Sinergi BUMN, Penandatanganan MoU antara KAI dan Pertamina
Posted: 26.11.2018 Categories: Berita

PT Kereta Api Indonesia (Persero) dan Pertamina melakukan penandatanganan Memorandum of Understanding (MoU), Senin (26/11) di Gedung Kementerian BUMN. Penandatanganan dari KAI dilakukan oleh Direktur Komersial KAI Dody Budiawan dan Sedangkan dari Pertamina dilakukan oleh Direktur Pemasaran Retail Pertamina Mas'ud Khamid dan disaksikan oleh Menteri BUMN Rini M Soemarno, Direktur Utama KAI Edi Sukmoro dan Direktur Utama Pertamina Nicke Widyawati. Adapun tujuan dari penandatanganan MoU ini adalah optimalisasi pengelolaan asset KAI untuk pengembangan SPBU ataupun unit bisnis lainnya, peningkatan pengiriman BBM dan lain-lain dengan menggunakan moda kereta api, pengembangan usaha lainnya yang akan disepekati oleh para pihak dikemudian hari.


Direktur Pemasaran Retail Pertamina Mas'ud Khamid (kiri) dan Direktur Komersial KAI Dody Budiawan (kanan) menandatangani MoU

KAI sebagai BUMN transportasi yang memiliki sejumlah aset potensial dan strategis di berbagai wilayah akan terus dioptimalkan melalui pemanfaatan lahan, pengembangan angkutan logistik dan kerja sama usaha lainnya. "Sinergi BUMN merupakan hal yang sangat krusial untuk meningkatkan daya saing bagi pembangunan ekonomi Indonesia dan diharapkan bisa memberi manfaat bagi semua lapisan masyarakat," ujar Edi Sukmoro.

Direktur Utama Pertamina Nicke Widyawati menambahkan, kerja sama dengan KAI dan Pos Indonesia merupakan upaya pemerintah melalui BUMN untuk memperluas jaringan penjualan serta menyalurkan produk Pertamina ke berbagai wilayah Indonesia dengan mengoptimalkan aset dan memanfaatkan armada BUMN. “Kami bersinergi mengembangkan potensi bisnis masing-masing dan memperkuat jaringan pemasaran untuk memenuhi kebutuhan energi di masyarakat dengan mengoptimalkan aset negara yang dikelola BUMN. Untuk memenuhi kebutuhan BBM Masyarakat, SPBU yang dimiliki oleh salah satu Anak Perusahaan Pertamina yaitu PT Pertamina Retail akan dibangun di seluruh Tol Trans Jawa dan Trans Sumatera. SPBU tersebut akan menyediakan seluruh jenis BBM untuk transportasi darat, baik Pertamax Series, DEX series maupun Premium dan Solar," ujar Nicke.


Foto bersama usai penandatanganan MoU

Menteri BUMN Rini Soemarno memberikan apresiasi dan meminta agar perusahaan pelat merah terus memperkuat sinergi dalam meningkatkan efisiensi pelayanan kepada masyarakat. “Kerja sama antar-BUMN merupakan manifestasi nyata dari sinergi dan persaudaraan BUMN sebagaimana terangkum dalam semangat One Nation, One Vision, One Family to Excellence," ujar Rini. Selain dengan KAI, Pertamina juga melakukan penandatanganan MoU dengan Jasa Marga.

 

 

 

Booking Button