KA Wijayakusuma Diperpanjang Sampai Banyuwangi
Posted: 01.09.2018 Categories: Berita

PT Kereta Api Indonesia (Persero) meresmikan rute baru Kereta Api Wijayakusuma pada Sabtu (1/9) di area halaman Stasiun Banyuwangi. Rute KA Wijayakusuma yang awalnya Cilacap - Solo, kini diperpanjang menjadi Cilacap - Banyuwangi. Peresmian rute baru KA Wijayakusuma ini dihadiri oleh Corporate Deputy Director of Passenger Transport Marketing and Sales  KAI Mukti Jauhari, Wakil Bupati Yusuf Widyatmoko, dan VP Daop 9 Jember Heri Siswanto, dan Komunitas Railfans Daop 9 jember.


Pemotongan Pita peresmian perpanjangan rute KA Wijayakusuma

Dalam kesempatan tersebut Mukti Jauhari menyampaikan, adanya KA Wijayakusuma ini, untuk memudahkan para pengguna jasa angkutan KA khususnya jarak jauh yang mau berwisata ke Banyuwangi dengan modal transportasi darat. Mengingat kini Banyuwangi sebagai salah satu destinasi wisata unggulan di Indonesia, rute ini bisa berdampak pada meningkatnya kunjungan wisatawan di daerah ini. "Perpanjangan KA Wijayakusuma ini untuk mengakomodir tingginya antusiasme pengguna jasa KA yang ingin ke Banyuwangi," ujar Mukti. Heri Siswanto menambahkan bahwa keberadaan KA ini juga untuk mempermudah penumpang yang ingin menuju Jawa Tengah dari Banyuwangi. “"Banyak penumpang yang mau ke Jateng (Jawa Tengah) atau Jakarta harus berganti-ganti kereta, di Bangil, di Surabaya. Karena mereka ingin naik eksekutif ke tempat tujuan," kata Heri.


Penampilan tarian tradisional di Wijayakusuma Festival

Di kesempatan yang sama Yusuf  Widyatmoko berharap agar  KAI dapat terus menambah jadwal KA jarak jauh, agar masyarakat Banyuwangi dan sekitarnya lebih banyak pilihan transportasi untuk datang dan pergi dari kota Banyuwangi. "Gerbong kelas eksekutif tentunya akan menambah minat mereka pergi ke Banyuwangi menggunakan transportasi kereta api,” ujar Yusuf. Keberadaan KA Wijayakusuma ini juga akan meningkatkan kehadiran wisatawan di Banyuwangi baik lokal maupun internasional. "Potensi wisata di Banyuwangi sudah berkembang dengan sangat pesat, sehingga sudah layak untuk diperhitungkan, " jelasnya.


VP Daop 9 Jember Heri Siswanto memberikan hadiah kepada pemenang lomba mewarnai

Dalam peresmian rute Wijayakusuma, KAI menggelar Festival di Stasiun Banyuwangi pada tanggal 31 Agustus - 1 September 2018. Festival ini menampilkan  kesenian lokal seperti, Tarian Gandrung, Barong Osing Banyuwangi, Genjek, talkshow tentang potensi pariwisata dan  penampilan band akustik Emil and Friends dari Ngalam Jazz yang mengawali kegiatan Lomba mewarnai tingkat Taman Kanak-Kanak, stand UMKM binaan, serta Both  KAI Wisata.  Masyarakat juga dapat menikmati kuliner khas Jawa Timur dari tenant yang memeriahkan bazaar di festival ini, serta membeli tiket KA jarak jauh dan menengah untuk keberangkatan sampai dengan 90 hari ke depan di stand KAI dengan potongan harga sebesar 10 persen. Hal ini dilakukan untuk mendukung kemeriahan peresmian KA Wijayakusuma relasi Banyuwangi-Cilacap (PP). (Public Relations KAI)

 

Booking Button