MoU KAI dan UNS untuk Tingkatkan Kualitas SDM
Posted: 27.11.2017 Categories: Berita

PT Kereta Api Indonesia (Persero) menjalin kerjasama dengan Universitas Sebelas Maret Surakarta (UNS) dalam hal peningkatan Sumber Daya Manusia (SDM) KAI. Penandatanganan dilakukan oleh Rektor UNS Prof Dr Ravik Karsidi dan Direktur Utama KAI Edi Sukmoro, di Ruang Sidang 1 Gedung dr Prakosa, Kampus Kentingan, Jebres, Solo, Senin (27/11).

Edi Sukmoro mengatakan, sebagai badan usaha milik negara yang bergerak dalam bidang transportasi, KAI berupaya terus meningkatkan pelayanan kepada masyarakat. “Dalam perkembangannya KAI yang semula menekankan pelayanan operasional, saat ini sudah berubah menjadi mengutamakan pelayanan untuk customer. Oleh karena itu, perlu adanya peningkatan SDM yang dimiliki salah satunya dengan mengenyam pendidikan formal, ” kata Edi Sukmoro.


Sambutan oleh Direktur Utama KAI Edi Sukmoro didampingi Rektor UNS Prof Dr Ravik Karsidi

Edi mengaku selama ini SDM KAI masih banyak yang harus ditingkatkan kemampuannya, terlebih terkait ilmu formal yang didapatkan di Perguruan Tinggi. “Kalau untuk pendidikan non formal, dan kemampuan KAI, seluruh SDM saya kira sudah mendapatkan dengan baik. Karena untuk meningkatkan pelayanan kepada pelanggan perlu peningkatan keilmuan,” lanjut Edi.


Penandatanganan MoU

KAI saat ini memiliki sekitar 28.000 pegawai. Dengan banyaknya SDM yang dimiliki, KAI berkomitmen untuk meningkatkan pelayanan. Pegawai yang memiliki kemampuan akademik dapat melanjutkan pendidikan di PT. “Meskipun SDM kami sudah banyak yang belajar, baik di perguruan tinggi luar negeri maupun dalam negeri. Kami perlu kerjasama dengan UNS karena ini lokasinya sangat strategis, Solo ini menjadi salah satu kota jalur sentral kami, karena dari Jawa Timur lewat sini, dari arah barat juga lewat sini,” urainya.


Kuliah umum oleh Direktur Utama KAI Edi Sukmoro

 “Tujuan kerjasama ini adalah sebagai komitmen dan landasan bagi UNS maupun KAI untuk melaksanakan kerjasama sinergi dalam pelaksanaan kegiatan sebagaimana dimaksud dalam ruang lingkup nota kesepahaman, dan untuk mewujudkan kerjasama dalam bidang pendidikan, pelatihan, penelitian, pengembangan sumber daya manusia dengan segala kemampuan dan sumber daya yang dimiliki berdasarkan prinsip saling manfaat serta dilaksanakan sesuai ketentuan peraturan perundang-undangan,” jelas Rektor UNS Ravik Karsidi.

“Komitmen ini adalah meningkatkan keilmuan dan pemanfaatan keilmuan bagi pengabdian pada masyarakat,” pungkasnya. Ravik Karsidi juga menyampaikan apresiasi yang tinggi atas capaian KAI sekarang ini serta siap membantu meningkatkan keilmuan dan pemanfaatan keilmuan bagi pengabdian pada masyarakat. Nantinya, seluruh kegiatan pelayanan pendidikan yang dilakukan di UNS bisa diakses oleh seluruh karyawan KAI, baik program diploma maupun sarjana bahkan sampai S3. Selain itu pihaknya juga merencanakan penelitian bersama dalam sektor infrastruktur, sosial, maupun manajemen.

Acara dilanjutkan dengan kuliah umum oleh Edi Sukmoro di Fakultas Teknik UNS dihadapan para mahasiswa, jajaran Dekan UNS, dan jajaran KAI. (PR KAI)

Booking Button