KAI Menjadi Partner Resmi Asian Games 2018
Posted: 06.07.2018 Categories: Berita

Indonesia kembali dipercaya menjadi tuan rumah pesta olahraga negara-negara Asia, Asian Games 2018 yang akan digelar pada 18 Agustus hingga 2 September 2018 mendatang. PT Kereta Api Indonesia (Persero) bersama perusahaan lain yang menjadi sponsor Asian Games 2018 melakukan penandatanganan perjanjian kerja sama sebagai sponsor Asian Games 2018 dengan Indonesia Asian Games Organizing Commite (INASGOC), di Kantor Wapres, Jalan Medan Merdeka Utara, Jakarta Pusat, Jumat (6/7).


Direktur Utama KAI Edi Sukmoro (baris kedua, kelima dari kanan) saat foto bersama Wapres RI Jusuf Kalla, Menteri PMK Puan Maharani, Menteri BUMN Rini M Soemarno, Ketua INASGOC Erick Thohir, dan perusahan lainnya yang menjadi sponsor Asian Games 2018. Foto Kementerian BUMN

Wakil Presiden RI Jusuf Kalla dalam sambutannya menyatakan  bahwa terdapat tiga hal pokok dalam menyukseskan Asian Games yakni infrastruktur, penyelenggaraan, dan prestasi. ”Secara keseluruhan pembangunan venue  sudah mencapai 95-96%. Jadi akan selesai pada akhir Juli,” ujar Jusuf Kalla. Ia mengatakan bahwa keberlangsungan Asian Games 2018 ini juga membutuhkan dukungan sponsor, karena itu ia pun mengucapkan terima kasih kepada semua pihak yang mensponsori penyelenggaraan Asian Games 2018. “Dengan adanya sponsor maka akan memperkecil beban pemerintah,” ujarnya.

Pada kesempatan yang sama, Ketua INASGOC Erick Thohir mengatakan sejauh ini sudah ada puluhan mitra sponsor yang bergabung dalam Asian Games 2018. Beberapa perusahaan memberikan sponsor berupa uang tunai hingga sponsor berbentuk barang atau jasa. Erick mengungkapkan target sponsor yang didapat meningkat 160 persen, dari target awal sponsor senilai Rp 300 miliar.  "Adapun official prestige partner sampai saat ini (sudah) ada 11 sponsor, lalu official partner 4 sponsor, official sponsor 5, supporting sponsor 12, official supplier sponsor 10," kata Erick. Penandatanganan sponsor disaksikan Jusuf Kalla, Menko PMK Puan Maharani dan Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Rini Soemarno.

PT Kereta Api Indonesia (Persero) sendiri terpilih sebagai official supplier sponsor Asian Games tahun ini. PYMT Direktur Komersial dan TI KAI Apriyono Wedi Chresnanto menjelaskan bahwa pihak KAI juga akan mendukung transportasi atlet yang akan bertanding di cabang olahraga Asian Games 2018. “Seperti LRT Sumatera Selatan itu sudah pasti. Jakarta-Bandung kemungkinan Parahyangan. Yang pasti, kami dari PT KAI pasti mendukung, promosinya juga kami pasti mendukung,” jelasnya.


Wapres RI Jusuf Kalla memberikan sambutan. Foto SetWapres

Untuk menyosialisasikan semangat Asian Games 2018, KAI telah menyediakan dua stasiun yang dipasangi materi promosi Asian Games 2018, yakni Stasiun Gambir di Jakarta dan Stasiun Kertapati di Palembang. Selain itu, terdapat 16 kereta eksekutif di rangkaian KA Argo Parahyangan dan KA Argo Wilis, dan 8 kereta pada rangkaian KA Limex yang sudah di branding sarananya dengan poster Asian Games 2018. KAI juga melakukan pemasangan umbul-umbul sosialisasi Asian Games 2018 di stasiun-stasiun lain agar semarak Asian Games 2018 menggema tidak hanya di Jakarta dan Palembang saja. Sosialisasi juga dilakukan melalui penayangan video-video seputar Asian Games 2018 di televisi kereta api sehingga dapat memberikan informasi dan edukasi kepada pengguna jasa KA tentang pelaksanaan Asian Games 2018.

Direktur Utama KAI Edi Sukmoro juga mengharapkan bahwa dengan meningkatnya awareness masyarakat tentang Asian Games 2018, maka dukungan masyarakat akan lancar dan suksesnya penyelenggaraan Asian Games 2018 juga meningkat. “Ajang Asian Games 2018 ini juga sekaligus menjadi pembuktian, bahwa Indonesia mampu memberikan pelayananan transportasi khususnya di bidang perkeretaapian yang tak kalah saing dengan negara-negara maju di luar sana,” ujarnya. (Public Relations KAI)

 

 

Booking Button