Perdana, KAI Sukses Selenggarakan Turnamen Esport
Posted: 12.08.2019 Categories: Berita

ESport merupakan jenis olahraga baru yang digandrungi oleh masyarakat Indonesia. Berangkat dari dunia gaming, eSport bahkan dijadikan profesi oleh beberapa orang. Untuk mengakomodasi kecintaan masyarakat dalam olahraga elektronik ini, PT Kereta Api Indonesia (Persero) turut mengadakan turnamen eSport untuk yang pertama kalinya. Event bertajuk KAI Esport Exhibition, Goes to Jogja itu diselenggarakan pada Sabtu dan Minggu, 10-11 Agustus 2019 kemarin di Jogja Expo Center Hall B, Yogyakarta.


CDD of Passenger Transport Marketing and Sales KAI, Asdo Artriviyanto memberikan sambutan

“Event ini bertujuan untuk mendukung atlet eSports, terutama kaum milenial yang kreatif dan berkomitmen tinggi untuk mendedikasikan diri mereka menjadi atlet eSports profesional,” ujar Corporate Deputy Director of Passenger Transport Marketing and Sales KAI, Asdo Artriviyanto.

Ia menjelaskan bahwa Turnamen KAI eSports Exhibition, Goes to Jogja ini merupakan salah satu langkah KAI untuk meningkatkan brand awareness KAI kepada generasi milenial pada umumnya dan komunitas gamer pada khususnya.

KAI juga berkerja sama dengan UniPin eSports yang akan memfasilitasi pemenang dari turnamen Free Fire KAI eSports untuk diterbangkan ke Jakarta sebagai perwakilan Yogyakarta untuk berkompetisi di final UniPin City League yang akan digelar pada bulan November di acara South East Asia Cyber Arena (SEACA) 2019 untuk memperebutkan hadiah total 200 juta rupiah.


Suasana pertandingan

"Ajang ini merupakan salah satu bentuk kontribusi KAI  dalam menghadirkan kegiatan positif kaum milenial,” lanjut Asdo Artriviyanto.

KAI Esport Exhibition juga menyuguhkan berbagai program menarik selain pertandingan eSport yang sudah dijadwalkan. Selain itu, ada juga peformance dari bintang tamu JKT48 dan fun Games antara JKT48 yang melawan Loko E-sport yang merupakan tim dari pegawai KAI.

Ada dua game utama yang dipertandingkan dalam KAI Esport Exhibition adalah Free Fire dan Mobile Legends. Sementara game lainnya yang ikut dipertandingkan adalah PES 2019, Auto Chess, dan Tekken 7.

Khusus untuk kompetisi Free Fire, juara utama akan menjadi perwakilan tim eSports Yogyakarta yang akan bertanding di SEACA (Internasional Southeast Asia Cyber Arena) pada 8 hingga 10 November di Balai Kartini, Jakarta. Kompetisi Free Fire di final KAI Esports Exhibition dilakukan dalam lima pertandingan.

Salah satu panitia perwakilan UniPin, Kevin Yulius Chang, menjelaskan bahwa pemenang ditentukan berdasarkan jumlah poin yang berhasil dikumpulkan selama lima pertandingan. Setiap kemenangan (bertahan hidup sampai akhir) atau Booyah akan dihitung sebanyak 300 poin dan setiap kill lawan mendapatkan 20 poin.


Penampilan JKT48 memeriahkan event

Game pertama, kedua dan ketiga dimenangkan oleh Louvre Indopride, RRQ Hades, dan Jogja Militan 31. Sementara game keempat dan kelima diraih kembali oleh RRQ Hades dan Indoglobal Kids.

Lov A berhasil memenangkan kompetisi Mobile Legends KAI Esports Exhibition Yogyakarta sementara Novus Esport harus puas di posisi kedua. Pada pertandingan yang tak disiarkan, juara ketiga Mobile Legends KAI Esports Exhibition Yogyakarta berhasil diraih oleh Wheel Loader. Baik kompetisi Free Fire dan Mobile Legends, sang juara pertama mendapatkan uang senilai Rp 10 juta + Rp 2 juta UniPin Credit.

Sementara juara kedua mendapatkan uang senilai Rp 5 juta + Rp 1 juta UniPin Credit. Juara ketiga Free Fire memperoleh uang senilai Rp 2 juta + Rp 500 ribu UniPin Credit dan juara ketiga Mobile Legends mendapatkan uang senilai Rp 3 juta + Rp 500 ribu UniPin Credit. (Public Relations KAI)

 

Booking Button