BUMN Rayakan HUT ke-74 RI bersama Masyarakat Padang
Posted: 20.08.2019 Categories: Berita

PT Kereta Api Indonesia (Persero) bersama beberapa BUMN lainnya yaitu PT Semen Padang dan PT Perusahaan Pengelola Aset (PPA) memeriahkan perayaan HUT ke-74 RI di Padang, Sumatera Barat pada Minggu (18/8). Kegiatan tersebut merupakan rangkaian program BUMN Hadir untuk Negeri di Sumatera Barat.

Kegiatan dipusatkan di halaman Stasiun Padang dan dihadiri oleh Gubernur Sumatera Barat, Iwan Prayitno dan Kabid Monitoring & Evaluasi TJSL Kementrian BUMN, Sandra Firmania. Turut hadir dari KAI yaitu VP KAI Divre II Sumatera Barat, Fredi Firmansyah, serta VP CSR KAI, Agus Supriyono.


Peserta jalan sehat menandatangani banner berisi komitmen mengurangi sampah dan penggunaan kantong plastik

Dalam sambutannya, Iwan Prayitno mengatakan bahwa kegiatan ini merupakan bagian dari partisipasi beberapa BUMN yang berada di Sumatera Barat. Salah satunya KAI selaku PIC, PT Semen Padang dan PT PPA selaku co-PIC. Ia mengucapkan banyak terima kasih kepada BUMN yang telah membuktikan secara nyata untuk peduli terhadap masyarakat sekitar.

“Diantaranya melaksanakan pertukaran 23 murid terbaik dari masing-masing kabupaten/kota se-Sumatera Barat dengan murid Kalimantan Selatan, mereka saat ini sudah bergabung dengan kita disini,” katanya.

Jalan sehat menjadi awal kegiatan perayaan dan diikuti oleh sejumlah 2.500 masyarakat Padang dari 4 kecamatan serta melalui rute sejauh lebih kurang 2,5 km. Peserta jalan sehat dilepas langsung oleh Gubernur Sumbar.


Suasana perlombaan balap karung

Selama peserta menempuh perjalanan juga dilakukan aksi pemungutan sampah di sepanjang rute. Aksi ini merupakan bentuk kampanye untuk mengajak masyarakat agar tidak sembarangan dalam membuang sampah. Tidak hanya itu, kampanye juga dilakukan dalam bentuk penandatanganan banner berisi komitmen untuk mengurangi sampah dan penggunaan kantong plastik.

Seusai jalan sehat, ribuan masyarakat masih bersemangat untuk mengikuti perlombaan khas 17 Agustus, diantaranya balap karung, makan kerupuk, ambil koin dalam pepaya, dan lainnya. Sembari berlomba masyarakat juga dihibur alunan musik dan nyanyian band lokal yang diundang dalam acara tersebut.

Dalam kegiatan tersebut juga didirikan pameran UMKM yang menjual berbagai produk lokal, serta makanan dan minuman. Satu lagi, ribuan pengunjung juga menikmati pasar murah yang didirikan oleh sinergi BUMN.


VP CSR KAI, Agus Supriyono menyerahkan paket sembako murah

Vice President CSR KAI, Agus Supriyono, mengatakan BUMN berbagi kebahagiaan dengan masyarakat sekitar dalam rangka memeriahkan HUT ke-74 RI. "Kita gelar Pasar Murah, bedah rumah, dan kegiatan sosial lainnya untuk menyambut kemerdekaan bersama masyarakat," ujarnya.

Dalam pasar murah tersebut menjual sebanyak 2.000 paket, dimana masyarakat dapat membeli paket senilai Rp. 100.000,- (Seratus ribu rupiah) dengan harga Rp 10.000,- (Sepuluh ribu rupiah). Kegiatan lain yang diadakan adalah pengecekan kesehatan gratis dan pembagian doorprize menarik. (Public Relations KAI)

 

Booking Button