KAI Bawa Pulang 4 Penghargaan AHI 2019
Posted: 02.09.2019 Categories: Berita

PT Kereta Api Indoneisa (Persero) berhasil meraih empat kategori penghargaan Anugerah Humas Indonesia (AHI) Tahun 2019. Malam penganugerahan penghargaan bergengsi itu dilaksanakan di Balaikota Tangerang, Jumat (30/8).

AHI merupakan ajang penghargaan yang diberikan atas prestasi hasil karya Humas Pemerintah/ Lembaga/ BUMN/ BUMD/ Perguruan Tinggi Negeri seluruh Indonesia dengan tujuan mendorong semangat kompetisi positif memperkuat peran Humas Pemerintah dalam melakukan diseminasi informasi terkait program Pemerintah kepada masyarakat.


Penyerahan penghargaan

"Kami tidak ingin Humas Pemerintah hanya menjadi tenaga-tenaga praktikal yang sangat teknis. Sebab kalau begitu, visi Pemerintah membangun negeri dikhawatirkan tidak akan pernah tercapai. Sesuai dengan tema AHI tahun ini yaitu Sinergi Membangun Reputasi,” ujar Founder dan CEO PR Indonesia Group Asmono Wikan.

Penilaian penerima penghargaan dilakukan melalui dua cara, yakni pada kategori Kementerian/Lembaga/Pemerintah Daerah/BUMN/BUMD Terpopuler, Humas Indonesia bekerjasama dengan Indonesia Indicator melakukan monitoring terhadap pemberitaan dari 3.100 media online di Indonesia sepanjang semester I tahun 2019.

Seluruh data yang terkumpul kemudian dianalisis secara kuantitatif dan real-time melalui mesin Intelligence Media Management (IMM) berbasis artificial Intelligence. Penentuan pemenang berdasarkan kuantitas ekspos pemberitaan positif.

KAI meraih penghargaan Gold Winner untuk Ruang Pelayanan Informasi Publik Terinovatif, Silver Winner untuk Pengelolaan dan Penyajian Informasi Publik Terinovatif, Bronze Winner untuk Laporan Pelayanan Informasi Publik Terinovatif, serta yang paling membanggakan KAI mendapat penghargaan kategori BUMN Terpopuler di Media Online Tahun 2019.

Penjurian AHI 2019 dilakukan oleh Dewan Juri pada 13–15 Agustus 2019 terdiri dari Maria Wongsonagoro (Pakar Public Relations), Emilia Bassar (Pakar Komunikasi dan Branding), Asmono Wikan (Founder & CEO PR INDONESIA Group), John Fresley (Mantan Ketua Komisi Informasi Pusat/Institut Pemerintahan Dalam Negeri), Zinnia Nizar (Vice President Internasional Council of Design).


Foto bersama

Khusus kategori “Terpopuler di Media Online 2019”, penilaian berbasis dari jumlah eksposur positif tertinggi di media online. Khusus kategori ini, Humas Indonesia bekerja sama dengan Indonesia Indikator melakukan monitoring pemberitaan ratusan Kementerian/Lembaga/Pemerintah Daerah/BUMN/BUMD di 3.100 media online di Indonesia sepanjang semester I tahun 2019.

Lahirnya Anugerah Humas Indonesia (AHI) berawal dari dorongan agar humas pemerintah, BUMN, BUMD dan lainnya terus berkembang. Hingga akhirnya, humas menjadi fungsi strategis manajemen bagi instansinya masing-masing.

“Apalagi di era teknologi 4.0 Humas bukan sekedar elemen yang remeh temeh. Tapi think tank-nya organisasi. Humas mengkreasi reputasi organisasi. Cita-cita masa depan, bukan hanya dokumentasi. Humas menjalankan kerja-kerja strategis, membangun reputasi dengan optimal” terang Founder sekaligus CEO PR Indonesia, Asmono Wikan. (Public Relations KAI)

 

Booking Button