HUT Ke-74, KAI Bersatu Indonesia Maju
Posted: 29.09.2019 Categories: Berita

Selain menyelenggarakan upacara peringatan, pada HUT ke-74 PT Kereta Api Indonesia (Persero) juga menghadirkan serangkaian kegiatan menarik serta launching beberapa layanan terbarunya. Kegiatan perayaan HUT KAI ini diselenggarakan selama dua hari yaitu pada tanggal 28-29 September 2019 dan dipusatkan di Pusdiklat Ir. H. Juanda, Bandung.

Tema yang diambil KAI untuk perayaan HUT kali ini adalah 'KAI Bersatu, Indonesia Maju'. Tema yang akan menjadi spirit para insan KAI ke depannya ini memiliki makna bahwa KAI bertekad untuk menjaga keutuhan internal pegawai maupun seluruh pemangku kepentingan sekaligus menyatukan visi cita-cita bersama yakni Indonesia maju.

“Memang tidak mudah untuk mewujudkannya, tapi dengan sinergi dari berbagai pihak demi misi yang mulia, KAI yakin Indonesia Maju akan terwujud,” ujar Direktur Utama KAI Edi Sukmoro.


Para Direksi KAI meresmikan tema yang akan menjadi spirit KAI ke depannya

Dalam rangkaian kegiatan peringatan HUT ke-74 KA kali ini, KAI meluncurkan KA Argo Parahyangan Excellence. Perbedaan dari KA Argo Parahyangan Excellence ini dari KA Argo Parahyangan reguler, ialah waktu tempuhnya yang lebih singkat dari sebelumnya rata-rata 3,5 jam, kini dengan KA Argo Parahyangan Excellence cukup 2 jam 50 menit saja.

KA Argo Parahyangan Excellence dijalankan mulai 1 Oktober 2019 dengan tarif Rp150.000 untuk kelas Eksekutif dan Rp110.000 untuk kelas Premium. Adapun jadwal keberangkatan KA ini dari Stasiun Bandung-Stasiun Gambir adalah pukul 04.30-07.20. Serta keberangkatan dari Stasiun Gambir-Stasiun Bandung adalah pukul 17.12-20.02.

"Kehadiran KA ini merupakan kado ulang tahun dari KAI untuk masyarakat yang ingin menuju kota Bandung maupun Jakarta dengan waktu tempuh dibawah 3 jam. Dengan adanya 2 KA Argo Parahyangan Excellent ini, total KAI mengoperasikan 34 Jadwal KA Argo Parahyangan untuk kenyamanan para pelanggan," ujar Edi Sukmoro.


Dirut KAI, Edi Sukmoro beserta Direktur SDM dan Umum KAI, R. Ruli Adi meresmikan layanan E-KBD

Selain itu, KAI juga meluncurkan kereta komersial privat yang dinamakan Kereta Istimewa. Satu rangkaian Kereta Istimewa terdiri dari 2 (dua) kereta berjenis KRD dengan total kapasitas 40 penumpang. Jadwal Kereta Istimewa dapat disesuaikan dengan keinginan pelanggan karena tidak dirangkaikan dengan perjalanan KA reguler.

Untuk tahap awal, kereta yang dikelola oleh anak usaha KAI yaitu PT KA Pariwisata ini, dapat dipesan untum jarak menengah seperti Jakarta-Cirebon, Jakarta-Bandung, dan Jakarta-Semarang. Kereta Istimewa ini memiliki fasilitas seperti ruang rapat, lounge, mini bar, karaoke, mushola, dan toilet.

“Kereta Istimewa cocok digunakan untuk bisnis, reuni, event, bahkan rekreasi keluarga dan lain sebagainya,” ujar Edi.

Pada kesempatan yang sama, KAI juga menandatangani berbagai nota kesepahaman (MoU) dengan beberapa instansi. Instansi-instansi tersebut meliputi BUMN (Perum Perumnas dan PT Pindad Enjiniring Indonesia, LEN), pemerintah (Kementerian ESDM, Pemprov Bali, Pemkab Nganjuk dan Pemkot Tegal), perusahaan pengembang kawasan (PT Sarana Pembangunan Jawa Tengah, PT Mitra Abadi Utama, dan PT Griya Sukamanah Permai), perusahaan teknologi (Alstom, Gojek, Grab, Linkaja), hingga instansi lain seperti Bank BJB, BPN Banten, BNPB, dan B4T.


Dirut KAI, Edi Sukmoro juga menandatangani MoU dengan sejumlah perusahaan pada HUT kali ini

“MoU tersebut dilakukan terkait pengembangan stasiun, peningkatan keselamatan, layanan baru kereta barang, pengembangan SDM, pengembangan sarana, dan lainnya,” ujar Edi.

Pada acara puncak pula KAI meresmikan berbagai inovasi baru KAI seperti layanan Rail Express untuk kemudahan pengiriman barang menggunakan kereta api, aplikasi pemantauan genset kereta untuk peningkatan keandalan sarana, aplikasi presensi online untuk peningkatan kinerja SDM KAI, aplikasi Teman Reska Chatbot dari PT Reska Multi Usaha, dan berbagai inovasi lainnya.

“KAI tidak henti-hentinya menghadirkan inovasi. Selain untuk peningkatan kualitas layanan, inovasi juga ditujukan kepada internal sehingga KAI mampu menghasilkan kinerja perusahaan yang semakin baik,” tambah Edi.


Penampilan vokalis band Naif menghibur para pegawai

Berbagai upaya KAI untuk meningkatkan layanan perkeretaapian diharapkan berkontribusi besar dalam memajukan Indonesia di sektor transportasi massal. Sebagaimana kita ketahui, majunya sebuah negara bisa dilihat dari angkutan umum yang terkelola dengan baik.

“Dengan pelayanan perkeretaapian yang semakin prima pula, kami yakini akan berimbas baik ke sektor pariwisata, ekonomi, dan lainnya. Maju terus perkeretaapian, maju terus Indonesia! Dirgahayu Kereta Api Indonesia,” tutup Edi.

Pada perayaan HUT kali ini, KAI mengundang band Naif. Penampilan band Naif pun sukses memeriahkan puncak acara perayaan HUT KA pada hari pertama ini. (Public Relations KAI)

 

 

 

Booking Button