Silaturahmi KAI Dengan Gubernur Sri Sultan Hamengkubuwono X
Posted: 10.09.2018 Categories: Berita

Direktur Utama PT Kereta Api Indonesia (Persero) Edi Sukmoro melakukan silaturahmi dengan Gubernur DIY Sri Sultan Hamengkubuwono X, di Bangsal Kepatihan Kantor Gubernur DIY pada Senin (10/9). Silaturahmi ini merupakan rangkaian peringatan Hari Ulang Tahun ke-73 KAI. Dalam kegiatan ini pula dilakukan penyerahan Buku Nalika Tanah Jawa Sinabukan Ril yang merupakan buku terbitan KAI yang berisi sejarah perkeretaapian di wilayah Jawa Tengah.


Penyerahan Cinderamata dari Direktur Utama KAI Edi Sukmoro kepada Gubernur DIY Sri Sultan Hamengkubuwono X

Dalam sambutannya Edi Sukmoro menyampaikan terima kasih kepada Sri Sultan Hamengkubuwono X karena telah menyempatkan hadir dalam kegiatan ini. Lalu ia pun menambahkan bahwa PT KAI (Persero) mendapat posisi yg cukup baik saat ini karena pemerintah memberikan dukungan tinggi untuk transportasi kereta api. Harapannya, tahun ini KAI dapat meningkatkan jumlah penumpang menjadi 399 juta penumpang. "Pihak KAI yg pasti ingin memberikan dan meningkatkan pelayanan yg maksimal kepada masyarakat supaya tidak merosot," ujarnya.

Menanggapi hal tersebut, Sri Sultan Hamengkubuwono X mengatakan pertemuan ini semakin bermakna karena hari ini merupakan rangkaian hari jadi KAI dan kedepannya Pemda DIY siap menjadi mitra strategis KAI untuk bersama-sama mewujudkan inovasi dan mimpi. "Silaturahmi ini dapat memberikan manfaat bagi semua pihak khususnya masyarakat Yogyakarta," ucap Sri Sultan Hamengkubuwono X.


Pemotongan tumpeng dalam rangka menymbut HUT KA ke-73

Adapula Prof Joko Marihandono selaku ketua tim penulisan buku Nalika Tanah Jawa Sinabukan Ril menjelaskan secara singkat mengenai buku tersebut, mulai dari sejarah perkeretaapian Indonesia yang dimulai pada tahun 1867 hingga keberadaan jalur yang menghubungkan Semarang-Yogyakarta. Konsep tranportasi terpadu antar moda dapat direalisasikan di DIY, dapat dibayangkan jika kita terhubung konektivitas antar destinasi wisata dan cluster kerajinan serta industri park melalui transportasi kereta api dengan harga yang terjangkau.


Penyerahan Buku Nalika Tanah Jawa Sinabukan Ril ari Direktur Utama KAI Edi Sukmoro kepada Gubernur DIY Sri Sultan Hamengkubuwono X

Selain itu silaturahmi ini membahas pembangunan jalur Kereta Api Bandara Kulon Progo. Edi Sukmoro mengatakan pihaknya sedang mempersiapkan pembangunan jalur KA bandara di Kulon Progo, DIY. Rencananya, jalur KA itu akan dibangun landed (lewat darat atau bawah) dari Kedundang. KAI selaku operator memastikan, KA  Bandara dapat menjadi fasilitas penunjang yang baik. Bagi masyarakat yang ingin menggunakan transportasi udara. Saat ini, pengadaan lahan untuk lokasi jalur kereta api ke bandara di Kulon Progo masih dalam proses. Kementerian Perhubungan sebagai penyedia proyek akan menyelesaikan proses pembebasan lahan “Kami berharap pembangunannya bisa tepat waktu, sehingga ketika bandara di Kulon Progo sudah bisa beroperasi, kereta ke bandara juga sudah bisa jalan,’’ ujar Edi. (Public Relations KAI)

 

 

Booking Button