Sukses Layani Angkutan Lebaran 2018 KAI Dapatkan Penghargaan
Posted: 06.07.2018 Categories: Berita

Direktur Utama PT Kereta Api Indonesia (Persero) Edi Sukmoro mendapatkan piagam penghargaan atas dukungan sepenuhnya secara aktif dalam Penyelenggaraan Angkutan Lebaran Tahun 2018 yang diberikan pada malam apresiasi penyelenggaraan Angkutan Lebaran tahun 2018 yang diselenggarakan oleh Kementerian Perhubungan RI di Gedung Pancagatra Dwiwarna Lemhannas RI pada Jumat (6/7). Penyerahan piagam penghargaan kepada stakeholders yang telah membantu pelaksanaan kegiatan angkutan lebaran 2018 diserahkan oleh Sekretaris Jenderal Kementerian Perhubungan Djoko Sasano. Penghargaan ini diterima oleh Muhammad Nurul Fadhila selaku Direktur Pengelolaan Sarana KAI mewakili Direktur Utama KAI Edi Sukmoro.


Direktur Pengelolaan Prasarna KAI MN Fadhila mewakili Direktur Utama KAI Edi Sukmoro menerima penghargaan

Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi menyampaikan apresiasi dan rasa terima kasih yang mendalam kepada seluruh pihak (stakeholder) yang telah menyukseskan angkutan lebaran tahun 2018/1439 H. “Kepada seluruh pihak yang terlibat secara langsung maupun tidak langsung dalam penyelenggaraan dan pelaksanaan Angkutan Lebaran Terpadu Tahun 2018/1439 H, khususnya kepada mereka yang berperan pada penyelenggaraan Posko Terpadu Angkutan Lebaran Tingkat Nasional, saya menyampaikan ucapan terima kasih dan penghargaan yang sebesar-besarnya. Kebahagiaan itu dapat dicapai masyarakat antara lain melalui mudik lebih cepat, angka kecelakaan turun, juga mencapai tempat mudik itu lebih cepat. Tentunya kebahagiaan ini harus terus kita jaga,” ujar Menhub.

Menhub juga memaparkan, terjadinya penurunan pengguna sepeda motor dan jumlah kecelakaan pada mudik Lebaran tahun ini tidak terlepas dari adanya mudik gratis yang diadakan oleh berbagai instansi. Budi mengapresiasi semua pihak yang telah mendukung jalannya mudik gratis. Menurutnya, kuota mudik gratis pada tahun ini telah berjalan optimal. “Program mudik gratis yang diselenggarakan tahun ini secara total mengalami kenaikan dibanding tahun lalu, di mana mudik gratis sepeda motor mengalami kenaikan sebesar 42,74 persen dan penumpang mengalami kenaikan 63,25 persen. Saya berterima kasih kepada semua pihak yang mengkoordinasi mudik gratis karena dengan begitu angka kecelakaan turun dan jumlah pengguna sepeda motor selama mudik juga turun”,  ujar Budi.


Sambutan Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi

Seperti pada tahun sebelumnya, pada masa angkutan Lebaran 2018 KAI kembali bekerja sama dengan Kementerian Perhubungan menyelenggarakan angkutan motor gratis. Tahun ini, sebanyak 17.147 unit motor telah diangkut menggunakan KA, dan mengalami peningkatan dari tahun sebelumnya. Untuk mengurangi penggunaan kendaraan bermotor pribadi dan mengurangi kecelakaan di jalan raya selama masa angkutan Lebaran, KAI juga menyukseskan program mudik gratis bertajuk Mudik Bareng BUMN yang digagas Kementerian BUMN. Sebanyak 1.424 penumpang telah diberangkatkan untuk mudik ke kampung halamannya pada program ini menggunakan tujuh KA pada 5-7 Juni 2018 lalu.

Selama 22 hari masa angkutan lebaran yang dimulai sejak 5 Juni 2018 sampai dengan 26 Juni 2018, KAI telah mengangkut total sebanyak 6,2 juta penumpang. Jumlah penumpang tersebut mengalami peningkatan sebesar 6,59% dari jumlah total penumpang KA utama dan lokal pada tahun 2017. Dari segi operasional KA, lebaran tahun ini menunjukkan peningkatan positif dibandingkan tahun lalu, yakni dengan ketepatan keberangkatan KA reguler dan tambahan yang tercatat sebesar 99,46% dan 98,12%. Angka tersebut membaik dari tahun lalu yang hanya mencapai sebesar 98,56% dan 95,9%. (Public Relations KAI)

 

 

 

Booking Button