Kunjungan Siswa SLB Negeri 1 Bantul ke Stasiun Tugu Yogyakarta
Posted: 29.10.2019 Categories: Berita

PT Kereta Api Indonesia (Persero) semakin mempertegas komitmennya terhadap para difabel. Komitmen tersebut ditunjukkan dengan stasiun-stasiun yang ramah difabel salah satunya di Daerah Operasi 6 Yogyakarta. "Stasiun kereta api saat ini ramah difabel. Saudara-saudara kita penyandang difabel tidak perlu khawatir menggunakan moda transportasi kereta api karena fasilitas stasiun sudah aman dan nyaman bagi siapapun termasuk saudara kita penyandang difabel," tutur Manager Humas KAI Daerah Operasi 6 Yogyakarta Eko Budiyanto, Selasa (29/10). Keramahan terhadap para kaum disabilitas ditunjukkan dengan sejumlah sarana-sarana yang ada di stasiun. Salah satunya keberadaan kursi roda di setiap stasiun, dimana peruntukkannya juga bisa dimanfaatkan oleh lansia. Kemudian ada toilet khusus disabilitas dan lansia. "Untuk kursi roda kami siapkan di semua stasiun pemberhentian. Termasuk Stasiun Besar Jogja atau Tugu sekitar 8 unit," kata Eko.


Manager Humas KAI Daerah Operasi 6 Yogyakarta Eko Budiyanto memberikan karangan bunga kepada salah satu siswa dari SLB Negeri 1 Bantul

Sebagai bentuk komitmen KAI, selama dua hari sebanyak 533 siswa SLB Negeri 1 Bantul diberikan kesempatan berkunjung ke Stasiun Tugu dan menikmati fasilitas kereta api. Mulai naik kereta api hingga berjalan-jalan di Stasiun Tugu. "Bisa jadi ini pengalaman perdana bagi mereka. Ini sebagai bentuk edukasi pengenalan transportasi kereta api bagi siswa difabel," imbuhnya.


Suasana pada saat anak-anak SLB Negri 1 Bantul diajak jalan-jalan menggunakan kereta api solo ekspress

Lebih lanjut Eko menjelaskan, KAI secara bertahap akan terus melakukan pembenahan stasiun supaya dapat memfasilitasi masyarakat manakala akan menggunakan kereta api. "Jalan menuju stasiun dibuat sedemikian rupa supaya dapat diakses pengguna kursi roda. Ada tembat khusus atau kursi khusus prioritas bagi penyandang difabel lansia maupun ibu hamil. Para petugas kami pun selalu siap untuk membantu saudara kita penyandang disabilitas," tuturnya. Di atas kereta api pun, tambah dia, awak KA akan siap memberikan bantuan bagi siapa pun juga. "Artinya KAI dari pra sampai dengan purna terus berupaya memberikan pelayanan maksimal kepada pengguna jasa kereta api termasuk difabel," tandas Eko. (Public Relations KAI)

 

 

 

 

 

Booking Button