Sosialisasi Keselamatan di Pelintasan Sebidang, PT KAI Daop 1 Jakarta Bersama Komunitas Pecinta Kereta Ajak Pengendara Patuhi Rambu Lalu Lintas
Posted: 31.05.2019 Categories: Siaran Pers

Rawannya kecelakaan di pelintasan sebidang akibat penerobosan palang pintu dan kejadian kereta api tertemper baik orang maupun kendaraan, masih menjadi tantangan PT Kereta Api Indonesia (Persero), secara khusus PT KAI Daop 1 Jakarta untuk terus melakukan sosialisasi patuh rambu serta mendorong pembangunan jalur tidak sebidang pada pelintasan KA.

Pada masa arus mudik dengan tinggi nya lalu lintas perjalanan KA melalui pengoperasian 24 KA tambahan, PT KAI Daop 1 Jakarta bersama Komunitas Pecinta Kereta Api Jakarta secara berkala mengadakan kegiatan sosialisasi keselamatan di pelintasan sebidang. Kali ini kegiatan dilaksanakan di PJL No. 17 yang terletak sekitar 80 meter ke arah Selatan Stasiun Kemayoran pada Jumat, 31 Mei 2019.

Nantinya, sosialisasi akan diisi dengan kegiatan kampanye pentingnya disiplin berlalu-lintas, teaterikal tata cara berlalu lintas yang benar di pelintasan sebidang, dengan memajang spanduk bertuliskan “STOP Menerobos Pintu Pelintasan Kereta Api” dan aneka papan bergambar tentang bahaya menerobos pintu pelintasan. 

Untuk aksi peduli keselamatan di pelintasan sebidang ini akan ada 50 personel turun langsung ke jalan, yang tergabung dari PT KAI Daop 1 Jakarta dan berbagai komunitas pecinta KA. Setiap bulannya selama 3 (tiga) kali, PT KAI Daop 1 Jakarta bersama Komunitas Pecinta KA melakukan sosialisasi keselamatan di pintu pelintasan yang terletak di wilayah kerjanya.

“Diharapkan dengan adanya kegiatan sosialisasi keselamatan di pelintasan sebidang ini, bisa menjadi momentum bagi masyarakat Jakarta, khususnya kendaraan yang melalui pelintasan sebidang agar lebih disiplin berlalu-lintas. Sehingga, tidak terjadi lagi kecelakaan lalu lintas yang sering mengakibatkan korban luka dan korban jiwa,” ujar Dadan Rudiansyah selaku Executive Vice President PT KAI Daop 1 Jakarta.

Saat ini terdapat 472 pelintasan sebidang di area PT KAI Daop 1 Jakarta, 182 di antaranya merupakan pelintasan resmi dan 290 lainnya merupakan pelintasan liar. Upaya untuk keselamatan perjalanan KA dan pengendara tak hanya dilakukan melalui sosialisasi, secara bertahap PT KAI Daop 1 Jakarta juga kerap melakukan penutupan pelintasan liar yang rawan kecelakaan.

Pada tahun 2018, telah dilakukan penutupan 34 pelintasan sebidang di wilayah PT KAI Daop 1 Jakarta. Sedangkan pada tahun 2019 hingga bulan Mei ini, sebanyak 7 pelintasan sebidang telah ditutup. Diantaranya pelintasan di wilayah Cakung – Kranji KM 22+068, Lemah Abang – Kedunggeh KM 55+242, serta Karawang – Klari KM 67+400.

Upaya penutupan ini tentunya membutuhkan dukungan dari masyarakat dan para pengendara agar membantu situasi tetap kondusif serta pemerintah daerah setempat agar dapat membuatkan fasilitas jalur kendaraan yang tidak sebidang dengan jalur KA.

Selain kegiatan Sosialisasi Keselamatan, PT KAI Daop 1 Jakarta bersama komunitas pecinta KA juga akan membagikan ratusan paket takjil kepada para pengguna jalan yang berada di sekitar pintu pelintasan. "Bersamaan dengan moment bulan Ramadan, kami bersama railfans juga ingin berbagi kepada pengguna jalan dengan memberikan takjil buka puasa, semoga bermanfaat," tutup Dadan.

Adapun komunitas pecinta KA yang turut hadir dalam kegiatan sosialisasi ini antara lain, Edan Sepur, Jejak Railfans, RD1, IRPS, Train Photograp, Nasional Railfan, IRPS, Sedulur Sepur dan masih banyak lainnya. (Humas KAI Daop 1 Jakarta)

 

Booking Button