Sambut HUT, KAI Selenggarakan Gowes dan Bagi Sembako
Posted: 23.09.2019 Categories: Berita

Menjelang Hari Ulang Tahun (HUT) ke-74 KAI yang jatuh pada tanggal 28 September 2019 nanti berbagai kegiatan dilakukan PT Kereta Api Indonesia (Persero) untuk memeriahkannya. Kali ini KAI menggelar kegiatan bersepeda santai serta pembagian sembako gratis. Acara bertajuk Gowes KAI100K ini dilaksanakan di wilayah Daop 5 Purwokerto pada Sabtu (21/9) dengan titik start di Kantor Daop 5.


Direktur Keuangan KAI, Didiek Hartantyo (kanan) bersama Bupati Banyumas, Achmad Husein (kiri) melepas peserta Gowes KAI100K.

Acara gowes tersebut dihadiri oleh Komisaris dan Direksi KAI diantaranya Direktur Operasi KAI, Awan Hermawan, Direktur Keselamatan dan Keamanan KAI, John Robertho, Direktur SDM dan Umum KAI, R. Ruli Adi, Direktur Perencanaan Strategis dan Pengembangan Usaha KAI, Amrozi Hamidi, serta Keuangan KAI, Didiek Hartantyo. Adapun dari Anggota Komisaris KAI dihadiri oleh Cris Kuntadi.

"Penyelenggaraan KAI100K ini merupakan salah satu upaya KAI untuk menjadi lebih dekat dengan para pecinta sepeda, yang mana bagian dari pengguna jasa KA," ujar Direktur SDM dan Umum KAI R. Ruli Adi saat membuka kegiatan.

Dalam event ini peserta diajak untuk menempuh rute sejauh 100 km, dimana itu merupakan rute terjauh dibandingkan dengan acara bersepeda serupa di antara BUMN-BUMN lain. Peserta memulai perjalanannya dari Kantor Daop 5 lalu bergerak ke Notog, Banyumas, Pajerukan, Purbalingga, hingga berakhir kembali di Kantor Daop 5. Di titik start, rombongan dilepas oleh Direktur Keuangan KAI bersama Bupati Banyumas, Achmad Husein.


Suasana Gowes KAI100K

Sebanyak 700 peserta gowes memeriahkan event ini. Para peserta terdiri dari Kementerian BUMN yang dipimpin oleh Asisten Deputi Manajemen SDM Eksekutif BUMN Andus Winarno, beberapa BUMN, pekerja KAI yang kebanyakan tergabung dalam Indonesian Railways Cyclist Community, serta komunitas sepeda di wilayah Banyumas, Purbalingga, Jogja, hingga Bandung.

Di Kantor Daop 5, selain menghadirkan hiburan bagi para peserta yang baru saja menyelesaikan gowes, KAI membuka booth kuliner, layanan informasi produk dari KAI Group yakni PT Reska Multi Usaha, PT Railink, PT Kereta Commuter Indonesia, PT KA Pariwisata, PT KA Logistik, dan PT KA Properti Manajemen, serta booth informasi dari LinkAja!.

Terpilihnya Jawa Tengah sebagai lokasi kegiatan KAI100K juga merupakan bentuk promosi wisata wilayah tersebut. Sembari bersepeda santai, para peserta pun menikmati pemandangan alam seperti jembatan, sungai, hutan, bukit, dan lainnya.


Peserta mendapatkan doorprize utama sebuah sepeda lipat Brompton

"Diharapkan dengan adanya event ini, KAI mampu membantu industri pariwisata di Jawa Tengah, khususnya di wilayah Daop 5 Purwokerto," sambung Ruli Adi.

Selain itu, kesempatan ini juga dijadikan momen sosialisasi bahwa KAI sudah memfasilitasi pehobi sepeda dengan kemudahan dapat membawa sepedanya di KA. Sepeda yang diperbolehkan naik KA adalah sepeda lipat dengan berat maksimal 20 kg dan ukuran roda maksimal 22 inci. Sedangkan sepeda jenis lainnya penumpang dapat menggunakan layanan angkutan barang menggunakan KA, salah satunya anak usaha KAI yaitu PT KA Logistik atau Kalog. Kalog menyediakan layanan pengiriman sepeda dengan berbagai tujuan di sepanjang Pulau Jawa dan Bali.

Selain kegiatan bersepeda, event ini KAI100K juga diisi dengan kegiatan CSR berupa pemberian paket sembako kepada para Tukang Becak di wilayah Purbalingga. Setiap tukang becak mendapatkan paket sembako senilai Rp100.000 yang berisi 5 kg Beras, 1 liter Minyak, 1 kg Gula, dan 1 kg Terigu. Total terdapat 600 paket sembako yang diserahkan oleh para peserta KAI100K secara cuma-cuma di Pendopo Purbalingga. Hadir pula pada kegiatan tersebut Bupati Purbalingga, Dyah Hayuning Pratiwi.


Direktur SDM dan Umum KAI, R. Ruli Adi bersama Bupati Purbalingga Dyah Hayuning Pratiwi menyerahkan membagikan sembako gratis kepada salah satu warga sekitar

Ruli Adi pun berharap, melalui  kegiatan ini masyarakat bisa secara langsung merasakan manfaat kehadiran BUMN disekitar mereka, salah satunya adalah KAI.

"Program BUMN Hadir untuk Negeri ini akan terus berkelanjutan untuk memberikan sumbangan nyata bagi masyarakat, mewujudkan peran dan kontribusi nyata BUMN dalam meningkatkan kesejahteraan serta pemberdayaan kondisi sosial yang dapat dirasakan langsung oleh masyarakat," terangnya. (Public Relations KAI)

 

 

 

 

Booking Button