Sambut Asian Games 2018, KAI Tinjau Kesiapan LRT Sumsel
Posted: 05.07.2018 Categories: Berita

Sebagai salah satu bentuk dukungan terhadap Asian Games 2018 yang akan berlangsung pada Agustus mendatang, PT Kereta Api Indonesia (Persero) terus melakukan pemantauan terhadap kesiapan pengoperasian LRT (Light Rail Transit) Sumatera Selatan yang dijadwalkan akan diresmikan oleh Presiden RI Joko Widodo pada 15 Juli 2018. Untuk memastikan semua berjalan dengan baik, Direktur KAI beserta jajaran terkait melakukan peninjauan langsung ke Depo LRT Jakabaring dan Stasiun Jakabaring pada Kamis (5/7).


Direktur Keselamatan dan Keamanan KAI Apriyono Wedi Chresnanto sedang mengecek interior LRT Sumatera Selatan

Tinjauan kali ini melihat progress pekerjaan dan kesiapan operasional LRT Palembang agar dapat berjalan dengan baik dalam mendukung transportasi Asian Games 2018 di Palembang yang saat ini progress secara keseluruhan telah mencapai 95%. Dalam kunjungan kali ini, KAI bersama  Waskita Karya, Satker LRT, Telkom, dan LEN juga melakukan rapat bersama terkait sistem pelayanan tiket LRT Sumatera Selatan. Rapat ini juga untuk mengetahui kendala atau permasalahan yang terjadi di lapangan terkait dengan progress pekerjaan LRT agar segera ditangani sehingga nantinya LRT dapat beroperasi dengan baik dan rampung tepat waktu sesuai rencana dengan tetap mengutamakan keselamatan.


Jajaran KAI memeriksa pembangunan Depo LRT Sumatera Selatan

Sebelumnya, pada Rabu (4/7), telah dilakukan uji coba dinamis pada LRT dengan melintasi rel sepanjang 23,4 km dari Depo Jakabaring hingga sampai ke Stasiun Bandara Sultan Mahmud Badaruddin II dengan kecepatan rata-rata 80 km per jam. Uji coba dimulai sejak pukul 01.30 WIB sampai dengan pukul 04.30 WIB. Pejabat Pembuat Komitmen LRT Palembang Suranto mengatakan uji dinamis berjalan mulus. “Hasil tes satu jalur, semuanya berjalan mulus dan tak ditemukan kendala. Setela ini kita akan lakukan tes dinamis di jalur kedua,” kata Suranto. Nantinya dalam satu rangkaian kereta diperkirakan dapat menampung sebanyak 300 hingga 530 penumpang. Hasil uji dinamis ini, menandakan LRT Palembang siap beroperasi sebelum Asian Games dan menjadi transportasi andalan masyarakat Sumatera Selatan, khususnya di Palembang.


Jajaran Direktur KAI memastikan sistem e-gate dan e-ticketing berfungsi dengan baik

Presiden Joko Widodo pun turut memberikan respon yang positif terkait LRT Palembang. Ia menyampaikan bahwa dengan selesainya pembangunan dan uji coba LRT Palembang ini, dapat menjadi satu tumpuan perubahan budaya baru di sektor transportasi Indonesia. Inilah LRT pertama di Indonesia yang sekaligus akan membawa budaya baru transportasi di Tanah Air. Sebagai salah satu tuan rumah Asian Games 2018, para atlet dan masyarakat umum yang datang ke pesta olah raga akbar bangsa-bangsa Asia ini sudah dapat memanfaatkan fasilitas LRT ini". (Public Relations KAI)

 

Booking Button