SINDO Media Apresiasi Program CSR KAI
Posted: 01.02.2019 Categories: Berita

Memiliki wilayah operasional yang luas bersentuhan dengan masyarakat menjadikan PT Kereta Api Indonesia (Persero) lebih peduli terhadap lingkungan sekitarnya. Kepedulian pada masyarakat luas tergambar pada komitmen KAI dalam menjalankan program-program CSR nya.

Di bidang kesehatan, KAI menyalurkan bantuan Bina Lingkungan melalui Rail Clinic yang dioperasikan untuk pelayanan kesehatan dengan pemanfaatan jalur kereta untuk menembus daerah yang sulit dilalui kendaraan bermotor.

Tidak hanya itu, Rail Clinic juga bergerak ketikan terjadi bencana di suatu daerah. Misalkan saja bantuan tanggap bencana pada saat tsunami melanda Banten, Desember 2018 lalu.


Penyerahan apresiasi CSR Award 2019

Atas berbagai dedikasinya dalam bidang kesehatan selama tahun 2018, KAI mendapatkan apresiasi dari SINDO Media melalui ajang CSR Award 2019 kategori Kesehatan yang digelar di Grand Sahid Jaya Hotel, Jakarta, pada Kamis, 31 Januari 2019.

Pada malam apresiasi tersebut, Direktur Keselamatan dan Keamanan KAI, Apriyono Wedi Chresnanto hadir menerima penghargaan yang diserahkan langsung oleh CEO SINDO Media Sururi Alfaruq. Selain itu, acara juga dihadiri oleh Direktur Pemberdayaan Sosial Kemensos, Luhur Prajarto selaku Staf Ahli Menteri bidang Hubungan Antar Lembaga.

Selain KAI, sebanyak 18 perusahaan lainnya juga mendapatkan apresiasi CSR Awards 2019. Penghargaan tersebut untuk menunjukkan perusahaan yang memberikan efek positif terhadap masyarakat serta sebagai bentuk apresiasi terhadap perusahaan yang telah memberikan perhatian kepada masyarakat dan lingkungan sekitar. 

Sururi mengapresiasi kepada perusahaan yang telah melaksanakan program CSR. "CSR bukan lagi dianggap sebagai imbalan yang dibayarkan kepada masyarakat untuk mengganti kerugian lingkungan sosial yang ditimbulkan oleh berdirinya sebuah perusahaan," ujarnya. Menurutnya, CSR mempunyai pengaruh penting dalam mensejahterakan masyarakat dan dapat memperluas lapangan pekerjaan di Indonesia.


Foto bersama

Ia juga berpendapat kalau semua perusahaan swasta dan perusahaan BUMN Indonesia melakukan CSR, itu akan semakin baik karena penting untuk memperluas pekerjaan. Ia juga menambahkan bahwa CSR yang ada harus kreatif dan dapat membantu masyarakat yang memiliki perekoomian lemah.

Selain itu Bambang Mulyadi selaku Direktur Pemberdayaan Sosial Kemensos juga menjelaskan bahwa kegiatan CSR sangat penting dilakuan oleh perusahaan, baik dari sektor swasta maupun BUMN sebagai penyeimbang antara kegiatan korporasi dan sosial. Ia mengharapkan hal ini dapat menginspirasi perusahaan lain untuk lebih mendorong praktek CSR bagian strategi bisnis dan usaha. (Public Relations KAI)

 

Booking Button