Jadilah Pahlawan Lingkungan
Posted: 12.11.2017 Categories: Siaran Pers

Dalam rangka memperingati hari Pahlawan, 100 anggota komunitas railfans bersama pihak Humas PT KAI Daop 1 Jakarta menyelenggarakan acara penghijauan di Stasiun Cilegon pada hari ini, Minggu, 12 Nopember 2017.

Acara yang bertemakan "Hijau Stasiunku, Hijau Bumiku, diisi dengan berbagai kegiatan diantaranya bersih-bersih stasiun Cilegon dari bangunan hingga ke alat pemindah jalur rel (wesel), penanaman pohon sebanyak 100 pohon dari berbagai jenis, dan sosialisasi keselamatan di pelintasan kereta api.

Diharapkan dengan kegiatan ini, bisa mengugah masyarakat akan penting arti kelestarian lingkungan hidup bagi generasi masa yang akan datang.

"Kami dari anggota komunitas pecinta kereta api yang berasal dari Jakarta, Bandung, Semarang dan Jogyakarta menyelenggarakan berbagai kegiatan dalam rangka memperingati Hari Pahlawan dengan acara bersih-bersih dan penghijauan di Stasiun Cilegon. Tujuan dari kegiatan ini selain mempererat jalinan silahturahmi, juga untuk mengkampayekan agar masyarakat di Cilegon bisa menerapkan pola hidup ramah lingkungan dan tertib berlalu lintas terutama ketika melintas di pelintasan sebidang ," ujar Noviar, salah satu anggota komunitas pecinta kereta api dari Semarang yang sedang melaksanakan kegiatan sosialisasi disiplin di perlintasan kereta api.

Kegiatan kampaye berdisiplin berlalu lintas di kawasan pelintasan ini diisi dengan kegiatan orasi tentang aturan berlalulintas, pembagian 1.000 pcs stiker ajakan berdisiplin di pelintasan dan aksi teraktikal agar tidak menjadi korban lalu lintas di pelintasan.

"Kita dari pihak humas sangat mengapresiasi positif terkait kegiatan ini, dimana peran aktif dari masyarakat sangat diperlukan guna terwujudnya budaya disiplin di pelintasan antara jalur rel dan jalan ka.

Saat ini di wilayah PT KAI Daop 1 Jakarta terdapat 529 titik perpotongan antara jalur rel dan jalan raya, yang terdiri dari 144 titik pelintasan di jaga petugas PT KAI, 36 titik pelintasan di jaga pihak ketiga, 294 titik pelintasan yg tdk terjaga, 44 titik berupa fly over dan 11 titik berupa under pass.

Diharapkan dengan kampaye berdisiplin berlalu lintas ini, bisa mengugah budaya disiplin masyarakat ketila melintas di pelintasan. Bahwa palang pintu, penjaga pintu dan sirene hanya alat bantu keamanan semata. Alat utamanya ada di rambu lintas bertuliskan "STOP". (PR KAI)

Booking Button