Tingkatkan Kenyamanan Pemudik, KIP Pantau Layanan Informasi KAI
Posted: 25.06.2018 Categories: Berita

Wakil Ketua Komisi Informasi Pusat RI (KIP), Hendra J. Kede beserta jajaran, mengunjungi Stasiun Gambir pada Senin (25/6) untuk melakukan pemantauan secara langsung mengenai pelayanan informasi yang diberikan oleh PT Kereta Api Indonesia (Persero) kepada para pemudik di masa lebaran 2018. Dalam hal ini, Komisi Informasi Pusat (KIP) bekerjasama dengan Direktorat Jendral Informasi dan Komunikasi Publik (IKP) Kementerian Komunikasi dan Informatika menggelar Program Pemantauan Manajemen Layanan Informasi Mudik 2018 guna menciptakan sistem manajemen pelayanan informasi mudik yang transparan dan akuntabel serta mendorong Badan Publik makin dipercaya dan andal, mengingat informasi mudik sebagai informasi publik menjadi vital dan sangat dibutuhkan.


Wakil Ketua KIP, Hendra J. Kede mendengarkan penjelasan dari Manager Customer Relation PT KAI, Erni Sylviane Purba seputar pelayanan informasi Contact Center 121, di Gedung Jakarta Railway Center (JRC) Jakarta, Senin (25/6)

Wakil Ketua KIP, Hendra J. Kede mengatakan, program ini merupakan bentuk pemantauan layanan informasi publik pertama sejak 8 tahun KIP berdiri. Program ini mendasar pada Undang-Undang Nomor 14 Tahun 2008 tentang Keterbukaan Informasi Publik yang mengamanatkan Badan Publik menyediakan informasi yang terkait hajat orang banyak.

“Pasal 10 UU KIP mewajibkan Badan Publik mengumumkan informasi serta merta, apabila terjadi desakan kepentingan atau potensi ancaman, dan informasi yang tersedia setiap saat. Kedua jenis informasi ini, harus didapatkan publik dengan cara cepat, tepat dan sederhana melalui sarana elektronik maupun non elektronik yang tersedia. Karena informasi mudik bersifat masif, high intensity, dinamis, dan rentan perubahan. Pemantauan dilakukan dengan metode monitoring dan evaluasi (monev) terkait tupoksi masing-masing Badan Publik, digabungkan dengan pengamatan lapangan serta sistem informasi yang dikembangkan,” jelas Hendra.


Manager Public Information Care PT KAI, M. Ilud Siregar, menjelaskan tentang pelayanan informasi untuk pemudik di Stasiun Gambir kepada Wakil Ketua Komisi Informasi Pusat (KIP), Hendra J. Kede, saat visitasi atau pantauan lapangan KIP ke Stasiun Gambir, Senin (25/6).

Saat visitasi atau pantauan lapangan KIP ke Stasiun Gambir, EVP Daop 1 Jakarta R Dadan Rudiansyah didampingi Manager Public Information Care M Ilud Siregar dan Kepala Stasiun Gambir Rizki Afrida menjelaskan pelayanan informasi yang diberikan kepada penumpang KA di Stasiun Gambir. Kegiatan ini dilanjutkan dengan peninjauan secara langsung pelayanan informasi yang diberikan oleh para petugas Contact Center 121. Melalui kegiatan ini, diharapkan dapat menciptakan mudik yang aman, nyaman, dan lancar dengan mendorong keterbukaan informasi lalu lintas dan perhubungan. (Public Relations KAI)

 

Booking Button