Tangkap Pelempar Batu, Dirut KAI Beri Penghargaan Kepada Polsuska
Posted: 25.06.2018 Categories: Berita

Direktur Utama PT Kereta Api Indonesia (Persero) Edi Sukmoro didampingi oleh Direktur Keselamatan & Keamanan KAI Apriyono Wedi Chresnanto memberikan penghargaan kepada tiga Polisi Khusus Kereta Api (Polsuska) yang bertugas di Daerah Operasi 5 Purwokerto atas keberhasilannya menangkap pelaku pelemparan batu pada KA 215 Serayu di Cilacap, Senin (25/6). Penghargaan tersebut diserahkan Edi Sukmoro kepada Kepala Peleton Polsuska Wilayah C Kawan Sugiyanto, Supervisor Pengamanan Objek Vital dan Aset Joko Suminto, dan Kepala Regu 3 Polsuska Ikhlas saat melakukan pantauan arus balik Lebaran di Stasiun Kroya, Cilacap.


Direktur Utama KAI Edi Sukmoro memberikan sertifikat penghargaan

Edi Sukmoro mengatakan “Ini adalah bentuk apresiasi perusahaan kepada semua pegawai yang telah melakukan terobosan, dan sudah menjadi hal biasa di KAI. Kita memberikan penghargaan ini, bukan kali pertama untuk petugas-petugas kita yang memang melakukan terobosan pengamanan, penyelamatan, untuk perjalanan Kereta Api ini sendiri,” ujarnya. Edi pun berpesan bahwa “Penghargaan ini jangan sampai membuat lupa diri, tetap lakukan tugas dengan baik demi keselamatan perjalanan KA. Sebisa mungkin harus ada tindakan antisipasi” tegasnya.

Salah seorang penerima penghargaan yakni Joko Suminto mengaku bangga atas penghargaan yang diberikan Dirut KAI. Ia pun mengatakan bahwa keberhasilan ini atas kerja sama yang baik antar tim. “Perasaannya bangga dan hal itu menjadi pemicu bagi kami dalam melaksanakan tugas di wilayah kami, Daop 5” ujarnya.

Sebelumnya, pada Kamis (21/6) lalu, terjadi pelemparan batu terhadap KA 215 Serayu relasi Purwokerto-Kiaracondong-Pasarsenen di antara Stasiun Kawunganten dan Stasiun Gandrungmangu, Cilacap, Jawa Tengah oleh orang tidak dikenal. “Berdasarkan laporan yang kami terima, aksi pelemparan tersebut terjadi sekitar pukul 08.25 WIB di wilayah Gandungmangu-Kawunganten dari arah kiri,” ujar Manajer Humas Daop 5 Purwokerto Ixfan Hendriwintoko. Oleh karena itu, kata dia, Unit Keamanan dan Ketertiban yang dipimpin Manajer Pengamanan Objek Vital dan Aset PT KAI Daop 5 Purwokerto segera menyisir tempat kejadian mulai dari KM 355 hingga KM 358.


Foto bersama usai penyerahan penghargaan

Kurang dari satu jam setelah kejadian, petugas berhasil menangkap seorang remaja berinisial IR (17), warga Desa Bulaksari, Kecamatan Bantarsari, yang sedang mabuk dan telah mengakui perbuatannya melempar KA Serayu yang sedang melintas di Bantarsari. Bahkan, dia juga mengaku telah tiga kali melakukan pelemparan dengan sengaja dan merasa senang apabila mengenai sasaran. Petugas kemudian membawa remaja itu ke Polsek Bantarsari untuk menjalani proses hukum. "Meskipun tidak sampai menimbulkan korban, aksi pelemparan tersebut mengakibatkan kaca pintu bordes kereta ekonomi 3 pecah," ujar Ixfan. (Public Relations KAI)

 

 

 

 

Booking Button