Corporate of Practice ke-7 diadakan di Sport Center Pusdiklat Ir. H. Djuanda KAI
Posted: 08.08.2018 Categories: Berita

PT Kereta Api Indonesia (Persero) berkesempatan menjadi tuan rumah kegiatan Corporate of Practice (CoP) ke-7 Forum Komunikasi Transformasi Kementerian/Lembaga dan BUMN yang dilaksanakan di Sport Center Pusat Pendidikan dan Pelatihan Ir. H. Djuanda, Bandung pada Rabu (8/8). Pada CoP ke-7 ini tema yang diusung adalah Service Excellence Commitment yang. CoP merupakan Forum Kementerian/Lembaga dan BUMN yang sudah maupun sedang bertransformasi. Forum yang diinisiasi oleh Bank Indonesia ini merupakan salah satu media untuk mengkomunikasikan hasil transformasi kementerian/lembaga dan BUMN serta menyelaraskan kebijakan lembaga dengan perkembangan trend dunia dan nasional. Sebanyak 95 peserta dari 31 institusi yang berasal dari berbagai Kementerian/Lembaga dan perusahaan BUMN serta anak perusahaan KAI mengikuti acara tersebut. Beberapa perwakilan KAI yang turut hadir ialah Direktur Keselamatan dan Keamanan KAI Apriyono Wedi Chresnanto, Direktur SDM dan Umum KAI R. Ruli Adi, serta jajaran KAI dan anak usaha KAI lainnya.


Peserta CoP ke-7 melakukan foto bersama

“CoP mengarah pada sebuah transformasi, apapun itu judulnya. Prinsip kita yg pertama adalah komitmen, yang kedua adalah manajeman harus terus berubah seiring dengan keilmuan kita yang terus berkembang cepat, dan yang ketiga semuanya tidak bisa berjalan dengan baik tanpa sarana dan prasarana. Kuncinya yg terberat adalah komitmen manajemen dan kontiniuitas.“ ujar Ruli Adi dalam sambutannya. Ruli Adi menjelaskan bahwa dalam organisasi itu diibaratkan seperti sebuah lingkaran. Tidak akan bisa sebuah lingkaran yang sempurna dibentuk hanya dengan seorang diri. Sebuah lingkaran pun tidak bisa terbentuk sempurna jika ada satu komponennya yang hilang. “Pembangunan negeri ini tidak semata-mata ekonomi. Semua lembaga-lembaga bekerjasama dengan bidangnya masing-masing. CoP kali ini mewakili kekompakan dan bagaimana kita mengkomunikasikannya.” ujar Koordinator acara CoP,  Harimurti Gunawan selaku Kepala Grup Pengembangan Kelembagaan Bank Indonesia. “Bahwa ternyata  KAI sangat luar biasa. KAI begitu tegar dan progresnya sangat luar biasa.”  tambahnya.

Sesi selanjutnya adalah pemaparan materi dari 4 lembaga yaitu Kemenhub, KAI, Go-Pay, dan Angkasa Pura 2. Radjalis selaku Kapala Bidang Tata Kelola Sistem Pelayanan Sarana dan Prasarana Transportasi Kementrian Perhubungan menyampaikan paparan yang pertama. Radjalis memaparkan mengenai peningkatan kualitas pelayanan publik saat ini hingga harapan dan strategi untuk menciptakan pelayanan publik yang lebih baik.


Suasana presentasi dari Direktur Keselamatan dan Keamanan KAI Apriyono Wedi Chresnanto (kedua kiri)

Dilanjutkan materi selanjutnya yang dipaparkan oleh Apriyono Wedi Chresnanto. Ia menceritakan mengenai Transformasi KAI sejak tahun 2009 dan perjalanan 5 tahun KAI. Ia juga menjelaskan bahwa saat ini KAI telah mencapai tahap Customer Oriented dengan cara Providing Service. Berbagai pertanyaan muncul mengenai transformasi yang telah dilakukan oleh KAI sejak tahun 2009. Apriyono menjelaskan bahwa dalam sebuah transformasi, yang perlu diperbaiki terlebih dahulu adalah sumber daya manusianya. Lalu selanjutnya adalah pelayanan maksimal yang terus diberikan. “Batas dari melayani itu adalah tidak ada batasnya.” ujar Apriyono.

Materi ketiga disampaikan oleh Aldi Haryopratomo selaku CEO Go-pay. Aldy menjelaskan  tentang bagaimana membuat sebuah budaya pelayanan di era digital ini. Dengan teknologi yang semakin berkembang teknologi itu menjadi suatu alat untuk kita memberikan pelayanan yang lebih baik lagi. Lalu pemaparan materi yang terakhir dilakukan oleh tim PT Angkasa Pura II yang beranggotakan M Yaser Khalex  selaku Senior Manager Service Delivery Engagement, Teguh Darmawan Saiman selaku Senior Manager Service Planing & Perfomance, Anindita Galuh Wardani selaku Assistant Vice President Airport Service Strategy.


Suasana Olympic Fun Race

Setelah sesi tanya jawab untuk para pemateri, lalu dilanjutkan dengan games Olympic Fun Race yang dipandu oleh Trainer Gina Rahmalia. Seluruh peserta dibagi menjadi beberapa kelompok yang beranggotakan 13-14 orang. Olympic Fun Race berisi 5 games diantaranya, Mini Golf, Basket, Bowling Virtual, Kick Hamer, dan Penalty Kick. Keseruan terjadi saat games berlangsung. Para peserta sangat bersemangat dan antusias untuk memenangkan games yang ada. Kegiatan CoP di Sport Center Pusdklat Ir H Juanda kali ini diakhiri dengan sesi wisata dari Stasiun Bandung menuju ke Stasiun Gambir menggunakan KA Wisata. (Public Relations KAI)

 

 

Booking Button