KAI Selenggarakan Pameran UMKM KAI on Station di Stasiun Tugu Yogyakarta
Posted: 13.04.2019 Categories: Siaran Pers

Dalam rangka mendorong kegiatan pertumbuhan dan terciptanya pemerataan pembangunan melalui perluasan lapangan kerja dan kesempatan berusaha, pemerintah mengganggap perlu mengembangkan Usaha Kecil dan Koperasi agar menjadi tangguh dan mandiri, sehingga dapat meningkatkan taraf hidup masyarakat serta mendorong tumbuhnya kemitraan antara BUMN dengan Usaha Kecil dan Koperasi.

Di era digital ini, mayoritas dari generasi millennial berlomba-lomba untuk menjadi entrepreneur muda dan membuka bisnis startup ketimbang menjadi karyawan. Namun terkadang mereka merasa kebingungan dan menemukan banyak kendala untuk memulai bisnisnya tersebut.

Bertepatan dengan momen HUT ke-21 Kementerian BUMN, KAI mencoba untuk menjembatani hal tersebut dengan menghadirkan diskusi menarik tentang dunia bisnis, dengan tujuan membuka wawasan para calon entrepreneur muda untuk berani membuka usaha lewat acara UMKM KAI On Station di Stasiun Tugu Yogyakarta, yang diselenggarakan pada hari Sabtu-minggu tanggal 13 – 14 April 2019 dengan rangkaian acara antara lain;

  • Pameran UMKM Mitra Binaan KAI
  • Seminar Entrepreneur di Era Digital
  • Seminar UMKM Naik Kelas
  • Talkshow Bersama UMKM Sukses
  • Entertainment

Pameran UMKM Mitra Binaan KAI diikuti oleh 30 Mitra Binaan Unggulan dari berbagai daerah mulai dari Sumatera Barat, Sumatera Selatan, DKI Jakarta, Jawa Barat, Jawa Tengah, DI Yogyakarta, dan Jawa Timur yang menampilkan produk Fashion, Food dan Craft. Sedangkan peserta Seminar dihadiri oleh 150 orang dari para entrepreneur dan calon entrepreneur Yogyakarta.

Pada hari pertama, acara dibuka oleh Kepala Bidang Kebijakan TJSL Kementerian BUMN Eko Setiawan. Opening Ceremony diramaikan dengan Fashion Show produk Mitra Binaan UMKM KAI yang berasal dari wilayah Sumatera dan Jawa. Pada kesempatan ini juga dilakukan penyerahan bantuan Bina Lingkungan Pasar Murah KAI sebanyak 500 paket sembako murah senilai Rp 78.780.000,- dengan hasil penjualan sebesar Rp 5.000.000,- diberikan kepada 20 anak yatim dan Bantuan Beasiswa untuk siswa kelas XII dari SMK Bopkri yang merupakan siswa tidak mampu namun berprestasi yang berada di sekitar wilayah operasi perusahaan sebesar Rp 35.105.000,-. Total bantuan BL sebesar Rp. 118.885.000,. Bantuan ini merupakan salah satu upaya dan kontribusi nyata BUMN untuk turut membantu meningkatkan kesejahteraan masyarakat melalui program Corporate Social Responsibility.

Setelah Opening Ceremony, acara dilanjutkan dengan Sosialisasi Pajak untuk Entrepreneur yang disampaikan oleh Kepala Kantor Pelayanan Pajak (KPP) Pratama Yogyakarta Guntur Wijaya Edi.SE.,M.M. Kemudian dilanjutkan oleh VP CSR KAI Agus Supriyono, yang menyampaikan peran serta CSR KAI untuk terus berupaya memberikan pengabdian terbaik bagi Indonesia. Sosialisasi terakhir tentang UMKM Naik Kelas yang disampaikan oleh Kepala Dinas Koperasi dan UKM Provisi DIY Ir. Srie Nurkyatsiwi, M.M.A.

Pada sesi ke-2 dilanjutkan dengan Talkshow UKM Sukses dari General Manager Snackin.Id, Owner Kopi Kreative dan Chairman PT Yoshugi Media Group, serta ditutup dengan acara hiburan oleh Loc entertain yang merupakan Marching Band Binaan KAI.

Pada hari kedua dilaksanakan seminar Entrepreneur di Era Digital yang disampaikan oleh Partner Success Manager Sleeker, B2B Sales Line Indonesia dan SME Channel Sales Associate BliBli.com. Selain itu juga diisi dengan talkshow bersama UMKM sukses, dan penampilan dari Loc Entertain Marching Band Locomotive Binaan KAI yang berkolaborasi dengan artis dangdut Laras Ayu.

"Seperti kita ketahui, saat ini persaingan memasuki dunia kerja sangat ketat. Dengan bantuan dari KAI berupa modal usaha bagi pengusaha kecil dan penambahan wawasan melalui seminar diharapkan dapat menumbuhkan jiwa kewirausahaan sehingga masyarakat berani membuka usaha/ lapangan pekerjaan sendiri dan dapat membantu pemerintah dalam mengurangi pengangguran. Selain itu bagi UMKM mitra binaan KAI dapat dalam mempromosikan produk dan memperluas jaringan pemasaran,” ujar Direktur Utama KAI Edi Sukmoro.

KAI melaksanakan Program Kemitraan mulai tahun 1996, dengan binaan meliputi wilayah : Sumatera, DKI Jakarta, Jawa Barat, Jawa Tengah, D.I. Yogyakarta dan Jawa Timur. Jumlah Penyaluran Pinjaman yang dilaksanakan dari Tahun 1996 s/d  Tahun 2018 sebanyak 2.233 Mitra Binaan dengan nilai total penyaluran pinjaman sebesar Rp. 68.696.925.000 ,-. Penyaluran pinjaman dilakukan kepada usaha kecil dan koperasi yang bergerak pada sektor usaha industri, perdagangan, pertanian, peternakan, perkebunan, perikanan dan jasa. (Public Relations KAI)

 

Booking Button