Bakti Sosial Pelayanan Kesehatan Rail Clinic di Stasiun Jenar
Posted: 10.07.2018 Categories: Berita

PT Kereta Api Indonesia (Persero) merupakan salah satu perusahaan BUMN yang terus melakukan inovasi. Berbagai gebrakan dan terobosan-terobosan baru selalu dimunculkan oleh KAI. Tidak hanya dalam segi bisnis atau komersialnya saja, inovasi-inovasi juga dilakukan KAI dalam bakti sosialnya. Salah satu gebrakan KAI adalah membuat kereta khusus yang melayani kesehatan masyarakat yaitu Rail Clinic. Rail Clinic dilengkapi dengan berbagai fasilitas kesehatan, seperti alat pemeriksaan untuk mata, ruang pengobatan, apotik hingga dokter, dan perawat. Pada Selasa (10/7), KAI melaksanakan Bakti Sosial Pelayanan Kesehatan menggunakan Rail Clinic di Stasiun Jenar. Kegiatan ini diikuti 300 warga Jenar dan sekitarnya. Selain itu dilakukan pula pemberian 38 kacamata gratis bagi siswa SD Bragolan dan Jenar Wetan.


Seorang warga mendapat pelayanan pemeriksaan kesehatan gigi di Rail Clinic

EVP Daop 6 Yogyakarta Yogyakarta Eko Purwanto mengemukakan, Rail Clinic dibangun untuk memberi layanan kesehatan untuk masyarakat sekitar jalur kereta yang sulit dilalui kendaraan lain. Keberadaan Rail Clinic, lanjutnya, juga upaya mendekatkan KAI dengan masyarakat sekitar jalur kereta. "Kesehatan masyarakat terlayani, imbasnya kami harapkan mereka mau sama-sama menjaga keamanan perjalanan kereta dan aset-aset milik KAI," tandasnya. Eko menambahkan bahwa Rail Clinic ini merupakan bentuk tanggung jawab sosial perusahaan atau corporate sosial responsibility (CSR), juga bukti nyata BUMN Hadir Untuk Negeri.

Camat Purwodadi Drs Heri Raharjo menanggapi kegiatan ini dan menyampaikan terimakasih atas pelayanan kesehatan untuk masyarakat Jenar karena telah mengalokasikan sebagian pendapatan KAI untuk memperhatikan kesehatan warga. “Kami dan warga akan mendukung KAI untuk ikut menjaga perjalanan KA dengan menyiarkan kepada warga lainnya untuk tidak beraktifitas di rel dan melempar KA. "Mari kita menjaga aset KAI karena nanti akan kembali ke pelayanan yang lebih baik", tutupnya.


EVP Daop 6 Yogyakarta Eko Purwanto berfoto bersama dengan perwakilan siswa SD yang mendapatkan kacamat gratis

Sumari (42) warga Jenar Wetan menjelaskan, dirinya mengapresiasi kepada KAI yang telah menyelenggarakan pelayanan kesehatan secara gratis bagi warga Jenar dan sekitarnya, Jelasnya. “Saya harap acara seperti ini bisa sering dilaksanakan, saya akan datang kembali untuk mengecek penyakit saya, semoga dengan adanya berobat gratis ini bisa terbantu,” harap Sumarni.

Pada kegiatan ini KAI juga membawa Rail Library yang berisi buku bacaan, tayangan video edukasi, dan ruang belajar. Tersedia pula 6 monitor sentuh yang menyuguhkan kisah tentang kereta api dan topik edukasi lainnya yang mengusung konsep e-library. “Untuk di dalam Rail Library terdapat perpustakaan manual dengan beragam buku bacaan anak-anak sampai dewasa. Selain itu, tersedia pula fasilitas e-library yang dilengkapi enam buah monitor layar sentuh dengan database berbagai bacaan, video edukati,” ucap Eko Purwanto.


pengunjung mencoba e-library pada Rail Library

Siswa SD Bragolan Purwodadi Setiawan Agus Purnomo mengaku senang berkunjung ke Rail Library saat ada di Jenar. Ia datang bersama ibunya yang kebetulan akan memeriksakan kesehatan di Rail Clinic. "Ibu periksa kesehatan, saya dan adik naik Rail Library. Asyiknya ngadem di sini, jadi nyaman untuk belajar dan cari berbagai informasi," ungkapnya. Ia mengaku akan kembali naik dan belajar di Rail Library apabila kereta itu datang ke Stasiun Jenar. "Kalau dengar keretanya akan datang, saya mau main ke Rail Library." tandasnya. (Public Relations KAI)

 

Booking Button