KAI Raih Penghargaan Tingkat Nasional untuk Bidang Pelayanan
Posted: 03.08.2018 Categories: Berita

The Best Contact Center Indonesia (TBBCI) kembali digelar pada tahun 2018 ini dengan antusias peserta yang sangat tinggi. Penghargaan TBCCI kali ini diikuti oleh 54 perusahaan dan 502 peserta pada kategori individu. Penghargaan The Best Contact Center Indonesia dilaksanakan sebagai upaya Asosiasi praktisi contact center ICCA untuk mengembangkan contact center industri di Indonesia. Khususnya dalam meningkatkan peran serta karyawan dalam mengembangkan kemampuan, kreativitas dan kinerja dalam mengelola contact center.Untuk ketegori Teamwork, diikuti oleh 26 perusahaan dengan 324 peserta dan kategori Talent diikuti oleh 18 perusahaan dengan 75 peserta. Sedangkan kategori korporat diikuti oleh 38 perusahaan dengan 89 kategori. Ajang penghargaan ini diselenggarakan oleh Indonesian Contact Center Association (ICCA). Yang mana merupakan upaya mendukung peningkatan kompetensi praktisi Contact Center dan perusahaan dalam memberikan pelayanan bagi konsumen. Dewan juri pada ajang ini berasal dari kalangan akademisi, praktisi, pengurus ICCA, profesional hingga juri Internasional yang tergabung di dalam APCCAL (Asia Pacific Contact Centre Association Leaders).


Jajaran KAI berfoto bersama usai mendapatkan penghargaan

Seluruh peserta diseleksi melalui berbagai tes baik tertulis sampai presentasi pada 4 Juli hingga 2 Agustus 2018. Sebelum pelaksanaan kegiatan presentasi tersebut, peserta lomba sebelum telah mendapatkan pembekalan dari panitia yang dilaksanakan pada bulan april yaitu 9-19 April 2018. Setiap kategori mendapatkan 1 hari pembekalan materi tes tertulis dan persiapan presentasi. Mereka juga mendapatkan kesempatan uji coba ujian dengan materi pembekalan yang telah disampaikan. Hal ini membuat mereka bisa menyiapkan diri untuk ujian dengan baik. Setelahnya mereka menjalani Test Tertulis pada 9 Mei 2018. Ujian tertulis yang dilaksanakan panitia mencakup materi pengetahuan contact center, keterampilan pelayanan, dimensi kualitas pelayanan, teknologi contact center dan ukuran kinerja pelayanan contact center. Materi ujian tertulis terbagi dalam 7 kelompok yaitu agent, customer service, sosial media, team leader, support, quality dan trainer, serta supervisor dan manager.

Dari 42 kategori yang dilombakan akan terpilih pemenang Platinum atau Juara 1, Gold (Juara 2), Silver (Juara 3) dan Bronze (Juara 4). Setiap pemenang akan mendapatkan hadiah berupa benchmarking atau site visit contact center keluar negeri. Tentunya semangat untuk berlomba dan mendapatkan hadiah berupa jalan-jalan keluar negeri. Pemenang ditentukan dengan kombinasi penilaian juri pada lomba presentasi dan hasil ujian tertulis. Komposisinya adalah 30% dari ujian tertulis dan 70% dari nilai presentasi. Pada dasarnya ini kombinasi yang baik, supaya seimbang antara kemampuan komunikasi dan pengetahuan peserta. Penilaian presentasi memperhatikan kemampuan presentasi, materi presentasi, penampilan dan kemampuan menjawab pertanyaan fish bowl. Bagi peserta pertanyan fish bowl adalah kejutan yang menantang, sehingga mereka harus menyiapkan jawaban dari beberapa variasi pertanyaan yang disiapkan panitia.

Malam penghargaan The Best Contact Center Indonesia 2018 diadakan pada Jumat (3/8), di Hotel Bidakara, Jakarta. PT Kereta Api Indonesia (Persero) berhasil membawa pulang 21 penghargaan baik untuk perusahaan maupun individu. Malam penghargaan ini juga turut dihadiri oleh PYMT Direktur Komersial dan TI KAI Apriyono Wedi Chresnanto beserta jajaran KAI lainnya.

Adapun penghargaan yang KAI dapatkan adalah:

  • 4 Platinum (Best of The Best Customer Service, Best Customer Service, Best Agent English, Best Agent Social Media),
  • 7 Gold (Best Writing, Business Process, Best of The Best Team Leader, Best of The Best Back Office, Best Agent English, Contact Center Operation, Business Contribution),
  • 6 Silver (Reliable, Schedulling, Best of The Best Customer Service, Best Customer Service, Best of The Best Specialist, Best Agent Inbound) dan
  • 3 Bronze (People Development, Employee Engagement, Social Media)

Atas total penghargaan yang diraih, maka KAI berhak mendapat penghargaan sebagai Runner Up #5 Grand Championship.


PYMT Direktur Komersial dan TI KAI Apriyono Wedi Chresnanto (tengah) beserta jajaran KAI menerima penghargaan di The Best Contact Center Indonesia 2018

Perolehan tersebut merupakan peningkatan kualitas pelayanan KAI dimana pada ajang yang sama pada tahun sebelumnya, KAI telah memperoleh 16 penghargaan. Penghargaan yang telah didapat oleh KAI tersebut membuktikan bahwa kualitas pelayanan KAI, khususnya di bidang pelayanan Contact Center 121 dan Customer Service selalu meingkat dan semakin baik. Penghargaan dan pengakuan dari masyarakat merupakan hal yang sangat penting bagi KAI, oleh karena itu KAI akan terus meningkatkan kualitas layanannya agar masyarakat semakin dekat dengan KAI.

Direktur Utama KAI Edi Sukmoro mengucapkan selamat kepada jajaran KAI yang berhasil menjadi pemenang. “Maju terus KAI , Bravo keluarga besar KAI, dan salut atas capaian yang telah diraih,” dalam pesannya kepada seluruh jajaran KAI melalui surat elektronik. (Public Relations KAI)

 

Booking Button