira sudah siap semua. Ini kan hal yang tiap tahun kita alami,” ucapnya.

Kunjungan JK ke Stasiun Gambir tidak hanya untuk melakukan peninjauan terhadap kondisi stasiun melainkan juga untuk melepas Tim Relawan PMI yang akan bertugas saat Lebaran. Sebelumnya, JK yang juga sebagai Ketua Umum Palang Merah Indonesia (PMI) memimpin Apel Siaga yang dilaksanakan di halaman parkir utama Stasiun Gambir. Selain itu, kegiatan ini pun meliputi Penandatanganan Nota Kesepahaman (MoU) antara PMI yang dilakukan oleh Wakil Ketua Umum PMI, Ginandjar Kartasasmita dan Kementerian Perhubungan dalam Bidang Pembinaan Relawan dan Pelayanan Kepalangmerahan, Budi Karya Sumadi, yang dilanjutkan dengan pemakaian rompi relawan PMI secara simbolis kepada Taruna Kementerian Perhubungan sebagai tanda telah bergabung menjadi Relawan PMI.


Wapres RI Jusuf Kalla berbincang dengan salah satu penumpang KA Argo Dwipangga Fakultatif

Atas dedikasi para relawan PMI, JK menyampaikan terima kasihnya karena telah bersedia bertugas selama mudik dan balik lebaran 2018. “Salah satu kebahagian yang tertinggi manusia ialah bertemu keluarga dan teman. Itu hasil penelitian, kenapa di semua negara ada momen-momen pertemuan kekeluargaan yang masing-masing membahagiakan, momen hari raya Idul Fitri selalau dimanfaatkan masyarakat untuk bersilaturahmi dengan keluarga di kampung halaman. Namun berdasarkan pengalaman mudik sebelumnya, hal yang seharusnya menjadi momen menggembirakan sering terjadi masalah, yakni kemacetan dan kecelakaan”. JK berharap masalah-masalah seperti itu dapat berkurang saat mudik tahun ini. “Tugas anda (relawan PMI) adalah membahagiakan orang, masyarakat, menghindari kesulitan yang akan timbul. Kita punya pengalaman tiga tahun lalu sulitnya menembus rumah masing-masing (karena kemacetan),” ujar JK. (Public Relations KAI)

 

Booking Button