PT KAI Daop 1 Jakarta Meriahkan Peringatan HUT Kemerdekaan RI ke-74
Posted: 17.08.2019 Categories: Siaran Pers

Banyak cara untuk mengapresiasikan kecintaan terhadap tanah air, terutama di Hari Ulang Tahun (HUT) Kemerdekaan Indonesia. Pada Peringatan Hari Kemerdekaan RI ke-74 hari Sabtu (17/8), PT Kereta Api Indonesia (Persero) Daop 1 Jakarta mengadakan rangkaian kegiatan baik itu di stasiun maupun di atas kereta api (KA) guna memeriahkan perayaan tahunan tersebut.

Rangkaian kegiatan tersebut yakni; lomba/games yang salah satu hadiahnya berupa voucher tiket KA kelas eksekutif, pemutaran video proklamasi menjelang detik-detik peringatan, pameran foto sejarah perkeretaapian dalam perjuangan kemerdekaan bangsa Indonesia, peringatan HUT Kemerdekaan RI di atas KA dengan menyanyikan lagu kebangsaan bersama-sama dan pembacaan naskah proklamasi, peluncuran KA tematik kemerdekaan, petugas pelayanan boarding di stasiun yang menggunakan pakaian bernuasa merah putih serta petugas frontliner yang menggunakan kostum pejuang, promo tiket KA, serta syukuran dan santunan kepada anak yatim.

“PT KAI Daop 1 Jakarta menghias 8 kereta dengan nuansa/tematik merah-putih, hal ini merupakan pertama kalinya dilakukan PT KAI untuk memeriahkan peringatan HUT Kemerdekaan RI. Selain itu pula, dipamerkan foto-foto sejarah perkeretaapian dalam perjuangan kemerdekaan bangsa Indonesia. Salah satu yang menarik dan membanggakan bagi kami adalah upaya penyelamatan Bung Karno, Bung Hatta, dan seluruh anggota Kabinet ke Yogyakarta menggunakan rangkaian Kereta Api Luar Biasa (KLB) yang diberangkatkan dari Stasiun Manggarai,” jelas Executive Vice President PT KAI Daop 1 Jakarta, Dadan Rudiansyah.

Perayaan peringatan HUT Kemerdekaan RI di wilayah PT KAI Daop 1 Jakarta dipusatkan di Stasiun Gambir. Tepat pukul 10.00 WIB calon penumpang dan pengunjung yang ada di stasiun Gambir akan diajak hening sejenak untuk menyaksikan penayangan video Pembacaan Teks Proklamasi. Setelah itu, rangkaian perlombaan 17 Agustus bersama penumpang di Hall Selatan dengan berbagai macam hadiah menarik salah satunya yaitu voucher tiket KA kelas eksekutif dan anak yatim di Parkiran Utara akan dimulai bersamaan, seiring manusia patung dengan karakter Bung Karno, Bung Hatta dan pahlawan Nasional lainnya menyapa calon penumpang dan pengunjung Stasiun Gambir.  Selain dapat berfoto bersama penumpang, pada aksinya tersebut manusia patung juga akan memberikan pernak pernik berupa bendera mini untuk penumpang.

Tidak hanya di area stasiun, peringatan HUT Kemerdekaan RI ke-74 juga dilaksanakan di atas kereta. Penumpang KA dengan jadwal keberangkatan KA 14 Argo Muria (Gambir – Semarang Tawang) pukul 07.00 WIB dan KA 10 Argo Dwipangga (Gambir – Solo) pukul 08.00 WIB dalam perjalanannya akan diajak berdiri bersama-menyanyikan lagu kebangsaan “Indonesia Raya” dan mendengarkan pembacaan Teks Proklamasi. Selain itu, penumpang KA akan menerima souvenir menarik dari PT KAI Daop 1 Jakarta.

Kemeriahan HUT Kemerdekaan RI ke-74 di PT KAI Daop 1 Jakarta tidak hanya bagi penumpang KA Jarak Jauh. Para pengguna setia KA Lokal juga akan merasakan atmosfir kemeriahan HUT Kemerdekaan RI dengan diberlakukannya tarif Rp 0 alias gratis untuk 5 (lima) KA Lokal untuk perjalanan pada Sabtu, 17 Agustus 2019.

“Dalam rangka memperingati Hari Ulang Tahun ke-74 Republik Indonesia, sekaligus sosialisasi gerakan menggunakan transportasi massal kereta api, maka untuk perjalanan 5 KA Lokal pada 17 Agustus 2019 akan digratiskan. Kami ingin terus menyerukan kepada pelanggan KA, cinta Tanah Air dan cinta Kereta Api,” tambah Dadan.  

Berikut daftar KA Lokal yang dapat didapatkan dengan tarif Rp0:

Nama KA

Relasi

Jatiluhur

Cikampek – Tanjung Priok (PP)

Siliwangi

Ciranjang - Cianjur – Sukabumi (PP)

Patas Merak/Merak Jaya

Merak - Rangkasbitung (PP)

Cilamaya/Cepat Purwakarta

Purwakarta - Tanjung Priok (PP)

Walahar Ekspres/Ekonomi Lokal

Tanjung Priok – Purwakarta (PP)

Walaupun gratis, namun pengguna KA harus tetap memiliki tiket dengan nominal Rp0 yang bisa didapatkan di loket stasiun keberangkatan secara go-show, mulai 3 jam sebelum keberangkatan KA. Adapun kuota tiket gratis ini sesuai dengan toleransi kapasitas maksimum masing-masing KA.

Bagi penumpang yang telah membeli tiket jauh-jauh hari dengan tarif normal, mereka bisa mengambil pengembalian bea tiket tersebut di stasiun kedatangan penumpang maksimal 3 (tiga) hari sejak kedatangan KA. Syaratnya, penumpang harus menunjukkan tiket / boarding pass / e-boarding pass ke petugas di stasiun. (Humas KAI Daop 1 Jakarta)

 

Booking Button