KAI Berikan Bantuan Kepada Korban Bencana Gempa Lombok
Posted: 08.08.2018 Categories: Berita

Pada hari Rabu (8/8) PT Kereta Api Indonesia (Persero) menyerahkan bantuan Tanggap Bencana Gempa Bumi Nusa Tenggara Barat. Bantuan sebesar Rp200.000.000 diserahkan oleh Junior Manager Protocol KAI Agus Setijono dan Pelaksana Partnership Program KAI Arizal kepada Assistant Vice President Bank Mandiri area Mataram I Gde Nyoman Sudharmadi sebagai PIC BUMN Peduli Bencana Lombok. Bantuan ini merupakan wujud kepedulian KAI kepada para korban bencana gempa di Lombok dan sekitarnya.


Penyerahan Bantuan CSR KAI kepada Perwakilan Bank Mandiri sebagai PIC BUMN Peduli Bencana Lombok

Gempa 7 SR yang mengguncang Lombok dan sekitarnya pada Minggu malam (5/8) pukul 18.46 WITA menelan ratusan korban jiwa dan kerusakan bangunan. Berdasarkan keterangan resmi Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geologi, pusat gempa berada di daratan yakni pada titik koordinat 8.37 Lintang Selatan 116.48 Bujur Timur, pada kedalaman 15 kilometer. Gempa ini sempat berpotensi tsunami pada level waspada hingga akhirnya peringatan tersebut dicabut.  Jumlah korban meninggal dunia mencapai 131 jiwa di beberapa daerah. Selain itu terdapat 1.477 orang yang mengalami luka berat dan sedang rawat inap. Saat ini para korban bencana mulai terserang penyakit. Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPDB) mengatakan total korban yang mengalami diare mencapai 28 orang dan telah mendapatkan perawatan medis.

BNPB mencatat ribuan pengungsi tersebar di banyak tempat namun belum semua pengungsi memperoleh bantuan. Adapun jumlah pengungsi hingga saat ini mencapai 156.003 orang. Kondisi pengungsi cukup memprihatinkan, mereka membutuhkan obat-obatan dan bantuan logistik lainnya. “Kebutuhan mendesak saat ini tenda pengungsi, makanan siap saji, air mineral, selimut, terpal”, demikian bunyi keterangan tertulis dari BPBD.  Sesuai dengan kebutuhan para korban gempa tersebut, PIC BUMN Peduli Bencana Lombok membelikan barang-barang kebutuhan para korban bencana berupa tenda, terpal, selimut, beras, mie instan, makanan bayi, susu, biscuit, minyak goreng, gula, teh, dan air mineral menggunakan dana bantuan dari KAI. Bantuan ini diharapkan dapat meringankan cobaan yang dihadapi para korban bencana gempa.


Penyerahan bantuan yang sudah dibelikan sesuai kebutuhan korban ke Posko BUMN Peduli Bencana Lombok

Bantuan bencana dipusatkan  pada wilayah Lombok utara Kecamatan Tanjung yang terdampak gempa paling parah mulai dari Kecamatan Bayan, Kecamatan Kayangan, Kecamatan Gangga hingga Kecamatan Pemenang. Kondisi di wilayah Lombok Utara pasca gempa mengalami retaknya jembatan-jembatan, aspal yang rusak, serta banyak pohon tumbang. “Dampak terparah memang di Lombok Utara karena episentrumnya ada disana. Skala yang dirasakan lebih dari 7 MMI (Modified Mercalli Intensity)”, kata Kepala Pusat Data Informasi dan Humas BNPB Sutopo Purwo Nugroho dalam Konferensi Pers di Jakarta. (Public Relations KAI)

 

Booking Button