Peluncuran Kereta Sleeper pada KA Argo Bromo Anggrek di Stasiun Gambir      
Posted: 12.06.2018 Categories: Berita

Direktur Utama PT Kereta Api Indonesia (KAI) Edi Sukmoro melepas keberangkatan KA Argo Bromo Anggrek yang membawa kereta Kelas luxury jenis sleeper pada Selasa (12/6). Pada kegiatan ini Edi Sukmoro berkesempatan menyapa penumpang di Kereta Sleeper serta memberikan souvenir.


Direktur Utama KAI Edi Sukmoro memberikan souvenir kepada salah satu penumpang

“Ini merupakan salah satu bentuk inovasi dari KAI untuk meningkatkan layanan. Dengan adanya layanan luxury class ini, masyarakat memiliki lebih banyak pilihan kelas perjalanan sesuai dengan tarif dan pelayanannya,” ujar Edi.  Layanan Kereta Sleeper  mendapat respon positif dari masyarakat. Baru dijual satu hari saja, tiket sudah habis terjual hingga akhir libur lebaran. “Kereta ini menyasar penumpang jarak jauh yang ingin mendapatkan kenyamanan di perjalanan. Sehingga pada saat sampai tempat tujuan bisa fresh, bisa langsung beraktivitas,” ujar Edi.

Kereta Sleeper dioperasikan pada rangkaian KA Argo Bromo Anggrek karena waktu tempuh yang cukup lama yaitu sembilan jam. Dalam satu hari, Pejalanan Kereta Sleeper jurusan Stasiun Gambir - Surabaya Pasar Turi melayani 2 kali perjalanan yakni pukul 09.30 WIB dan 21.30 WIB. Sedangkan, untuk perjalaan Surabaya Pasar Turi - Stasiun Gambir Jakarta adalah 08.00 WIB dan 20.00 WIB. Sebagai pengenalan pasar, KAI memberlakukan tiket promo hingga 25 Juni 2018 untuk Kereta Sleeper seharga Rp. 900 ribu per orangnya.


Interior kereta sleeper

Edi menyatakan harga tiket promo tersebut nantinya dapat turun dan naik tergantung animo masyarakat. “Secara prinsip animo masyarakat itu seperti apa dulu. Karena dari situ bisa diturunkan tarif yang paling pantas untuk ini,” ujarnya. Dengan harga tersebut, layanan eksklusif serupa kelas bisnis di pesawat dapat dinikmati pengguna jasa Kereta Sleeper selama perjalanannya. Mulai dari kursi yang dapat direbahkan  hingga 170 derajat secara elektrik, sandaran untuk kaki secara elektrik, bantal hingga penyanggah tanggan saat duduk. Bahkan, private entertainment  berupa layar LCD TV sebesar 12 inchi lengkap dengan headset dan dapat dikontrol dengan remote control untuk multimedia.

Dibagian kanan kursi terdapat USB charging power source untuk ponsel. Disisi kanan juga terdapat foldable food tray, selimut, tempat sampah, tempat untuk meletakkan botol atau gelas (cup holder), kompartemen untuk menyimpan alas kaki serta majalah. Tepat dibagian atas kursi terdapat sebuah lampu led yang bisa difungsikan saat malam hari. Didalam gerbong, suasana sejuk juga juga terasa lantaran pendingin ruangan gerbong berfungsi baik. Bahkan, gerbong ini difasilitasi CCTV untuk memantau aktivitas serta keamanan dalam gerbong. Fasilitas mewah juga terlihat saat mencoba toilet yang ada didalam gerbong tersebut. Wastafel, sabun cuci tangan, cermin, tisu, WC duduk hingga tempat sampah tersedia di dalam toilet tersebut. Dalam satu Kereta Sleeper, terdiri dari 18 orang penumpang sehingga lebih nyaman. Selain itu, pengguna jasa layanan kelas luxury jenis sleeper ini juga akan mendapat layanan makan, minum, snack secara gratis. 


Penumpang mencoba fasilitas Kereta Sleeper

Salah satu penumpang Kereta Sleeper, Syahweri (39), mengaku puas mengajak enam anggota keluarganya mudik dengan kereta tersebut. Apalagi, tempat duduknya yang bisa direbahkan dirasa sangat nyaman. “Bagus ya (keretanya), agak kaget juga,” kata Syahweri. Syahweri mengaku selama ini ia mudik menggunakan moda transportasi udara. Untuk kembali ke Jakarta, Syahweri dan keluarga juga akan kembali menggunakan Kereta Sleeper.

Kenyamanan Kereta Sleeper juga dirasakan Aditya (22), warga Gambir. Menurut dia, fasilitas yang tersedia cukup bagus dan nyaman mengingat perjalanan yang ditempuh bisa mencapai belasan jam. Kereta sleeper, kata dia, salah satu inovasi terbaik dari PT KAI karena tidak membuat pemudik kelelahan. “Fasilitasnya bagus sekali, hampir mirip seperti fasilitas pesawat. Ini baru pertama kali ada di Indonesia,” ujarnya. (Public Relations KAI)

 

 

Booking Button